Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9689
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55eebf7294786846588b456a/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor---part-1
Selamat datang di Thread admapower64 Join Facebook Page untuk PCMO dan HDEO user di sini Unduh Daftar Pelumas PCMO / HDEO / MCO di sini Composed and Edited by Dee santi Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita? Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan
Lapor Hansip
08-09-2015 17:58

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor

Selamat datang di Thread admapower64


Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1



Composed and Edited by Dee santi


Quote:
Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita?

Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan arti pelumas terlebih dahulu. Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya adalah cairan, yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas pada umumnya dibagi ke dalam dua jenis, yaitu mineral dan sintetis. Pelumas mineral berasal dari hasil distilasi minyak bumi, sementara pelumas sintetis berasal dari proses Fischer-Tropsch Process yang menggabungkan Hydrogen dan Carbon. Pelumas Mineral dan Sintetis menurut API atau American Petroleum Institute dibagi ke dalam lima kelompok, diantaranya adalah:
  • API Group I, Base Stock Mineral dengan teknologi proses distilasi fraksi mineral parafin, dengan teknologi tersebut, minyak bumi akan bertambah ketahanan oksidasinya dan juga menyingkirkan zat-zat yang merusak Base Stock tersebut. Proses Distillation dan Solvent Refined tersebut akan meningkatkan VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur > 0.03%, Saturates < 90%.

  • API Group II, Base Stock Mineral dengan teknologi proses sama seperti Group I tetapi ditambahkan dengan Hydrokracked Technology. Dalam hal ini, Base Stock menjadi lebih murni dan lebih mudah untuk ditambahkan additives. Salah satu merek pelumas yang menggunakan Group II Base Stock adalah Shell™ Rotella® dan Pennzoil® PureBase® Perlu diketahui, Royal Dutch Shell adalah pemilik dari Pennzoil dan Quaker State. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, dan Hydrocraked, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur < 0.03%, Saturates > 90%.

  • API Group III, Base Stock ini digadang-gadangkan menjadi salah satu pelopor pelumas dengan Synthetic Technology yang berasal dari Mineral Oil. Teknologi ini dipakai luas oleh banyak Pabrikan pelumas SuperMajor (British Petroleum, Chevron, ConocoPhillips, ExxonMobil, Royal Dutch Shell, Total), salah satu yang paling terkenal dan fenomenal adalah Base Stock milik Suncor PetroCanada yang menyatakan bahwa pelumas mereka memiliki Base Stock yang murni. Group III sendiri sudah digantikan dengan Group III+ atau VHVI yang merupakan singkatan Very High Enhanced Viscosity Index. Teknologi proses yang digunakan adalah sama dengan Group II tetapi ditambahkan teknologi Hydroisomer, sehingga menjadikan Base Stock dengan 99% Saturasi dan 1% Aromatik. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, Hyrdokracked, dan Hydroisomer, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi ≥120. Di pasaran dunia, Group III+ dipasarkan dengan nama Fully-Synthetic Lubricant, yang common usernya adalah SuperMajor. Ada perbedaan antara pasaran dunia dan Eropa, pasaran dunia Oli Group III+ dapat disebut sebagai Fully-Synthetic, sementara di Eropa Oli Group III+ hanya boleh disebut Synthetic Technology. Untuk membedakannya, bisa dibuka http://www.total.fr/ dimana oli yang dijual sebagian besar di luar Eropa disebut sebagai Fully-Synthetic, maka di Perancis hanya disebut Lubrifiant technologie de synthèse atau Synthetic Technology Lubricant. Di Eropa hanya Group IV dan Group V yang boleh di label dengan Fully-Synthetic Lubricant.

  • API Group IV, Base Stock ini adalah hasil katalisasi antara Hydrogen dan juga Carbon baik dengan Fischer-Tropsch Process atau proses pembentukan olefin lainnya. Base Stock ini dinamakan PAO atau PolyAlphaOlefin, disebut PAO karena bahan dasarnya adalah Olefin. Pengguna Base Stock ini sangatlah jarang, mereka yang menggunakan Base Stock ini biasanya adalah pelumas dengan kategori Top Tier atau Premium. Salah satu pengguna PAO adalah Amsoil Signature Series, Mobil 1, dan Yacco dengan jajaran pelumas Top Tier Mereka. PAO sangat sulit ditambahkan soluble additives, sehingga additives yang bisa ditambah biasanya adalah logam alkali, alkali tanah, atau logam transisi seperti Molybdenum dan Titanium. Logam alkali ditambahkan adalah supaya menambah retensi pelumas untuk menahan asam yang terbentuk saat pembakaran terjadi. PAO memiliki karakteristik yang paling unik, karena memiliki Titik Beku yang rendah hingga -53 C dan Titik Bakar yang tinggi, hingga 270 C. pelumas ini tidak mengandung sulphur karena dibuat murni dari Hidrogen dan Carbon, dan memiliki Viscosity Index di atas 140.

