Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.adoeka.Avatar border
TS
.adoeka.
Bangladesh Paksa Puluhan Rohingya Pulang ke Myanmar
Bangladesh Paksa Puluhan Rohingya Pulang ke Myanmar

Tempo jadi mediablog spot emoticon-Wkwkwk



Ribuan pengungsi Rohingnya kini terdampar di perbatasan Myanmar-Bangladesh. (AFP PHOTO / STR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bangladesh menangkap dan memulangkan paksa 90 pengungsi Rohingya ke Myanmar, demikian pernyataan kepolisian Myanmar pada Minggu (27/8), hanya beberapa jam setelah tentara Myanmar menembaki para pengungsi yang coba meninggalkan negara tersebut.

Sebelumnya, pada Sabtu malam, polisi menggagalkan upaya 70 Rohingya yang melintasi perbatasan untuk kabur dari berondongan peluru tentara Myanmar. Para pengungsi harus melewati jalur berbahaya dari wilayah Rakhine di utara ke arah Bangladesh.

Para pengungsi kemudian ditangkap hanya empat kilometer dari perbatasan Bangladesh, ketika mereka menuju tenda pengungsian di Kutupalong. Di sana, ribuan Rohingya tinggal dengan kondisi penuh keterbatasan, demikian ujar kepolisian Myanmar, Abul Khaer.

"Seluruh pengungsi kemudian ditangkap dan dipaksa untuk kembali ke Myanmar oleh penjaga perbatasan," ujar Khaer kepada AFP.

Polisi menyebut sebagian dari pengungsi itu masuk lewat area perbatasan Ghumdhum -- tempat ketika beberapa jam sebelumnya terjadi konflik bersenjata

"Mereka memohon kepada kami untuk tidak memulangkan mereka ke Myanmar," kata seorang polisi yang namanya tak mau disebutkan.

Total 20 pengungsi Rohingya lain ditangkap dan dipulangkan pada Minggu pagi setelah mereka melintasi sungari Naf -- batas alam antara Myanmar dan Bangladesh. Hal ini diungkapkan Ariful Islam, pemimpin Penjaga Perbatasan Bangladesh.

Seorang petugas perbatasan lainnya, Manzurul Hassan Khan, menyatakan dirinya bisa mendengar suara tembakan di desa yang bersinggungan langsung dengan perbatasan di Rakhine.

Sejak Jumat pekan lalu, lebih dari 100 tewas ketika anggota Bala Keselamatan Arakan Rohingya (ARSA) menyerang kepolisian Myanmar dengan pisau, pistol, dan peledak yang dibuat sendiri. Belasan anggota kepolisian tewas dalam serangan itu.

Ribuan pengungsi Rohingya berencana menuju Bangladesh, tapi pemerintah menolak untuk menerima mereka. Banyak dari pengungsi tersebut kemudian terdampar di perbatasan.


Saat ini sudah ada lebih dari 400 ribu pengungsi Rohingya di Bangladesh.




https://m.cnnindonesia.com/internasional/20170827191247-106-237633/bangladesh-paksa-puluhan-rohingya-pulang-ke-myanmar/
Diubah oleh .adoeka. 02-09-2017 14:55
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.8K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.