Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

samsuadi83Avatar border
TS
samsuadi83
Uji coba nuklir Korea Utara 'sebabkan longsor'


Uji coba nuklir Korea Utara pada Minggu (03/09) tampaknya telah menyebabkan longsor di sejumlah tempat.

Fakta tersebut terungkap dari foto-foto citra satelit yang diambil sehari setelah uji coba terbaru dan diterbitkan oleh grup analisis 38 North.

Menurut 38 North, foto-foto yang diambil menunjukkan gangguan-gangguan "yang lebih banyak dan lebih luas" dibandingkan sebelumnya.

Disebutkan oleh 38 North bahwa foto-foto terbaru menunjukkan terjadinya sejumlah longsor dan juga area berkerikil dan juga jurang-jurang yang tertimbun oleh batu-batu kecil yang "terangkat" akibat getaran.

Proses yang dikenal dengan istilah lofting itu terjadi ketika gelombang getaran memaksa material dari tanah terangkat dan material itu jatuh kembali di tempat yang sama.





Sejauh ini Korea Utara telah melakukan enam kali uji coba nuklir, semuanya di wilayah pegunungan Punggye-ri. Di dalam gunung itu terdapat jaringan terowongan.

Uji coba terbaru menyebabkan getaran dahsyat berkekuatan 6,3 pada skala Richter yang dapat dirasakan hingga di wilayah Cina.





Dikatakan oleh 38 North bahwa gangguan yang terjadi "lebih banyak dan lebih luas dibandingkan apa yang telah kami lihat dari kelima uji coba yang dilakukan oleh Korea Utara sebelumnya".

Namun ditambahkannya bahwa meskipun uji coba menyebabkan getaran dahsyat, tes nuklir itu tampaknya tidak menimbulkan kawah bobol.

Bagaimanapun beberapa ahli meyakini uji coba nuklir Korea Utara memang menyebabkan salah satu terowongannya di Punggye-ri ambruk.

BBC Indonesia

Quote:
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.