    PAO ini dikenal sebagai Base Stock ngambekan, alasannya adalah selain pembuatannya sulit, yaitu apabila oli dengan PAO Based akan dibuat maka bahan-bahan seperti additives pack harus dicampur sebelum menjadi oli. Seperti kita membuat cake, apabila kurang atau kelebihan bahan, maka cake tersebut tidak enak dan tidak bisa dimodifikasi. PAO juga sangat rewel apabila bertemu dengan racun sejenis Sulfur dan TEL atau Tetra-Ethyl-Lead, dan dia tidak bisa ditambah dengan post-mixed additives. PAO juga sangat licin apabila ditambahkan additive Boron Nitride sehingga sangat baik untuk mesin-mesin berbahan dasar Aluminum Silicon. Pada BMW disebut Alusil, pada Mercedes Benz disebut SILITEC, atau pada Yamaha disebut DiAsil. PAO dan Boron Nitride akan membentuk lapisan film sangat kuat dan licin, sehingga akan sangat baik untuk menambah performa mesin. Boron Nitride dan PAO tidak akan menyebabkan selip kopling, karena hanya bereaksi dengan logam Aluminum Silicon saja, tidak dengan komposit Kampas Kopling.


  • API Group V, Base Stock ini biasanya diisi oleh Ester, prosesnya sendiri adalah dengan cara katalisasi asam yang dinamakan dibasic Ester, dengan Alkohol atau CH3OH sehingga dibentuklah Ester dari hasil katalisasi tersebut. Ester biasanya digunakan untuk kompetisi karena kemampuannya untuk mempercepat pembakaran dan juga meningkatkan performa mesin, sehingga mesin balap biasanya menggunakan Ester dan atau campuran PAO dan Ester. Ester memiliki ikatan film yang paling kuat, tetapi kelemahannya adalah umur pakainya cukup singkat, sehingga hanya cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan oli kompetisi. Ester juga berguna untuk ditambahkan ke PAO based supaya mudah untuk di campur dengan additives. cara mengetahui adanya Ester dalam pelumas adalah dengan melihat nilai oksidasi dan TAN dari pelumas tersebut. Sifat alami Ester adalah oksidan dan asam, sehingga nilai TAN pasti ada dalam pelumas tersebut. Salah satu yang terkenal antara lain adalah Redline, Motul, dan Maxima



Quote:
Apa perbedaan pelumas untuk mesin mobil dan mesin motor?


Secara fungsi, pelumas memiliki peran yang sama, mesin motor manual memiliki gearbox dan kopling yang menyatu dengan blok mesin, sehingga pelumas untuk mesin motor konvensional harus bisa melumasi mesin tanpa merusak komponen gearbox, terlebih kopling, karena kalau terlalu licin, kopling dapat selip dan mengakibatkan terbakar. Pelumas mobil secara umum tidak dapat melumasi kopling, sehingga sangat tidak cocok digunakan kepada mesin motor konvensional.

Mesin motor matic memiliki gearbox dan kopling terpisah dari blok mesin, sehingga pelumas hanya melumasi mesin saja, tanpa melumasi gearbox dan juga kopling. Hal ini sama dengan karakteristik mesin mobil yang memiliki kopling dan gearbox terpisah.

Perbedaan selanjutnya adalah antar mesin mobil dan mesin motor adalah suhu operasional, putaran mesin operasional, volume mesin dan kapasitas pelumas, serta daya kerja operasional. Secara teoritis, suhu operasional mesin motor lebih tinggi daripada suhu operasional mesin mobil karena absennya pendinginan stabil, atau radiator pada mesin motor, meski beberapa jenis motor sudah mengadopsi radiator, tetapi terkadang hal ini sering dilupakan para pemilik, sehingga fungsinya tidak optimal.

Selanjutnya adalah putaran mesin operasional motor lebih tinggi daripada mobil, tentu saja, mesin mobil memiliki lebih dari 1 silinder dengan kapasitas minimal 250cc per silinder, sehingga untuk menjalankan mobil tidak diperlukan tenaga putaran tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kapasitas mesin, maka putaran operasionalnya makin rendah. Mobil bisa berjalan 100 Kmh dengan RPM hanya 2,500 RPM, sementara motor membutuhkan lebih dari 5,000 RPM untuk berjalan pada 100 Kmh. Tetapi perlu diperhitungkan, mobil berjalan 2,500 RPM dengan kondisi Long Stroke sementara motor berjalan 5,000 RPM dengan kondisi Short Stroke ingat pelumas bekerja untuk melumasi dinding silinder, piston, crankshaft, dan valve train, meski secara teoritis beban mobil terkesan ringan, tetapi secara volumetrik pelumasan lebih besar mobil berkali-kali lipat. Dan oleh sebab itu bisa dipastikan bahwa oli untuk mobil harus lebih baik daripada oli motor.


