• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Keren! Begini Jadinya Jika "Aku Sayang Kamu" di Terjemahkan dalam 15 Bahasa Lokal

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Keren! Begini Jadinya Jika "Aku Sayang Kamu" di Terjemahkan dalam 15 Bahasa Lokal
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



Bahasa daerah Indonesia yang begitu beragam menggambarkan kekayaan budaya bangsa. Dari sabang sampai merauke, terdapat setidaknya 700 bahasa daerah yang masih kerap digunakan oleh masyarakat. Di beberapa daerah bahkan terdapat bahasa yang berbeda dari satu desa ke desa lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika Indonesia memang membutuhkan bahasa pemersatu, bahasa nasional yang dapat dipahami oleh semua orang di seluruh pelosok Indonesia. Meski begitu, namun bahasa daerah juga perlu dipelajari karena bahasa daerah ini adalah bagian dari identitas budaya tiap daerah dan kita perlu melestarikan identitas budaya ini yang sering kali mengandung karakteristik khas dan filosofi dari tiap budaya.

Menuturkan bahasa daerah, selain dapat membantu melestarikan keberagaman budaya Indonesia, sebenarnya juga memiliki fungsi praktis lainnya, yaitu untuk menarik hati gebetan. Bagaimana tidak tertarik? Dengan menuturkan berbagai bahasa daerah yang ada di Indonesia, maka akan dapat membuatmu terlihat seperti seseorang yang sangat bangga akan budaya dan berani menjadi anti mainstream dengan mempelajari bahasa daerah alih-alih bahasa negeri orang. Selain itu, dibutuhkan seseorang yang jenius untuk dapat mempelajari bahasa lokal dari banyak daerah di Indonesia yang sering kali tidak tampak benang merahnya antara satu bahasa dengan lainnya. Nah, kalau mempelajari banyak bahasa daerah dengan serius terasa terlalu berat bagimu, mungkin kamu dapat mempelajari kalimat-kalimat yang umum terlebih dahulu. Nah, bagi kamu yang mau nyoba merayu gebetan dengan bahasa daerah, nih YuKepo udah kumpulin terjemahan, “Aku Sayang Kamu” dari lima belas bahasa daerah! Yuk, kepo!

Spoiler for Aceh:


Spoiler for Ambon:


Spoiler for Bali:


Spoiler for Banjarmasin:


Spoiler for Batak:


Spoiler for Bima, NTB:


Spoiler for Bugis:


Spoiler for Dayak:


Spoiler for Indramayu:


Spoiler for Madura:


Spoiler for Malang:


Spoiler for Singkawang:


Spoiler for Sumbawa, NTB:


Spoiler for Sunda:


Spoiler for Toraja:


Benar kan, bahasa daerah di Indonesia ini sangat bervariasi. Kata “aku” saja bisa jadi macam-macam, dari “ku” sampai “nahu”. Kekayaan bahasa daerah ini rasanya sayang jika harus tergerus modernisasi. Oleh karena itu, meski belajar bahasa asing itu baik, namun jangan lupakan pula bahasa daerah kita sebagai identitas budaya kita. Mungkin kita dapat mulai mempelajari bahasa daerah dengan menggunakan frasa-frasa umum dan sederhana dalam bahasa daerah untuk percakapan sehari-hari. Kita bisa juga, lho, menggunakan bahasa daerah untuk merayu gebetan atau pacar. Dijamin dia akan terpukau dengan wawasanmu yang luas! Dicoba, ya!

Sumber: YuKepo

Rate, Comment and Cendol are Appreciated
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
69.2K
263
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.