Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rorimerikuriAvatar border
TS
rorimerikuri
Mari Kenali Interaksi Obat dengan Makanan dan Minuman
Pernahkah agan-agan dan sista meminum obat menggunakan teh manis untuk mengurangi rasa pahit dari obat? atau menggunakan buah pisang untuk membantu menelan?
Setelah membaca thread ini, diharapkan agan dan sista lebih berhati-hati bahwa tidak semua obat dapat dikonsumsi dengan cara demikian. Karena mungkin saja terjadi interaksi antara obat dengan makanan maupun minuman yang dikonsumsi secara bersamaan yang dapat memengaruhi efek dari suatu obat atau sebaliknya. Interaksi ini bisa menyebabkan efek dari suatu obat menjadi berkurang atau tidak menimbulkan efek sama sekali atau malah sebaliknya terjadi peningkatan terhadap efek obat tersebut. Hal tersebut diakibatkan oleh penggunaan obat yang dikonsumsi dengan makanan atau minuman dapat memegaruhi penyerapan obat dalam sistem pencernaan. Maka dari itu, penting bagi agan dan sista untuk mengetahui jenis obat dan makanan yang dapat beriteraksi saat dikonsumsi bersamaan.

  1. Jus Jeruk

    Jus jeruk dapat membuat metabolisme obat dalam tubuh menjadi tidak normal, sehingga dapat menurunkan atau malah meningkatkan kadar obat dalam darah. Ada banyak obat yang terpengaruh dengan penggunaan bersamaan dengan jus jeruk seperti obat antihistamin/obat pereda alergi (loratadine), obat penurun tekanan darah (amlodipine), obat anti tiroid (methimazole), obat anti kolesterol(atorvastatin), obat penekan produksi asam lambung, dan obat batuk

  1. Sayuran Hijau

    Sayuran hijau yang kaya akan vitamin K (brokoli, bayam, dan kecambah) dapat mengurangi efektivitas dari obat-obatan pengencer darah seperti warafin. Sehingga pasien yang mengonsumsi obat tersebut sebaiknya menghindari atau mengurangi untuk mengonsumsi sayuran tersebut

  1. Pisang

    Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi perlu diketahui bahwa ada obat yang tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan pisang, yaitu jenis obat-obatan inhibitor ACE. Obat tersebut diantaranya adalah captropril, lisonopril, ramipril dan sejenisnya. Jika dikonsumsi bersamaan dengan pisang, obat tersebut akan meningkatkan kadar kalium dalam darah sehingga cukup berisiko bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi.

  1. Susu

    Susu mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Namun mengonsumsi susu bersamaan dengan antibiotik dapat menimbulkan interaksi. Kalsium dalam susu akan membuat ikatan komplek khelat dengan antibiotik di dalam darah sehingga dapat menurunkan efektivitas antibiotik.


emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan

Itu tadi beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi bebarengan dengan obat yang sedang agan dan sista gunakan. Agar agan dan sista terhindar dari interaksi yang tidak diinginkan.

Jangan lupa rate ya gan.. ples cendol juga boleh banget emoticon-Wowcantik


sumber
: M, Andi. 2016. Kenali Interaksi Obat dan Makanan. Tribun Jogja.


Diubah oleh rorimerikuri 08-09-2017 22:18
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
19.5K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.