Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wingchun.masterAvatar border
TS
wingchun.master
Ini Kuliner Indonesia yang Diadaptasi dari Makanan China
- Sejak 4.000 tahun lalu, masyarakat Cina mulai memasuki berbagai kawasan di Indonesia. Pada masa itu, berbagai aktivitas dilakukan. Mulai dari hubungan perbiagaan, hingga sebagian memutuskan untuk menetap di Indonesia.

Salah satu tradisi atau kebudayaan Cina yang masih melekat di Nusantara adalah kuliner. Tak heran, jika warga Indonesia sudah sangat akrab dengan kuliner asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Seperti kwetiau, bakpao, hingga lumpia.

Selain itu, ada beberapa makanan lokal yang banyak dijual di pinggiran jalan dan ternyata berasal dari Cina.

Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi makanan khas Indonesia yang dikenal dunia. Ternyata, pada asalnya makanan ini merupakan kebiasaan masyarakat Cina yang menggoreng sisa nasi.

Kemudian, nasi goreng oleh masyarakat pribumi pun diracik kembali dengan menggunakan bumbu atau rempah-rempah yang ada.

Bakso

Kata bakso berasal dari bahasa hokkian, bak-so yang berarti daging giling. Mulanya, makanan ini terbuat dari daging babi.

Namun, ketika masuk ke Indonesia, diganti dengan daging sapi atau ayam karena menyesuiakan dengan penduduk yang notabene beragama Islam.

Mi Ayam

Biasanya, mi ayam menjadi santapan khas daerah Cina, khususnya di kawasan pelabuhan, seperti Fujian dan Guandong. Mi ayam mulai masuk ke Indonesia terbawa saat proses perniagaan.

Kemudian, makanan ini pun disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia menggunakan rempah-rempah yang lebih memperkuat rasa.

Ronde

Menikmati semangkuk wedang ronde sangat pas ketika cuaca sedang dingin. Banyak yang mengira, jika kuliner satu ini adalah khas dari Indonesia, padahal dari Cina.

Dalam bahasa Cina, ronde disebut tanguyan, berarti reuni keluarga. Barangkali, itu sebabnya, tampilan ronde berwarna-warni menggambarkan sebuah keluarga.

Siomay

Makanan ini masih dalam keluarga dim sum. Siomay diambil dari kata shaomai. Masyarakat Cina biasanya menggunakan daging babi cincang, dibungkus kulit yang terbuat dari tepung.

Sesampainya di Indonesia, isi siomay diganti menjadi daging ikan atau ayam cincang. Dan kini, siomay pun menjadi makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia, khususnya kawasan Jawa Barat.

https://sportourism.id/street-food/d...tasi-dari-cina
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
26.4K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.