agama.pendatangAvatar border
TS
agama.pendatang
Peringkat Negara Paling Dermawan Sedunia: Myanmar peringkat 1, Indonesia?
Jakarta, Indonesia -- Setiap tahunnya badan amal Charities Aid Foundation (CAF) mengeluarkan World Giving Index, sebuah indeks mengenai negara dengan penduduk yang memiliki kemurahan hati di dunia.

Indeks dunia itu mengumpulkan data dari tiga kriteria dalam membantu, yaitu membantu orang tidak dikenal, memberikan sumbangan uang, dan menjadi relawan.

Dalam laporan WGI (World Giving Indeks) yang memberikan peringkat keseluruhan mengenai warga negara mana yang paling sering memberikan kepada orang lain,

Melansir dari Lonely Planet, indeks ini digambarkan sebagai studi terkemuka tentang kedermawanan sebuah negara. Tahun ini, menjadi kali ketiga bagi Myanmar dinobatkan sebagai negara paling murah hati di dunia.

Tiga kategori tersebut yang menjadi tolak ukur oleh CAF pada 140 negara di dunia, dengan menyebar 1.000 kuesioner kepada sejumlah orang.



Hasilnya, Myanmar berhasil menduduki peringkat teratas, disusul dengan Amerika Serikat dan Australia.

Studi tersebut menjabarkan bahwa sebanyak 91 persen warga Myanmar gemar mendonasikan uang mereka. CAF pun beranggapan bahwa hal tersebut terjadi lantaran 80-90 persen masyarakat Myanmar ingin mengaplikasikan ajaran Buddha.

Mayoritas masyarakat Myanmar menganut Threavada Buddhism, di mana mendonasikan uang untuk kebaikan adalah salah satu prioritas. Itulah yang membuat kegiatan amal di Myanmar terus meningkat setiap harinya ketimbang di negara lain.

berikut daftar yang disusun berdasar penelitian dan kajian Charities Aid Foundation (CAF) 2016:

1. Myanmar
Negeri yang baru terbebas dari junta militer ini mencatat skor tertinggi dalam kesediaan menyumbangkan uang. Sedikitnya 92% penduduk Myanmar rajin memberikan uang buat kaum papa dan 55% diantaranya gemar meluangkan waktu untuk kegiatan sosial secara sukarela. Padahal Bank Dunia menempatkan Myanmar dalam level negara berpenghasilan menengah bawah.

2. Amerika Serikat
Amerika Serikat masih mencatatkan diri sebagai bangsa paling dermawan di dunia. Tapi kini negeri paman sam itu harus menyerahkan tempat kehormatan itu kepada negara berkembang di ASEAN. Satu-satunya indikator yang menempatkan AS di posisi teratas adalah kesediaan membantu orang tak dikenal (76%), yang merupakan skor tertinggi di daftar 10 besar World Giving Index.

3. Australia
Memastikan bahwa setiap orang memiliki peluang yang setara untuk sukses - merupakan bagian inti dari budaya Australia. Kebanyakan warga Australia melihat diri mereka sendiri sebagai orang yang baik, dan mereka melihat warga Australia pada umumnya juga baik, dan setuju bahwa penting sekali untuk baik terhadap sesama.

4. Selandia Baru
Sebagai penduduk di negara pulau kecil dan salah satu yang secara historis sebagian besar merupakan pedesaan, mereka memiliki tradisi yang panjang untuk peduli pada tetangga. Selandia Baru mencuat berkat kesediaan yang tinggi untuk menyumbangkan uang dan membantu orang tak dikenal.

5.Kanada
Kanada adalah negara industri lain yang masuk dalam daftar sepuluh besar negara paling dermawan. Negeri di utara Amerika ini mencatat skor tinggi untuk kesediaan membantu orang tak dikenal.


lalu dimana indonesia?

Indonesia menempati urutan ketujuh daftar negara paling dermawan di dunia, menurut peringkat yang disusun Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2016, dengan tingkat kedermawanan mencapai 56%. Indonesia naik ke posisi ketujuh dari sebelumnya posisi duapuluh dua.


reprensi
https://en.m.wikipedia.org/wiki/World_Giving_Index
http://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-38836522
http://m.dw.com/id/peringkat-negara-...nia/g-18843334
0
22.1K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.