Ilustrasi: sebuah mobil dengan kapasitas mesin 3,500cc dan berat 2,200 Kg (1997 BMW E38 735iL) berjalan dengan kecepatan 160 Kmh hanya dengan 4,100 RPM di Tachometer.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


Selanjutnya adalah volume mesin dan juga kapasitas pelumas. Dalam mobil berukuran mesin 1,000cc sampai 2,000 cc biasanya menggunakan 4 – 5 liter pelumas, itu berarti untuk dibutuhkan 2.5 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya, sementara motor dengan kapasitas 100 cc – 125 cc membutuhkan pelumas 0.8 L, sehingga mesin motor membutuhkan 6.4 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya. Hal tersebut tentu saja berpengaruh kepada tingkat retensi terhadap asam yang akan membuat pelumas cepat rusak. Secara rasio, seharusnya oli motor memiliki volumetrik lebih besar, dan itu berarti kerjanya lebih ringan dibandingkan mobil, apabila kita mengabaikan proses pelepasan panas.

Beban kerja sebenarnya tidak relevan apabila kita membandingkan motor dengan mobil, tetapi bisa kita jadikan acuan, bahwa kerja motor tidak seberat yang kita bayangkan.
  • Motor, Beban: 150 Kg | Kapasitas Silinder: 110 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.733 (Paling ringan)
  • Mobil, Beban: 2,000 Kg | Kapasitas Silinder: 1,300 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.65 (Moderate)
  • Truk, Beban: 20,000 Kg | Kapasitas Silinder: 8,000 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.4 (Paling berat)

Asumsi semua kendaraan di atas di hitung termasuk pengemudi dan penumpang penuh, dari hitungan tidak relevan di atas, kita bisa simpulkan truk memiliki ratio paling berat dan motor paling ringan, sementara mobil tidak seberapa berat dibandingkan dengan truk. Ini acuan sederhana saja, sementara hitungan aslinya lebih rumit, tetapi bisa disimpulkan bahwa oli mereka bisa saling digunakan bergantian, ya bisa saling pakai tetapi memiliki limit masing-masing.


Quote:
Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?


Secara umum, pelumas mesin mobil akan dapat digunakan untuk mesin motor matic, kalau untuk motor konvensional, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, karena ada karakteristik pelumas mobil yang sangat dilarang digunakan dalam mesin motor konvensional, hal yang perlu diperhatikan adalah:


Ilustrasi: Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30 pelumas Long Drain pertama yang diuji oleh TS hingga 10,000 Km di Honda Vario 110cc, memiliki sertifikasi yang dilarang untuk digunakan pada Motor Kopling Basah.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


  • Mitos Jumlah Molybdenum, banyak yang mengatakan pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. Padahal pada kenyataannya bukan Friction Modifier yang membuat kopling motor Anda selip, tetapi Organic Additives semacam Graphite yang membuat kopling Anda selip. Jika tidak percaya, coba lihat Jumlah Molybdenum pada Motul 300V 4T bahkan jauh lebih tinggi daripada Molybdenum pada PCMO sekalipun, tetapi dari user tidak pernah ada yang mengeluh kopling-nya selip. Perlu diketahui, Molybdenum, Boron, atau Titanium hanya bereaksi dengan Logam saja, tidak dengan komposit organic yang mungkin ada di Kopling.

  • API Resources Conserving atau API Energy Conserving, pelumas dengan API Starburst pasti mengacu kepada fuel efficiency, sehingga pasti pelumas akan sangat licin dan tidak dapat melumasi dan melindungi kopling secara bersamaan. API RC/EC biasanya menuntut oli bisa digunakan dalam jangka waktu yg lama dengan state stay-in-grade, sehingga perlu banyak Organic Additives dan tidak cocok dengan komposit kopling.

  • ILSAC GF-5, tidak disarankan digunakan dalam motor konvensional, karena sifatnya sama seperti API RC/EC menjamin oli dapat digunakan dalam waktu yang lama, dan bisa menghemat bahan bakar.

  • German Approval Oil, ya seperti namanya German Approval, mengacu kepada Manufacturer Jerman, seperti BMW, VW, dan Mercedes Benz. pelumas dengan sertifikasi baru mereka tidak cocok dengan motor kopling basah, karena ditakutkan mengakibatkan selip kopling. Terlebih pelumas dari pabrikan mereka menuntut Sustain Release untuk beberapa additives dan itu bisa berdampak kepada motor dengan kopling basah.


