Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Hindari Diabetes dengan 5 Cara Go Dok Berikut Ini

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Hindari Diabetes dengan 5 Cara Go Dok Berikut Ini


Beberapa waktu yang lalu, dunia musik Indonesia kembali harus kehilangan salah satu putra terbaiknya. Ya, berita duka ini datang dari grup musik legendaris Project Pop yang harus kehilangan salah satu personelnya -Muhammad Fachroni, alias Oon. Keluarga serta kerabat kemudian mengemukakan bahwa penyebab almarhum meninggal dunia adalah akibat komplikasi penyakit diabetes yang dideritanya selama beberapa tahun belakangan.

Menyeramkan, bukan? Karenanya, yuk, hindari diabetes mulai dari sekarang dengan mempraktikkan 5 cara berikut ini!


1. Edukasi diri tentang diabetes



Cara hindari diabetes pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengedukasi diri sendiri serta keluarga dan kerabat mengenai penyakit diabetes sendiri. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab serta bahaya dari penyakit ini, Agan akan semakin sadar bahwa diabetes bisa menimpa siapa pun, kapan pun. Untuk mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai diabetes, Agan dapat langsung bertanya kepada dokter atau membaca berbagai macam informasi dari sumber-sumber terpercaya.


2. Terapkan pola hidup dan makan yang sehat



Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kebiasaan sehari-hari yang sering kita anggap sepele ternyata memicu timbulnya diabetes. Sebut saja kecenderungan untuk bermalas-malasan seharian, atau kebiasaan mengonsumsi makanan junk food yang tinggi akan kandungan karbohidrat serta gula.

Jadi, cara hindari diabetes yang harus Agan coba mulai terapkan pola hidup dan makan yang lebih sehat. Tenang, meskipun terdengar sedikit rumit, namun praktiknya sangat sederhana, kok! Berikut rinciannya:

- Rutin berolahraga minimal 30 menit sehari. Pilihlah olahraga yang ringan dan mudah dilakukan, seperti senam atau lari-lari kecil mengelilingi komplek perumahan.
- Membatasi asupan makanan yang tinggi lemak, gula, dan karbohidrat sederhana. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi serat, karbohidrat kompleks, serta protein sehat yang bisa didapatkan dari sayuran, buah, beras merah, dan berbagai macam daging rendah lemak.
- Selalu menyempatkan sarapan, sebab jam makan ini terbukti efektif dalam mengontrol nafsu makan serta asupan karbohidrat harian.
- Rajin mengonsultasikan kesehatan ke dokter atau rumah sakit terdekat. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penyeberan penyakit yang gejalanya tidak selalu kasat mata, seperti diabetes.


3. Penuhi asupan vitamin D harian



Cara hindari diabetes selanjutnya yaitu dengan penuhi asupan vitamin D harian. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa selain baik untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah. Karenanya, perbanyaklah asupan makanan yang kaya akan vitamin jenis ini, semisal telur, tahu, tempe, susu kedelai, dan jamur. Selain itu, Agan juga bisa mendapatkan manfaat vitamin D dengan rajin berjemur di bawah jam 9 pada pagi hari.

4. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol



Agan termasuk perokok aktif? Atau, gemar mengonsumsi minuman beralkohol? Jika ya, segera hentikan dua kebiasaan tadi demi terhindar dari penyakit diabetes. Dikutip dari sebuah media online, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 200.000 subjek penelitian yang tidak merokok terbukti memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes.

Lalu, bagaimana dengan kebiasaan minum minuman beralkohol? Karena melalui proses fermentasi, miras terkenal akan kandungan gulanya yang tinggi. Hal inilah yang akan meningkatkan kadar gula darah sehingga menyebabkan Agan lebih rentan terkena diabetes. Duh, baiknya kebiasaan ini dihindari sejak dini, ya!


5. Hindari stres




Terakhir cara hindari diabetes yang sering luput dari pengawasan adalah hubungan antara tingkat stres dengan risiko menderita diabetes. Jarang yang mengetahui bahwa stres berlebih dapat merangsang peningkatan kadar gula darah. Karenanya, Agan disarankan untuk sering melakukan kegiatan relaksasi, seperti yoga dan meditasi, untuk mengembalikan kondisi mental ke keadaan normal.


Itu tadi 5 cara hindari diabetes yang harus dicoba. Semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
22K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.