mxmxpzAvatar border
TS
mxmxpz
Bandwidth QoS Indihome Tanpa Mikrotik
Karena saya pernah tinggal dalam kehidupan kos, saya ingin membagi ilmu yang saya ketahui kepada pengguna internet bersama dalam rumah kos. Ada macam-macam tipe pengguna internet:

Streaming Watchers (sebut saja demikian): orang yang suka nonton streaming video.
Downloaders: orang yang suka download (apa saja) dan browsing karena halaman-halaman internet tersebut didownload ke browsers seperti Chrome, Mozilla, dsb
Gamers: orang yang suka main games (online)
Bandwidth Indihome (jenis fiber) paling kecil adalah 10 Mbps (bits) = 1.25 MBps (bytes). Sebenarnya ini sudah lumayan menampung ketiga macam pengguna internet yang saya sebutkan di atas dalam sebuah rumah kos (sekitar 20 kamar dan pengguna inernet sebanyak 20 orang). Akan tetapi perlu diatur bandwidth QoS (Quality of Service) agar trafik internet tidak tumpang tindih.

Mikrotik tetap router yang PALING powerful dalam memenej bandwidth QoS. Tulisan ini tentang mengatur QoS tanpa mikrotik dengan mengandalkan QoS pada modem Indihome itu sendiri yaitu Huawei HG8245A tapi tidak se-powerful mikrotik. Jika ingin pakai mikrotik perlu tambahan dana dan ilmu coding mikrotik. Coba saja dulu mengandalkan QoS modem Indihome itu sendiri (better than nothing). Pengaturan QoS bertujuan agar semua trafik sama kuat dan tidak tumpang tindih.

Dalam trafik internet, berlaku hukum alam yaitu yang kuat menindas yang lemah. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan internet, streaming dan downloading memiliki trafik yang sama kuat dan online gaming memiliki trafik yang sangat lemah sehingga trafik gaming selalu kalah telak.

Bagi orang yang hobi main online games dengan Indihome dalam sebuah rumah kos, anda bisa coba mengatur QoS-nya.

Pertama, create satu WAN baru yaitu WAN IPTV jika rumah kos tidak menggunakan IPTV lalu atur seperti gambar berikut. Setelah diatur klik Apply.

Spoiler for picnohoax:



Pada ‘Binding options’, untuk WAN IPTV ini anda harus gunakan port LAN selain port yang telah digunakan untuk WAN VoIP dan WAN Internet. Contoh dalam setting Indihome saya di atas:

Port LAN 1 digunakan untuk WAN Internet, maka

Port LAN 2 digunakan untuk WAN IPTV & WAN Internet (agar nyambung ke internet)

Di Binding Options WAN Internet juga dicentang port LAN yang digunakan untuk WAN IPTV (port LAN 2). Port LAN yang digunakan untuk WAN Internet pada Indihome anda bisa saja berbeda dengan punya saya karena tergantung teknisi Indihome yang telah mengatur Indihome anda tersebut.

Jika komputer/laptop anda tidak menggunakan kabel LAN untuk konek ke Indihome, berarti anda harus create SSID WiFi (WLAN) yang baru atau kedua terlebih dahulu lalu centang atau pilih ‘SSID2’ misalnya pada binding options di WAN IPTV dan juga di WAN internet. Dalam pengaturan SSID yang baru atau kedua samakan dengan pengaturan SSID pertama yang sudah dibuat oleh teknisi Indihome akan tetapi jangan lupa untuk TIDAK mencentang ‘WMM enabled’ pada SSID pertama dan kedua agar hanya fokus pada QoS dan nama SSID kedua tersebut tidak sama dengan nama SSID yang pertama. Password WiFi-nya dibuat berbeda dengan password WiFi pertama dan hanya anda saja yang tahu. Jika anda tidak tahu cara membuat SSID WiFi, anda harus mencari sumber lain yang memberi tahu bagaimana membuat SSID WiFi.
Pada Network Application setelah WAN dan WLAN, atur QoS Configuration-nya seperti gambar berikut. Setelah diatur klik Apply.

Spoiler for picnohoax:


Pada ‘System Tools’ setelah WAN, WLAN, dan Network Application, di-save Configuration File-nya. Setelah di-save restart modem.
Kemudian sambungkan laptop/komputer anda pada Port LAN yang digunakan untuk WAN IPTV pada modem Indihome anda atau koneksikan ke WiFi baru atau kedua yang telah anda buat jika menggunakan WiFi. Dalam setting saya, saya sambungkan laptop/komputer saya pada Port LAN 2 pada modem Indihome.
Sekarang koneksi IPTV yang digunakan untuk gaming sama kuatnya dengan koneksi INTERNET yang digunakan untuk streaming dan downloading oleh anak-anak kos karena sudah diatur QoS-nya. Dalam penggunaan internet, menggunakan kabel LAN jauh lebih powerful dan stabil daripada menggunakan WiFi.

Prinsip Kerja:

Dalam setting dan pemakaian normal Indihome, semua orang yang terkoneksi tergabung dalam satu WAN yaitu WAN internet. Nah, jika kita bermain online games dalam WAN internet ini, tentu saja trafiknya kalah telak karena orang-orang yang mendownload, streaming, dsb juga tergabung dalam WAN internet. Untuk itulah dibuat satu lagi WAN; dalam tulisan saya ini yaitu WAN IPTV untuk gaming dan diterapkan QoS kepada keduanya; WAN internet dan WAN IPTV. Lalu orang yang ingin memakai Indihome untuk gaming keluar dari WAN internet dan masuk dalam WAN IPTV. Setelah diterapkan QoS, WAN IPTV akan sama kuatnya dengan WAN internet.
Diubah oleh mxmxpz 17-12-2017 14:47
klemedz
klemedz memberi reputasi
2
121K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Internet Service & Networking
Internet Service & NetworkingKASKUS Official
21.2KThread3.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.