Apabila dahulu PCMO hanya bisa digunakan untuk motor matic saja, sementara pelumas HDEO bisa digunakan di motor matic atau motor manual, kini banyak yang menggunakan pelumas PCMO untuk motor dengan kopling basah, salah satu contohnya adalah ADNOC Voyager Silver 10W-40, Pertamina Fastron Techno 10W-40, dan Pertamina Fastron Fully Synthetic 0W-50. Penggunaan pelumas mobil pada motor akan menyebabkan beberapa dampak yang mungkin positif atau negatif tergantung kepada bagaimana Anda menanganinya. Tetapi, sepengalaman saya, penggunaan pelumas mobil lebih banyak efek positif ketimbang negatif-nya. Dan kita kembali ke rumusan awal, baik PCMO, HDEO, dan MCO adalah sama-sama Hydrocarbon Based, sehingga tidak masalah apabila Anda juga mau menggunakan MCO di mobil Anda, hanya saja limitasinya tambah banyak.


Quote:
Mengapa Harus Pelumas Mobil/Diesel (PCMO/HDEO)?


Apa alasan lebih memilih Pelumas Mobil/Diesel dibandingkan Pelumas Motor (MCO)?
  • Longer Drain Interval.
  • Better Performance.
  • Better Protection.
  • Better Fuel Efficiency.
  • Low Evaporation.


Tetapi tidak menutup kemungkinan Pelumas Motor (MCO) juga melakukan tujuan utama dibuatnya thread ini yaitu Resources Saving by Longer Drain Interval Lubricant. Beberapa contoh oli yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama adalah, Liqui Moly 4T, Royal Purple 4T, dan Elf Campione.


Quote:
Saya sebagai TS tidak berafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, posting saya di sini netral dan tidak mendikreditkan suatu merek dan atau jenis pelumas. Pendapat dan teori saya belum tentu benar, sehingga perlu didiskusikan di sini. Saya mengundang para expert disini untuk berdiskusi bersama mengenai penggunaan PCMO dan HDEO untuk mesin motor, berikut ini rules untuk thread ini:
  • Setiap sanggahan terhadap hal teknis dan juga yang berhubungan dengan kondisi dan atau kualitas suatu pelumas dan umur pakai pelumas, harap disertakan dengan bukti empiris yang kongkret, bukan sekedar katanya atau rasanya. Hal tersebut sudah diluar dari teorema dengan tanpa bukti empiris, sehingga sanggahan tidak akan dilanjutkan.
  • Dilarang Junk, SARA, flaming, ataupun nitip lapak disini, karena disini hanya untuk berdiskusi, mohon hargai Kaskuser lainnya.
  • Do at your own risk, penggunaan pelumas PCMO/HDEO pada mesin motor agan mungkin akan berdampak buruk, sehingga sehingga resiko pemakaian pelumas PCMO/HDEO selanjutnya adalah tanggung jawab user, saya hanya menyarankan yang terbaik dari datasheet dan pengalaman.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayueverlasting dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 390 dari 485
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
03-09-2017 14:40
Quote:Original Posted By sendaljeppitt


boleh tau gan beli fastron diesel dmn ya?
saya tinggal di jaksel, cari sanasini kok gak nemu" yah emoticon-Frown paling sering dapet fastron techno, motor saya mio soul gt inject. apakah aman jika pake pft juga?


di pomb bensin om atau bengkel bengkel mobil..

kalau Matic PFT jg enak om

PFT hijau
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
03-09-2017 17:01
Quote:Original Posted By firemakers


Wah udah masuk kelas Moge nih...kmrn ad yg tnya jga di FB,,perihal Fastron Platinum di kopbas (yg kmrn entah 150cc atau 250cc)...suara berisik mungkin karna oli lbh encer...selama ga slip kopling,,dan power ga berkurang atau complain yg berlebih,,hajar aja

Yg saya sring dnger,,klo Moge itu identik dgn panas berlebih...smpe2 bsa bkin si "adik" mateng wkekeke

Bkn moge gan..
Iya itu juga ane yg di FB. Skalian nanya2 suhu di kaskus juga. Mongtornya versys 250. Bkn z250. Salah ketik. Sejauh 800 km gak ada kendala siy..tp klo emang kata suhu2 gak aman ntar drain aja. Kmrn sbnrnya maupake enduri sport tp krn tuh oli gak laku..stok yg ada produksi 2012 klo ga salah. Jadinya nyoba platinum.

