gakbolehcutiAvatar border
TS
gakbolehcuti
Foto-foto Proses Pembangunan Tugu Monas
Berkunjung ke Jakarta, jangan sampai nggak foto-foto di Monas gan. Iya, tugu yang jadi ciri khas Ibukota Jakarta ini selain jadi ikon, juga merupakan monumen peringaran yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Dibangun di tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Soekarno, Monas dibuka untuk umum tanggal 12 Juli 1975 gan. Yang bikin monumen ini beda adalah ada mahkota lidah api yang dilapisi lembaran emas.



Peletakan beton pertama sebagai pondasi utama bangunan di tahun 1961 oleh Presiden Soekarno



Buat yang penasaran, di tahun 1963 begini nih bentuk pondasi, dinding tugu bagian dasar dan bantuk bangunan yang menjulang udah selesai. Tapi sempat terhenti karena peristiwa G-30S/PKI.



Tahapan pembangunan selanjutnya di tahun 1969 sampai tahun 1976.



Ide membangun Monas ternyata udah ada dari tahun 1949, 4 tahun setelah Indonesia merdeka. Saat itu Presiden Soekarno ingin menunjukkan kalau Indonesia juga punya kedaulatan dengan sebuah bangunan kayak negara-negara lain.



Dari sayembara, akhirnya terpilih Frederich Silaban karena rancangannya bisa bertahan kokoh dan mewakili karakter bangsa Indonesia.



42 tahun sejak diresmikan, Tugu Monas tetap berdiri kokoh dengan mahkota lidah api yang dilapisi emas dan menjadi ikon dari ibukota Jakarta.

Agan udah pernah ke Monas belom? emoticon-thumbsup

Sumur
anasabila
4iinch
liee
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
5
57.5K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.