Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faisal260593Avatar border
TS
faisal260593
Begini cara buat Rantai MoTor GP
Dengan sistem pergerakan dan perputaran roda, menjadi sistem yang paling penting dalam pergerakan sebuah motor. Namun dibutuhkan rantai yang sangat kuat untuk menghubungkan gear dengan roda untuk membuat sebuah motor MotoGP dilajukan dengan kecepatan tinggi. MotoGP melalui website resminya motogp.com (29/8/2017) menjelaskan bagaimana sebuah rantai untuk motor MotoGP dibuat.


motogp.com
Pabrik yang membuat rantai untuk setiap motor MotoGP adalah DAIDO Kogyo. Perusahaan ini telah beroperasi selama 83 tahun lamanya sebagai pabrik rantai motor, aluminium aloy dan pelek baja sejak tahun 1933. Di pabrik ini sebuah rantai dibuat berasal dari bahan dasar material kemudian didesain sampai dengan perakitan menjadi sebuah rantai. Rantai pun dibuat dengan teknologi yang canggih. Setelah menjadi sebuah rantai, rantai pun harus diuji coba dengan kecepatan yang sesuai dengan perputaran roda motor MotoGP.


motogp.com
Ada beberapa tahapan dalam pembuatan rantai yaitu dengan mendesain bentuk, mencetaknya, dan treatmen pemanasan bagian rantai. Tahap penyelesaian dengan memoles rantai itu dan merakitnya menjadi sebuah rantai yang baik juga dilakukan. Termasuk dalam pengawasan bentuk rantai yang terbaik, mempacking dan mendistribusikan produk.


motogp.com
Tahap pertama adalah pencetakan lubang-lubang pada rantai yang berasal dari lembaran alumunium alloy. Lembaran itu dicetak dengan mesin kemudian menghasilkan kepingan-kepingan rantai dengan 2 lubang.


motogp.com
Setelah terbentuk kepingan-kepingan rantai, tahap kedua adalah memotong bagian lain yaitu batang kawat menjadi batang kecil-kecil. Kepingan atau lempengan rantai dan batang kawat kecil-kecil kemudian masuk dalam proses pembersihan dan pemanasan dengan menggunakan api.


motogp.com
Barulah setelah dibersihkan dan dipanaskan, bagian-bagian itu dirakit, batang-batang kawat dimasukan ke dalam lubang pada kepingan itu dengan menggunakan mesin. Setelah itu bagian kecil-kecil digabungkan menjadi sebuah rantai.


motogp.com
Rantai ini dengan tipe X-ring drive yang telah dikembangkan sejak 1987. Rantai dengan performa superior dengan gesekan yang renda, rantai yang kuat dan dapat merespon gerakan secara cepat dan langsung. Rantai ini juga diadaptasi oleh tim pabrikan Yamaha dan juga berkontribusi pada kemenangan yang diraih oleh pembalap-pembalap Yamaha termasuk Valentino Rossi dan Maverick Vinales.
0
2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.