0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
03-09-2017 17:07
Quote:Original Posted By KT610-lover



Ane, mba dian, om adit, om gerald, om bayu, termasuk yg menganggap oli macam itu ga aman di kopbas sih... Apalagi di 250cc high torque gitu... Ente siapa yg ngajarin sih oli banyak sertifikasi licinnya gitu dimasukkan ke kopbas? emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)




Trus bijimane suhu? Mohon pencerahan. Yg ngajari kawan2 di LDIC. Katanya siy aman. Sejauh yg ane pake siy aman2 aja. Cm krn banyak referensi kalo itu oli banyak sertifikasi yg gak cocok kopbas ane jadi kawatir lama kelamaan gosong itu kampas kopling.. Kmrn critanye kan mau pake enduro sport tp ga jadi krn stok lama 2012..
Diubah oleh andhikatok
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
03-09-2017 17:57
Pantesan ya jadi irit pake pertalite, selama ini ternyata pengapian dibikin mundur toh, ane baru ngeh, tiap cek oli EMG sering bgt bau Pertamax gitu, setelah pake pertalite udh abis bau menyengat bahan bakar di oli nya, makasi ya suhu info nya, iya di online semua oli pada murah2, katanya sih karena ambil langsung dari agen, ntahlah ane gak tau sebagai konsumen tu oli asal dari mana, suhu thanks info oli curah, ane jajal besok msx nya, Gbu
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
03-09-2017 18:33
Quote:Original Posted By KT610-lover


Salim dulu ama suhu... Serem mainannya, ban sop kompon dpn belakang dan oli 0w16... emoticon-Ngacir




Bagusan yg ga ada esp nya. Pao nya lbh byk




Maksud ente sepul magnet udah ada ciri gosong ya? Saran ane urusan kelistrikannya diselesaikan dulu. Repot kalau tau2 jebol. Coba cek tegangan kiprok dan aki dulu




Kalo buat ngojek online, saran ane cari msx curah aja. Ganti max tiap 3000 km. Msx curah paling cuma 30ribuan.


Itu soal rpm turun berarti bagus, lbh hemat bensin. Motornya lihat idle nya bisa diturunkan.




Dgn asumsi kualitas based stock nya sama, sae lebih kecil berpotensi lebih mudah menguap. Walaupun beda merk dan tipe bisa beda hasil.

Positifnya, tarikan lebih enteng atau lebih hemat bensin. Yg penting rutin pantau dipstick.



==================

Udah ah pamit lagi... Lg mesti byk cari duit dan belajar.... emoticon-Ngacir


yaa om, itu karna faktor apa ya , pada bulan juli turun mesin saya liat tuh jeroan mesin nya sebagian menguning sebagian ga terutama pada celah2 nya aja , nah si sepul magnet aman kaga menghitam kaya kemarin pas pasang keteng ( warna hitam tidak merata pada sepul itu sekitar 65% dan tidak di semua bagian menghitam )
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
03-09-2017 23:29
Quote:Original Posted By andhikatok

Trus bijimane suhu? Mohon pencerahan. Yg ngajari kawan2 di LDIC. Katanya siy aman. Sejauh yg ane pake siy aman2 aja. Cm krn banyak referensi kalo itu oli banyak sertifikasi yg gak cocok kopbas ane jadi kawatir lama kelamaan gosong itu kampas kopling.. Kmrn critanye kan mau pake enduro sport tp ga jadi krn stok lama 2012..


Di ldic ini ceritanya mba dian dulu udah kasih list oli yg aman di kopbas, berdasarkan test lab dia di tempat kerja lamanya.

Pengujian menggunakan mesin simulasi motor 1000cc dan 600cc. Cc terkecil yg dites 300cc.

Jd list dari dia jaminan aman.

Kemudian, ada seller yg test di motor adek dan temannya, klaimnya aman.

Jadilah dia campaign aman. Padahal belum tentu. Barangkali karena kadar spash oli lamanya belum habis.

Gitu kira2... emoticon-Smilie

Tapi terserah mau percaya siapa.. Ane kan cuma akun anonim... emoticon-Embarrassment emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By bernadbearprant
Pantesan ya jadi irit pake pertalite, selama ini ternyata pengapian dibikin mundur toh, ane baru ngeh, tiap cek oli EMG sering bgt bau Pertamax gitu, setelah pake pertalite udh abis bau menyengat bahan bakar di oli nya, makasi ya suhu info nya, iya di online semua oli pada murah2, katanya sih karena ambil langsung dari agen, ntahlah ane gak tau sebagai konsumen tu oli asal dari mana, suhu thanks info oli curah, ane jajal besok msx nya, Gbu


Ambil contoh mobil 1, ane punya pricelist harga khusus agen. Harga online bahkan lebih murah dari itu... emoticon-Smilie

Emang oli murah itu bisa jadi barang tilepan marketing atau orang bengkel... Cuma, apakah sebanyak itu nilepnya? emoticon-Smilie

