Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apakah Ente Mengenali Jati Diri Dan Potensi Yang Ente Punya ? Mari Kita Kupas Disini

zonainspirasiAvatar border
TS
zonainspirasi
Apakah Ente Mengenali Jati Diri Dan Potensi Yang Ente Punya ? Mari Kita Kupas Disini


Apakah Ente Mengenali Jati Diri Dan Potensi Yang Ente Punya ? Mari Kita Kupas Disini. LIFE IS SUCCES, ZONAINSPIRASI.CO- Ketika seorang ditanya, "Siapakah Anda?" jawaban yang diucapkan biasanya adalah namanya. Itu merupakan hal yang lazim. Lalu, jika kepada Anda diajukan pula pertanyaan yang sama, apa jawaban Anda? Akankah Anda juga mengatakan nama Anda? Jawaban seperti itu masih bisa diterima jika yang bertanya adalah orang lain. Namun, jika si penanya adalah diri Anda sendiri, jawaban apa yang akan Anda berikan? Apakah juga nama Anda? Memang pengenalan diri pertama kali dengan menyebutkan nama tidaklah salah. Namun, yang perlu diperhatikan sekarang adalah sudah saatnya Anda mengenali diri Anda sendiri. Karena itu, cobalah bertanya kepada diri Anda, "Siapakah aku?" cobalah mencari dan mencari keberadaan diri Anda yang sebenarnya. Sebuah proses pencarian memang tidak bisa tiba-tiba menemukan apa yang dicari, apalagi yang dicari adalah jati diri. Untuk melakukannya dibutuhan waktu dan perjuangan.

Quote:


Mungkin ada beberapa orang yang merasa sudah benar-benar mengenal dirinya sendiri. Namun jumlah persentasinya hanya kecil. Kebanyakan orang malah kehilangan arah hidupnya karena tidak tahu jati dirinya yang sebenarnya, potensi dan lainnya. Memang butuh proses untuk mendalami diri sendiri, palagi jika egoisme dan pikiran praktis menguasai hati sehingga kadang tak mampu untuk membuka jendela potensi diri.

Manusa memiliki kecenderungan untuk mencari tahu kebenaran akan jati dirinya, untuk mengetahui sebenarnya dirinya itu seperti apa. Namun, banyak yang tidak berhasil karena behenti di tengah jalan atau ketika sedang mencari, dia terperangkap pada wilayah yang seharusnya tidak dimasuki. Salah mengenali potensi dan jadi diri akan membuat manusia menjadi kurang bergairah dalam menjalani pekerjaan dan kehidupannya. Ibarat seorang tekini komputer bekerja sebagai dokter, seorang montir sepeda motor bekerja sebagai arsitek. Begitu pula dengan diri Anda, bila salah menemukna potensi dan jati diri, semuanya akan sia-sia dan berantakan. Anda tak akan merasakan makna dari apa yang Anda kerjakan. Berikut jendal potensi yang bisa dipelajari untuk sedikit membukakan jalan bagi Anda agar mengetahui potensi Anda sebenarnya dan siapakah Anda itu.

Spoiler for Empat Kuadaran Potensi Diri:


Keempat kuadran seperti pada gambat diatas menunjukkan posisi potensi yang ada pada setiap orang. Pada Kuadran I, tipe potensi ini adalah Anda tahu dan orang lain tahu. Misalnya, anda itu pekerja keras dan tekun dan sikap ini tampak ketika Anda mengerjakan pekerjaan dengan serius dan tidak menunda-nundanya. Potensi Kuadaran I ini arus Anda pertahankan dan kembangkan karena setelah Anda mengetahunya, Anda tinggal mengembangkannya.

Potensi Kuadaran II, Anda tahu dan orang lain tidak tahu. Misalnya, ternyata hobi menulis dan banyak karya tulis yang telah Anda hasilkan, tetapi tulisan itu tidak pernah Anda publikasikan. Potensi ini hanya Anda yang tahu. Oleh karena itu, Anda perlu mengembangkannya dan lebih baik bila Anda tunjukkan kepada orang lain agar orang lain bisa memberikan arah atau saran ataupun masukan dan menjadi penyemangat bagi Anda.

Potensi Kuadaran III, Anda tidak tahu dan orang lain tahu. Misalnya, ketika bekerja Anda selalu datang tepat waktu dan Anda merasa hal itu adalah hal biasa karena sudah menjadi rutinitas. Akan tetapi, orang lain melihat hal tersebut sebagai kelebihan Anda. Potensi ini perlu dicari dengan bertanya kepada teman sekitar Anda. Ketika sudah menemukannya, buatlah potensi ini menjadi potensi Kuadar I, agar anda lebih semangat untuk mengembangkannya.

Potensi Kuadran IV adaah potensi yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada Anda, tapi belum terlihat atau tersadari. Potensi ini bisa Anda cari dengan terus bergerak mencoba-coba banyak hal. Ketika gagal, mencoba dan mencoba lagi tanpa kenal lelah. Dengan mencoba sesuautu yang baru dan terus bergerak, Anda nanti akan menemukan sebua titik dimana Anda merasa puas di sana dan Anda mersa benar-benar menikmati dan kemampuan itu membuat diri Anda sukses. Itulah potensi kuadran IV yang bica dicari oleh diri Anda sendiri.

Jangan sampai Anda mersa tidak memiliki bakat atau potensi apapun karena hal itu hanya akan menghambat Anda. Setiap orang pasti memiliki potensi. Hanya saja perlu proses untuk mengenalinya.

Kisah Pangeran Amnesia


Quote:


Lalu Apa Hikmahnya ?


Quote:


Buatlah sebuah sugesti positif yang akan membentuk diri Anda bermental positif. Jika muncul pertanyaan, "Siapakah Aku?" Jawablah :

Quote:


Dan sugesti-sugesti lainnya yang ingin Anda tanamkan dalam diri Anda. Sugesti ini akan membentuk karakter Anda. Semakin sering Anda memberikan Sugesti Positif pada diri Anda, alam bawah sadar Anda akan terbentuk dengan sugest-sugesti positif tersebut. Sikap posotif tersebut akan membantu anda untuk menemukan potensi diri yang sejati.

Menurut John C. Maxwell, pengetahua tentang diri sendiri itu menetukan bagaimana manusia itu hidup. John C. Maxwell menggambarkannya dalam sebuah prinsip yang disebutnya sebagai Prinsip Lensa, yang point utamanya sebagai berikut :

Quote:


Jadi, upayakan untuk selalu melihat diri sendiri bahwa Anda memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Dan yakin bahwa nantinya Anda bisa sukses. Karena pandangan Anda terhadap diri sendiri itulah yang mennetukan hidup Anda sendiri.

Quote:


Demikian Artikel Mengenali Jati Diri Dan Potensi Diri Sendirisemoga bermanfaat dan jadilah manusia yang luar biasa, bukan manusia yang biasa-biasa saja.

Baca Kisah Juga Gan Kisah Kisah Menarik Lainnya Di ZONAINSPIRASI.CO
Diubah oleh zonainspirasi 03-09-2017 16:33
0
4.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.