• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ditenggelamkan Limbah, Desa Ini Berubah Jadi Danau Cantik Namun Beracun

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Ditenggelamkan Limbah, Desa Ini Berubah Jadi Danau Cantik Namun Beracun

Via roadtrippers.com



Eksploitasi tembaga di tambang Rosia Poieni di Pegunungan Apuseni, Alba, Rumania, seperti kutukan bagi warga dari desa-desa yang terletak di kaki bukit tempat penggalian dilakukan
Spoiler for :

Penderitaan mereka dimulai pada tahun 1977, ketika dictator komunis Rumania, Nicolae Ceausescu, memutuskan untuk mengeksploitasi deposit tembaga secara besar-besaran yang ditemukan di bawah tanah.
Spoiler for Desa Geamana sebelum tenggelam:

Namun seperti diketahui, aktivitas penambangan selalu menyisakan limbah yang perlu dibuang. Oleh sebab itu, Nicolae memaksa penghuni dari Desa Geamana untuk meninggalkan rumahnya. Sebabnya, desa itu digunakan sebagai tempat penampungan limbah tambang.
Spoiler for :

Tercatat ada sekitar 400 keluarga yang terpaksa meninggalkan rumahnya akibat kebijakan Nicolae. Akhirnya Desa Geamana ditenggelamkan oleh limbah dari tambang perunggu.
Spoiler for :

Akibatnya keseluruhan desa berubah menjadi danau limbah, menyisakan hanya bagian atap menara yang masih tampak berdiri dari kejauhan. Hal itu sekaligus menjadi gambaran akan rusaknya alam oleh ketamakan manusia.
Spoiler for :

Padahal apabila dilihat, masih tampak pepohonan dan rumput hijau di sekitar desa. Hanya bagian desa itu saja yang terisi oleh limbah berbagai warna. Sungguh pemandangan yang naas.
Spoiler for :

Walau sudah tidak ditinggali, tapi tak sedikit wisatawan yang datang untuk melihat Geamana kini. Sekiranya desa itu dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu menghargai lingkungan dan tidak rakus.
Spoiler for :


Baca juga:


Diubah oleh andrianusho 04-09-2017 17:43
0
19.2K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.