Gitu kira2... emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By nirvana375
yaa om, itu karna faktor apa ya , pada bulan juli turun mesin saya liat tuh jeroan mesin nya sebagian menguning sebagian ga terutama pada celah2 nya aja , nah si sepul magnet aman kaga menghitam kaya kemarin pas pasang keteng ( warna hitam tidak merata pada sepul itu sekitar 65% dan tidak di semua bagian menghitam )


Ane kurang paham om kalo kelistrikan.. Tapi kalo 65% kyknya udah kena sih.. Itu masalahnya di sepul berarti, bukan oli. Cmiiw
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
04-09-2017 13:00
Quote:Original Posted By KT610-lover


Di ldic ini ceritanya mba dian dulu udah kasih list oli yg aman di kopbas, berdasarkan test lab dia di tempat kerja lamanya.

Pengujian menggunakan mesin simulasi motor 1000cc dan 600cc. Cc terkecil yg dites 300cc.

Jd list dari dia jaminan aman.

Kemudian, ada seller yg test di motor adek dan temannya, klaimnya aman.

Jadilah dia campaign aman. Padahal belum tentu. Barangkali karena kadar spash oli lamanya belum habis.

Gitu kira2... emoticon-Smilie

Tapi terserah mau percaya siapa.. Ane kan cuma akun anonim... emoticon-Embarrassment emoticon-Ngakak (S)




Ambil contoh mobil 1, ane punya pricelist harga khusus agen. Harga online bahkan lebih murah dari itu... emoticon-Smilie

Emang oli murah itu bisa jadi barang tilepan marketing atau orang bengkel... Cuma, apakah sebanyak itu nilepnya? emoticon-Smilie

Gitu kira2... emoticon-Big Grin




Ane kurang paham om kalo kelistrikan.. Tapi kalo 65% kyknya udah kena sih.. Itu masalahnya di sepul berarti, bukan oli. Cmiiw


Yaudah klo gitu,,pakein Amsoil aja dah...

Btw,,masih dilema...antara pke Pertalite sama Pertamax Turbo....klo pke Pertalite,,FD ga parah...tpi sulfur tinggi...klo pke Pertabo,,lumayan FD...tpi uda meet Euro 4 nnti September😟
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
04-09-2017 13:32
Quote:Original Posted By firemakers


Yaudah klo gitu,,pakein Amsoil aja dah...

Btw,,masih dilema...antara pke Pertalite sama Pertamax Turbo....klo pke Pertalite,,FD ga parah...tpi sulfur tinggi...klo pke Pertabo,,lumayan FD...tpi uda meet Euro 4 nnti September


Solusinya beli brt juken. Set timing nya sesuai dengan pertabo... emoticon-Smilie emoticon-Smilie
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
04-09-2017 14:37
Mohon bantuan dan infonya, udah 3 bulan bulak balik baca thread ini malah makin bingung sama opsi2 oli nya, mohon pencerahan
motor saya beat karbu udah 12rb km nya,
pemakaian motor sehari bisa sampe 50+km.
Apa perlu flushing dulu? Kalo iya metode flush nya pake oli diesel atau pake oil flush
Terus kira2 oli apa yg direkomendasikan dgn harga dibawah 150rb. Terimakasih banyak sebelumnyaaaa
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
04-09-2017 20:44
Quote:Original Posted By purepeos
Mohon bantuan dan infonya, udah 3 bulan bulak balik baca thread ini malah makin bingung sama opsi2 oli nya, mohon pencerahan
motor saya beat karbu udah 12rb km nya,
pemakaian motor sehari bisa sampe 50+km.
Apa perlu flushing dulu? Kalo iya metode flush nya pake oli diesel atau pake oil flush
Terus kira2 oli apa yg direkomendasikan dgn harga dibawah 150rb. Terimakasih banyak sebelumnyaaaa


Langsung aja.
Pakai mediteran sx 2 kali tiap 500 km.
Selanjutnya pakai Fastron diesel tiap 7000 km.

Insyaallah mesin kinclong dan awet.
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
04-09-2017 22:11
Quote:Original Posted By premiumtrading


Langsung aja.
Pakai mediteran sx 2 kali tiap 500 km.
Selanjutnya pakai Fastron diesel tiap 7000 km.

Insyaallah mesin kinclong dan awet.


