Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tidak Melakukan Cooling Down Sehabis Berolahraga? Ini Akibatnya Gan!

skicloudAvatar border
TS
skicloud
Tidak Melakukan Cooling Down Sehabis Berolahraga? Ini Akibatnya Gan!
Jika melakukan olahraga, selain outfit yang kece, gerakan olahraga, dan playlist lagu favorit biasanya apalagi nih yang gansis siapkan? Pasti warming up dan stretching dong? Untuk “memanaskan” badan dan juga perenggangan tubuh agar terhindar dari cidera saat melakukan olahraga.

Akan tetapi ada hal yang sering dilupain nih saat olahraga terutama setelah selesai melakukannya, yaitu cooling down alias pendinginan. Banyak alasan yang membuat pendinginan tidak dilakukan, misalnya waktu yang sempit dengan kegiatan gansis yang lain, terlalu lelah karena melakukan olahraga atau bahkan malas karena badan sudah terlanjur “dingin”.

Tidak Melakukan Cooling Down Sehabis Berolahraga? Ini Akibatnya Gan!

Jangan menyepelekan pendinginan lho gansis! Tidak melakukan cooling down atau bahkan melupakannya bisa menimbulkan hal yang berbahaya lho bagi tubuh, bukankah tujuan berolahraga untuk menyehatkan tubuh? Saat berolahraga kinerja tekanan darah dan jantung akan lebih cepat, jika tidak melakukan pendinginan maka jantung akan mengalami perubahan suhu secara tiba-tiba dan inilah yang menyebabkan DOMS (Delayed Onse Muscle Sorness) alias otot terasa pegal, nyeri dan kaku yang berkepanjangan. Agan dan Sista juga akan merasakan pusing, pernahkan kalian merasakan kliyengan setelah berolahraga? Hal tersebut bisa terjadi karena tidak melakukan pendinginan.

Tidak Melakukan Cooling Down Sehabis Berolahraga? Ini Akibatnya Gan!

Manfaat cooling down adalah membuat tekanan darah dan jantung gansis kembali normal secara perlahan, membuat otot yang tegang menjadi rileks sesuai dengan detak jantung yang melambat pula, sehingga meminimalisir DOMS dan juga pusing. Melakukan pendinginan bisa dimulai dari kaki hingga kepala dan dilakukan sesuai dengan waktu pemanasan ya atau kurang lebih 10 menit. Jangan lupa minum air mineral dan mengkonsumsi makanan yang bergizi ya.

Untuk Agan dan Sista yang baru akan memulai menjalani pola hidup sehat dan suka berolahraga, jangan lupakan untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga ya, nggak mau dong sudah lelah berolahraga tetapi menjadi sia-sia karena tidak melakukan pendinginan? Salam olahraga!

Yuk Biasakan Cooling Down Setelah Berolahraga!

Spoiler for Jangan Lupa Rate Buat Ane yang Masih Newbie:



0
5.9K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.