conagaAvatar border
TS
conaga
FPI Berangkat ke Myanmar Bila Krisis Rohingya Tak Kunjung Berakhir
Jakarta - Front Pembela Islam (FPI) berencana mengirim relawan ke Myanmar terkait krisis yang terjadi di Rakhine. Ketua Bidang Bela Negara dan Jihad FPI Abdul Qodir Aka mengatakan anggota FPI di daerah sudah mewacanakan hal tersebut.

"Ini inspirasi dari temen daerah, wilayah. Cuma di pusat ini kita baru musyawarahkan untuk aksi besok di Kedubes Myanmar. Kita hanya baru mendukung apa yang mereka wacanakan, inisiasikan, pendaftaran. Seperti itu," kata Abdul Qodir ketika dihubungi detikcom, Senin (4/9/2017) malam.

Baca juga: FPI Daerah Jaring Relawan ke Rohingya, Syaratnya Siap Mati Syahid

Dia mengatakan aspirasi tersebut telah dinyatakan anggota FPI dari beberapa daerah, yakni Banten, Aceh, Pasuruan, dan Riau. Anggota dari daerah tersebut telah mempersiapkan diri.


Abdul Qadir mengatakan FPI dari daerah tersebut sudah membuka pendaftaran kepada anggota yang bersedia berangkat ke Myanmar. Dia mengatakan pemberangkatan itu akan dilakukan jika krisis kemanusiaan yang terjadi tak kunjung berakhir.

Baca juga: FPI di Daerah Buka Pendaftaran Kirim Relawan Bantu Rohingya

"Betul, betul. Kalau tidak berhenti-henti kasusnya, terus-terusan. Dan apalagi ini kan sudah berulang," ujarnya.

Abdul mengatakan DPP FPI menampung aspirasi tersebut. Namun DPP FPI baru berkonsentrasi pada rencana aksi demonstrasi di Kedutaan Besar Myanmar pada hari ini.

"Cuma di pusat ini kita baru musyawarahkan untuk aksi besok di Kedubes Myanmar. Baru kita bicarakan, kita tampung semua yang masuk," tuturnya.

Baca juga: Laskar Pembela Islam Bakal Aksi Bela Rohingya di Kedubes Myanmar

Rencana lain yang akan dilakukan FPI adalah mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi asal Myanmar. Abdul Qodir memandang hal itu adalah yang paling penting dilakukan mengingat pemerintah Indonesia juga sudah mengambil langkah-langkah penanganan konflik tersebut.

"Kalau memang sudah selesai, bisa diatasi oleh pemerintah, kan Kemlu sudah ke sana juga. Kalau sudah begitu, kan kita tidak perlu ke sana. Kita kirim soal kemanusiaannya, obat-obatannya, makanannya," ungkap dia.


https://news.detik.com/berita/d-3628...njung-berakhir

comment TS : ya sudah berangkat sana
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.3K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.