Meditran buat flushing yaa, kalo pake fastron diesel gpp gan? Baca2 sih honda bagusnya pake xW-30 (memastikan gan masih nyubi banyak bingung hehe) makasiiih pencerahan nya
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
04-09-2017 22:16
Quote:Original Posted By purepeos
Mohon bantuan dan infonya, udah 3 bulan bulak balik baca thread ini malah makin bingung sama opsi2 oli nya, mohon pencerahan
motor saya beat karbu udah 12rb km nya,
pemakaian motor sehari bisa sampe 50+km.
Apa perlu flushing dulu? Kalo iya metode flush nya pake oli diesel atau pake oil flush
Terus kira2 oli apa yg direkomendasikan dgn harga dibawah 150rb. Terimakasih banyak sebelumnyaaaa


Ga usah flushing2an. Langsung aja, pakai sampai ga enak atau susut.
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
04-09-2017 22:37
Quote:Original Posted By b3rryzx
ganti filter oli nya jg gan klw mau pindah


Klo boleh tau posisi filter oli NCB dimana gan? Apa ada di dalem bak sebelah kanan atau dimana. Blum pernah ganti soalnya ane hehehe
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
05-09-2017 00:30
Quote:Original Posted By monyet.keren


Klo boleh tau posisi filter oli NCB dimana gan? Apa ada di dalem bak sebelah kanan atau dimana. Blum pernah ganti soalnya ane hehehe


ga tau om ane , bisa searching di google atau tanya di BERES aja
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
05-09-2017 11:51
Quote:Original Posted By monyet.keren


Klo boleh tau posisi filter oli NCB dimana gan? Apa ada di dalem bak sebelah kanan atau dimana. Blum pernah ganti soalnya ane hehehe


Honda model filternya bukan yg model kertas berbentuk tabung. Modelnya cuma strainer. Ga perlu diganti. Bersihkan tiap 10rb km aja.
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
05-09-2017 12:11
Quote:Original Posted By mah.mudi
gan menurut pengalaman ane ya..kok lebih enakan pake HDEO ya timbang PCMO, kalo oli mobil tarikan motor malah jadi berat..tapi setelah pakai oli desel..bener bener beda..enak banget rasanya motor nih..pdahal ini udah bulanan pakai..
ane sekarang pake MeditranSX yang drum drum an beli di pom bensin
28rb an,hehe

gan motornya apa ya?

Quote:Original Posted By Tom-An

nubie bantu jawab ya gan..
gpp coba aja pake PFD ato meditran SX jg bs. temen ane di jupiter pake meditran SX


- daftar pelumas kayanya emang udah lama ga bs didonlod
- ga ada review repsol mungkin kebanyakan pada pake oli yg umum dipasaran aja gan. tapi klo agan mo coba repsol boleh koq gan. ntar review dimari.
- tingkat gradenya liat dari angka buntutnya. klo buntut 30 bisa ke buntut 20 ato buntut 40. klo angka didepan ga terlalu pengaruh banyak


coba aja gan pake mobil super 10-40. nanti review dimari yaakk...

- iya nih pengen lihat daftar list pelumnas di page one malah gak bisa di download
- cuman penasaran aja apa karena oli repsol peredarannya kurang banyak yah jadi jarang yg pake
- oke noted, turun/naik 1 step berarti lihat angka buntut ya, angka depan diabaikan

Quote:Original Posted By dsatriman150


Motor saya satria f 2011 mas, pake Pertamina Fastron Techno yang ijo.. mantap banget. Tarikan enteng, pindah pindah transmisi juga lebih enak kalau dirasa - rasakan ketimbang pakai oli enduro. Mirip Motul Ester, cuman ini lebih cepet menghitam olinya.

Entah, oli cepet hitam itu bagus atau gak, tapi saya puas pakai PFT Ijo.

gan, dari awal pake PFT udah lgs enak atau tembus berapa km dulu? ini pemakaian keberapa PFT nya ? ini pake PFT lebih cepet menghitam di km berapa?

Quote:Original Posted By monyet.keren
misi suhu, ane mau nanya dong.
motor ane NCB150R. pemakaian oli PFT IJO udah hampi masuk 2 th. ane mau pindah ke PFD 15-40 Merah tinggal tuang atau dibersihin pake meditran dulu?
Terima Kasih suhu

om review nya dong pake PFT nya. suhu mesin / performa daripada MCO nya sebelumnya gmn? 2 tahun udah pemakaian keberapa si PFT, ganti/EOL di km berapa om? btw ganti ke PFD kenapa nih om?

Quote:Original Posted By bernadbearprant
Suhu tolong rekomendasi oli dong buat MX king, PFT jalan 2500km++ cek deepstick penguapan udh garis tengah, yg tahan penguapan oli apaan ya? Hdeo apa kira kira yg cocok, mau longdrain gagal terus nih, apa harus pake Sae 15w up ? Oh iya sekarang RPM ane turun dari 1200 sekarang jadi 1000 kadang 900 ini kenapa ya suhu ? Motor di pake buat Uber seharian kadang tembus 200km area Bekasi Jakarta panas poll, sampe mesin tak Tik tak tik

kondisi si PFT 2500km udah item banget apa masih layak gan sebenernya? kalo semenjak pake PFT suhu mesinnya gmn gan ?

