Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

duha14Avatar border
TS
duha14
Mengenal Lebih Jauh tentang LVRS

Veteran Republik Indonesia
Satria Sejati
Lahir di Dalam Medan Juang
Tak Harap Puji
Kan Slalu Berbunyi Junjung Tinggi Pancasila
Pengawal Nusantara Pusaka
Bersyukur Kehadirat Ilahi
Terus Berjuang Tuk Ibu Pertiwi
Bersyukur Tuk Ibu Pertiwi
Terus Berjuang Tuk Ibu Pertiwi

Quote:


Pandangan terhadap sebuah kemerdekaan memang berbeda-beda menurut berbagai orang. Lepas dari bangsa penjajah mungkin menjadi pandangan merdeka di sebagian orang. Namun pandanganku agak sedikit berbeda. Terjajah, bukan hanya ditandai dengan caplokan bangsa lain ke bangsa lainnya saja, terjajah bisa dalam artian banyak bentuk. Seperti terjajah kemiskinan, terjajah penindasan, hingga terjajah akan adanya teknologi baru. Cape-cape veteran Indonesia ngelepasin diri dari Penjajahan bangsa lain, eh malah terjajah dalam bentuk lainnya. Sekarang bukan saatnya Veteran Indonesia yang berjuang, melainkan pemudanya. emoticon-Jempol

Yah itu latar belakang ane nyari seluk beluk tentang Veteran Indonesia. Veteran Indonesia, seringkali diberitakan mengalami kondisi yang memprihatinkan. Dari situ, ane-pun agak tergerak, "bagaimana sih cara untuk membantu Veteran indonesia?"
Apalagi ada pepatah yang menyatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, yang dalam hal ini adalah veterannya.
Googling sebentar di google, ataupun forum diskusi untuk nyari tentang hal tersebut. Namun, hanya sedikit banget informasi tentang bantuan veteran RI. Berbeda deh dengan veterannya Amerika yang bahkan di wiki-how udah ada langkah-langkah untuk membantu veteran baik itu moril ataupun materil. Baik itu melalui organisiasi lokal hingga dengan tangan sendiri.(Baca: Wiki-How, Cara Membantu Veteran)

Mungkin ada baiknya mulai mencontoh negara adidaya tersebut dalam menghargai para pahlawannya. Dari berbagai tips tersebut, ada yang memang bisa dicontoh, seperti memberikan dukungan moral langsung, memberikan bantuan kursi roda untuk veteran yang sudah tidak bisa bergerak dengan normal, dan banyak yang lainnya. Sebetulnya ada satu lagi, yaitu membagikan kisah mereka, sehingga dapat membuat orang lain menjadi sadar tentang adanya veteran tersebut. Seperti contohnya yang sudah dirangkum dalam thread Kaskus yang satu ini.
Baca: Tragisnya Kehidupan Veteran Indonesia Yang Menginspirasi
atau Baca: Nasib Para (Pahlawan) Veteran Indonesia

Menurut berita yang kubaca dari ini, Wakil Legiun Veteran Republik Indonesia KepRi, Muhammad, tunjangan setiap bulan yang diterima hanya berkisar di antara 250 ribu setiap bulannya dari pemerintah pusat, dan penghargaan dari pemerintah daerah. Berita ini ditayangkan di tahun 2010 lalu. Nah, apakah ada perbedaannya di saat sekarang ini? Menurut dari website resmi Legiun Veteran Republik Indonesia, sudah ada undang-undang tahun 2012 yang mengatur tentang hak-hak Veteran Indonesia, dan dana tunjangan yang berkisar antara 1,4 hingga 1,6 juta rupiah.

Namun tetap saja, banyak pejuang yang belum mendapatkan haknya tersebut.

Oleh sebab itu, ane ingin memperkenalkan tentang Legiun Veteran Republik Indonesia, yang mana bisa membantu para veteran untuk mendapatkan hidup yang lebih baik kedepannya.


Legiun Veteran Republik Indonesia

Legiun Veteran R.I sendiri bisa ditemukan cabangnya di hampir tiap daerah (ada 318 cabang di seluruh Indonesia), yang memang di tiap daerah memiliki pejuang tersendiri. Beberapa data yang terhimpun di dalam situs LVRI (Situs LVRI)memang kurang update, namun tetap bisa digunakan.
LVRI sendiri adalah satu-satunya organisasi veteran yang diakui oleh pemerintahan Indonesia. Menurut yang kubaca dari salah satu lamannya sih, setiap veteran Indonesia, secara otomatis menjadi anggota dari LVRI itu sendiri.

Organisasi ini sendiri memiliki visi yang sangat bagus menurutku, yang salah satunya adalah tentang pembangunan nasional, dan terlaksananya pewarisan nilai kejuangan 1945 kepada penerus bangsa. Dan juga memelihara persatuan dan kesatuan. Hal ini sangat baik melihat kondisi bangsa yang sekarang ini (menurutku) sudah sangat kacau, dimana sudah jarang pemuda yang memiliki nilai sopan santun ataupun memiliki semangat nasionalisme (catatan untuk pribadi).

Selain itu, LVRI memiliki misi meningkatkan kehormatan Veteran Republik indonesia. Nah! walaupun secara kasarnya ane tidak bisa menolong para veteran secara langsung, kita tetap bisa kok mendukung LVRI untuk menjadi lebih luas, dan bekerja dengan sebagaimana mestinya.
(oh iya, susunan pengurus LVRI adalah Veteran Indonesia juga, di situsnya pun terdapat beberapa operasi yang pernah dijalankan oleh beliau-beliau ini emoticon-Wow ).

Jadi, jika kita menemukan adanya Pembela R.I tempoe doloe yang belum makmur, kalian/(kita) bisa datang langsung ke kantor administrasi veteran dan cadangan yang bisa search di google, dalam rangka ingin meningkatkan taraf hidupnya secara berkepanjangan. Ataupun bisa dibuka laman (Tata Cara Pendaftaran menjadi Anggota)untuk mengetahui alur pendaftaran secara lengkap menjadi anggota LVRI.
Menurut UU yang berlaku, tidak hanya akan mendapatkan tunjangan, melainkan juga hak lain, seperti keringanan biaya kesehatan, transportasi, hingga mendapatkan keistimewaan dalam hal pemakaman.

Pesan Veteran R.I Terhadap Generasi Muda Indonesia


Nah, sudah kenal dengan LVRI, ada baiknya untuk mendukung secara penuh kegiatan LVRI, hingga bisa menjadikannya menaikan derajat para pahlawan di saat ini. Yuklah daripada ngemall~


Quote:

Diubah oleh duha14 03-09-2017 13:15
0
7.4K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.