• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jalan Rusak Ini Membuktikan Orang Indonesia Pintar Bikin Fakta Miris Menjadi Komedi

jawaraedanAvatar border
TS
jawaraedan
Jalan Rusak Ini Membuktikan Orang Indonesia Pintar Bikin Fakta Miris Menjadi Komedi

HT PERTAMA ANE
TERIMAKASIH UNTUK SEMUANYA



Kreativitas orang Indonesia sebenarnya sudah sering dibuktikan melalui banyak hal. Seperti kemampuan hebat warganet Indonesia dalam menulis komentar di media sosial hingga kejeniusan orang Indonesia dalam memanjangkan episode sinetron yang awalnya puluhan hingga menjadi ribuan. Aksi-aksi seperti ini sesungguhnya membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi dan imajinasi yang liar. Namun, bukan hanya dalam bidang membuat komentar dan sinetron saja, orang Indonesia ternyata juga sangat kreatif dalam menghadapi berbagai kesulitan dan persoalan yang ditemuinya sehari-hari, misalnya persoalan jalan yang berlubang.

Tidak dapat disangkal, luasnya wilayah Indonesia dan bentuknya yang berupa kepulauan memberikan kesulitan tertentu bagi pemerintah untuk dapat menyediakan infrastruktur yang baik dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Maka, tidak heran jika banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki infrastruktur jalan yang mumpuni. Namun, bukan hanya ketiadaan infrastruktur jalan yang baik, banyak juga jalanan di Indonesia yang tadinya sudah dibangun dengan baik, namun lantas menjadi rusak dan berlubang karena berbagai faktor.

Tentu saja jalan yang berlubang menjadi suatu bentuk keresahan tersendiri di masyarakat. Karena berbeda dengan jalan yang memang belum diaspal, jalan yang berlubang lebih rawan menimbulkan kecelakaan untuk pengguna jalan. Pasalnya, jika jalan belum diaspal dan memang sulit dilewati, pengguna jalan akan berkendara dengan lebih hati-hati. Sementara jika jalan sudah halus diaspal, namun ternyata berlubang, pengguna jalan tidak akan terlalu berhati-hati dan bisa saja terjatuh karena lubang yang tidak diantisipasi keberadaannya tersebut. Maka dari itu, masyarakat biasanya akan menaruh penanda jalan berlubang untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Dengan kekuatan kreativitas orang Indonesia yang hebat, mereka dapat mengubah fakta miris jalanan berlubang menjadi lelucon yang justru menghibur sekaligus menyindir aparat pemerintah yang belum membenahi lubang tersebut. Penasaran? Yuk, kepo!

Spoiler for 1. Jalur Pantura adalah salah satu ruas jalan yang paling banyak menderita lubang. Jadi nggak salah kalau disebut sebagai Jebakan Batman.:

Spoiler for 2. Kabarnya sih banyak jalanan rusak karena dana pembuatan jalan dikorupsi oknum-oknum tertentu. Pantas orang Jogja bilang jalanan ini dijual.:

Spoiler for 3. Nggak salah juga kalau jalan berlubang dipasangi boneka yang sedang memancing karena pemerintah juga suka mengatakan kalau jalan rusak diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi.:

Spoiler for 4. Sementara di Jawa Tengah, jumlah lubang jalan dikabarkan mencapai angka 18.000. Nggak heran warga Klaten menyindir pemerintah dengan rambu ini:

Spoiler for 5. Di daerah Sumatera Selatan, sebanyak 10% dari total jalan nasional mengalami kerusakan dari ringan hingga berat. Jadi, nggak salah kalau jalan di Lampung ini jadi kawasan wisata jeglongan 1000:

Spoiler for 6. Sayangnya, hukum di Indonesia terkait kewenangan penyelenggaraan jalan justru membuat bingung. Mungkin memang yang bisa kita lakukan ya cuma menikmati jalan berlubang seperti kata rambu ini.:

Spoiler for 7. Sisi positifnya, fakta miris jalanan berlubang di Indonesia berhasil menggerakkan masyarakat untuk membentuk komunitas khusus yang mengurusi hal ini. Salah satu bentuk aksi komunitasnya adalah menandai jalan berlubang dengan cara yang menarik seperti ini:


Terbukti kan bahwa orang Indonesia itu sangat pintar dalam mengubah penderitaan menjadi lelucon satire?

Spoiler for sumur:






Diubah oleh jawaraedan 30-08-2017 19:33
tien212700
tien212700 memberi reputasi
2
43.6K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.