Quote:Original Posted By KT610-lover


Di ldic ini ceritanya mba dian dulu udah kasih list oli yg aman di kopbas, berdasarkan test lab dia di tempat kerja lamanya.

Pengujian menggunakan mesin simulasi motor 1000cc dan 600cc. Cc terkecil yg dites 300cc.

Jd list dari dia jaminan aman.

Kemudian, ada seller yg test di motor adek dan temannya, klaimnya aman.

Jadilah dia campaign aman. Padahal belum tentu. Barangkali karena kadar spash oli lamanya belum habis.

Gitu kira2... emoticon-Smilie

Tapi terserah mau percaya siapa.. Ane kan cuma akun anonim... emoticon-Embarrassment emoticon-Ngakak (S)




Ambil contoh mobil 1, ane punya pricelist harga khusus agen. Harga online bahkan lebih murah dari itu... emoticon-Smilie

Emang oli murah itu bisa jadi barang tilepan marketing atau orang bengkel... Cuma, apakah sebanyak itu nilepnya? emoticon-Smilie

Gitu kira2... emoticon-Big Grin




Ane kurang paham om kalo kelistrikan.. Tapi kalo 65% kyknya udah kena sih.. Itu masalahnya di sepul berarti, bukan oli. Cmiiw

agan suhu KT masih ada list nya gak suhu ?

Quote:Original Posted By monyet.keren


Klo boleh tau posisi filter oli NCB dimana gan? Apa ada di dalem bak sebelah kanan atau dimana. Blum pernah ganti soalnya ane hehehe

di dalem gan sebelah kanan blok, cuman dibersihkan aja
Diubah oleh kompez
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
05-09-2017 14:56
Menjawab pertanyaan kompez, sekarang udah 3000km olinya, hitam sih belum tapi udh kecoklatan aja, MX king pake radiator coolant kipas nyala kalo macet aja dan itu gak sesering pake oli motor biasa, udah ane buktikan, lebih adem Fastron ijo. Coba aja deh biar tau ndiri
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
05-09-2017 15:12
sudah terjawab
Diubah oleh dokumen
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
05-09-2017 15:27
idemitsu 10w-30 harga berapa ya gan
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
05-09-2017 20:29
Quote:Original Posted By kompez
om review nya dong pake PFT nya. suhu mesin / performa daripada MCO nya sebelumnya gmn? 2 tahun udah pemakaian keberapa si PFT, ganti/EOL di km berapa om? btw ganti ke PFD kenapa nih om?


Awal make PFT IJO motor ane berumur 3 bulan, sebelumnya ane pake SPX orange kemasan 1,2L.

SPX jauh lebih adem untuk suara mesin, cuma di sekitar 1000 - 1500km (belum 1 bulan) udah terasa ga enak. Mungkin udah terlalu encer. Masukin gigi terasa kasar bngt. Apalagi nurunin harus lepas kopling per 1 gigi (kopling deket). Dari netral ke 1 susah banget harus majuin sedikit motornya atau buka kopling sedikit baru masuk tuh gigi. Cuma gitu, bunyinya kaya suara apaan tau. Sadis dah dengerinnya juga

Setelah 3 bulan ane mampir ke pom cibitung beli PFT + cooland pertamina.
Ane ganti cooland dan olinya.

Awal ganti suara mesin jauh lebih kedengeran dibandingin SPX. Kaya suara langsam digedein padahal ga digedein dan menurut suhu disini itu emang karakter PFT. Untuk masukin gigi juga jauh lebih smooth apalagi nurunin gigi. Dari gear 6 sampe 1 aja tinggal injek aja smpe mentok, ga perlu lagi mainin kopling (masih kopling deket)
Selain itu juga emang perasaan aja atau emang bener bahwa PFT tarikan awal jauh lebih berat dibandingkan dengan SPX.
Ane mau ganti PFD karena banyak yang bilang jauh lebih enak PFD dibandingkan PFT dan secara harga juga jauh lebih murah PFD klo emang bener kn lumayan emoticon-Peace


#Sedikit cerita
Ketika umur 1 th NCB ane bawa ke banyuwangi via mojokerta - pasuruan - situbondo - ketapang dan pulang via jember - blitar - pacitan - yogya dan singgah di purwokerto.
Untuk pemakaian bensin di range 90km / 100km, 1 lt bensin pertamax 92 tembus 40 smpai 42km.

Klo ada yang kurang lengkap selakan tanya tanya aja, mumpung lagi banyak quota emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 390 dari 485
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Kendaraan Roda 2
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia