skydaveeAvatar border
TS
skydavee
Kejadian Serba Gratis Yang Berakhir Tragis


Siapa yang tidak tergiur dengan kata-kata gratis? Jangan kata gratis, dipancing dengan kata discount 50+20% aja pada kelonjotan kayak ikan patin lompat dari bak. Klepak klepek.

Atau dengan slogan "harga kaki lima, kualitas bintang lima". Udah deh, ramai-ramai pada berebut.

Gratis, arti gampangnya adalah: tidak memerlukan apapun sebagai ganti atas barang maupun jasa tertentu. Tentu saja, sangat manusiawi sekali jika kata ini mengandung kesaktian bak batu celup punya Ponari beberapa tahun silam. Ditambah lagi roda perekonomian saat ini masih merangkak tertatih-tatih demi menemukan kondisi yang stabil.

Animo masyarakat terhadap kata gratis kadang diluar nalar. Bagi mereka yang memang sedang kekurangan secara ekonomi, adalah sebuah pemakluman atas hal tersebut. Lagian, golongan ini memang sudah seharusnya mendapatkan berbagai gratis-gratis dalam bentuk apapun.

Tapi coba perhatikan deh. Selain orang yang miskin harta, ada juga beberapa orang yang miskin "malu" dan turut dalam acara berbau gratis ini. Pakaian nyentrik, kadang pake arloji mahal. Ironisnya mereka ikut antre gratisan, sementara mereka orang cukup berada. Pernah liat gansis?

Selain sukses mengundang ketertarikan masyarakat tentang hal yang "gratis", even seperti ini juga seringkali berakhir dengan kericuhan. Entah karena masyarakat tidak memiliki stok sabar didalam hati mereka, bisa pula dipicu ketidaksiapan panitia penyelenggara acara ini. Sayangnya, kejadian pilu seperti ini tidak pernah dijadikan pelajaran bagi siapapun yang berniat menggelar event bertajuk "gratis". Tidak hanya menyisakan kepiluan, seringkali bahkan harus merenggut korban.

Mari kita simak, beberapa event berbau gratis yang berakhir dengan tragis serta menyisakan tangis. Ada juga sih yang meringis.
Yuk, siapkan tongsis. Kita mau selfie...

1. ES KRIM GRATIS Di SURABAYA
Kota yang terkenal dengan sebutan kota Pahlawan ini menjadi kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Karena dekat dengan laut, cuaca di kota ini sangat panas.

Kota yang pernah menjadi kota terbaik di tangan dingin bu Risma ini, sempat heboh dengan acara yang diselenggarakan salah satu produsen es krim yang cukup terkenal.

Spoiler for Iki jenenge Taman Bungkul:


Karena besarnya animo masyarakat serta kurang sigapnya panitia, acara bertajuk pembagian es krim gratis ini sukses meluluhlantakkan taman bungkul.

Spoiler for Remek cuk...:


Amarah luarbiasa diekspresikan oleh walikota perempuan pertama di kota Surabayaini. Taman yang dirawat dengan baik, hancur berkeping-keping karena terinjak masyarakat yang berebut es krim gratis.
Sudah tahu berapa harga es krim termahal? Haruskah menjadi buas dan liar gara-gara es krim gratis? Udah ga sanggup beli?


2. ES KRIM GRATIS Di YOGYAKARTA
Sama halnya di Surabaya, acara bagi-bagi es krim di Alun-alun Selatan Yogyakarta pun berakhir ricuh.
Salah seorang peserta, sebut saja namanya bunga, menuturkan pada liputanskydavee.com, kericuhan dimulai pada pukul 08.30.

Membludaknya peserta acara ini diluar antisipasi panitia. Peserta berebut untuk mendapatkan es krim. Suasana menjadi tidak terkendali saat beberapa orang memecah freezer tempat es krim dan mengambil isinya. Rebutan gratisan ini sampai membawa korban. Seorang anak kecil terinjak-injak karena berdesak-desakan dengan peserta lainnya.

Spoiler for Suasana panas membara gegara es krim...:


Untung lukanya tidak serius. Horor ya? Demi sepotong es krim gratis harus mempertaruhkan banyak hal.

3. FESTIVAL DURIAN Di PASURUAN BERAKHIR RICUH
Setelah dari Surabaya dan Yogya, kita balik arah ke Jatim lagi ya?
Festival ini diselenggarakan sebagai wujud syukur atas nikmat Tuhan yang telah diberikan. Beragam varian duriandipamerkan diajang ini. Seperti jenis montok, eh montong (red), karim, bajul, kakap, sisir dan lain-lain. Panitia menyediakan kurang lebih 1.086 buah durian.

Tapi dasar peserta udah pada kalap dengar kata gratisan, maka tanpa komando dan babibu, langsung diserbu. Pihak panitia kewalahan dengan aksi spartan para peserta.

Bahkan nih, ada ibu-ibu nyaris pingsan. Untungnya berhasil diselamatkan dari kerumunan massa.

Spoiler for Sesuai namanya, maka durian adalah buah yang berduri. Dijadikan rebutan banyak orang. Sip dah. Tuh bapak cerdik pake helm:


Oalah bu... Kok ya nekat ikutan. Apalagi yang diperebutkan itu durian. Bukan duren. Hayooo... Ibu siapa itu? Ngaku...


4. ANGKRINGAN HANCUR GARA-GARA REBUTAN MAKANAN
Habis dari Jatim, kita balik ke Klaten ya? Kota yang terletak antara Solo dan Yogya ini memiliki banyak tempat wisata pemandian. Ada pemandian Cokro, Banyu Mili dan Unggul Ponggok. Kalau mau foto dengan tema air, bisa nih mampir ke Unggul Ponggok.

Ada apa dengan Klaten?

Ceritanya nyaris sama dengan kota-kota yang sudah kita kunjungi. Hal ikhwal tentang pergratisan emang sering berakhir tak sedap.

Kejadian ini terjadi dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Klaten. Pihak penyelenggara menggratiskan makanan angkringan. Sudah tau angkringan itu apa? Maen ke Jateng yuk? Gansis akan menemukan banyak makanan angkringan. Menunya beragam, harganya ga bikin edan. Cobain deh.

Spoiler for Begini namanya warung angkringan:


Nah, karena membludaknya warga yang pada berebut makanan angkringan, alhasil 150 angkringan sukses rusak. Ada yang rusak ringan, adapula yang rusak berat. Salah angkringan itu apa ya? Kok ya tega berebut makanannya, angkringan juga ikutan disikat.
Entahlah...

Spoiler for Apa coba salahnya angkringan ini?:



5. MAKAN GRATIS HUT DEPOK RICUH
Kali ini kita ke Jabar ya? Asyik kan? Jalan-jalan terus...

Cerita itu nyaris sama. Awan yang menggelayut diangkasa seperti enggan untuk berbicara...(lho..kok malah mau bikin puisi...)

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun kota Depok, pemerintah setempat mengadakan tasyakuran dan menggelar acara makan gratis bersama di Balai Kota. Kejadian ini persis sama dengan yang lainnya. Pihak penjaga stand makanan minim, sedangkan peserta membludak. Kericuhan ini bermula dari peserta yang tidak tertib. Warga berdesak-desakan dan saling menyelak antrian. Akibatnya, suasana tidak terkendali. Acara yang seharusnya berlangsung dengan nikmat karena menikmati makanan gratis, berakhir dengan kericuhan. Bahkan banyak baskom makanan tumpah beserta isinya. Bukannya jadi makanan, malah mubazir. Lain kali antri yang tertib ya?

Spoiler for Emak² pada berebut makanan...:



Setelah melihat kejadian gratisan yang sering bikin pingsan di tempat kita, kali ini siapkan perbekalan. Kita mau ke luarnegeri. Udah dapat makanan gratis kan? Simpan buat bekal ya.

6. RICUH PEMBAGIAN MAKANAN Di MOSUL
Mosul itu salah satu kota di Iraq gansis. Setelah invasi diam-diam oleh tentara Paman Sam, negeri itu kacau balau. Masyarakat banyak yang jadi pengangguran. Sementara kondisi ekonomi kian tak menentu.

Spoiler for Fenomena ini kerap terjadi. Kasian ya bre...:


Kericuhan terjadi saat Organisasi pemberi bantuan yang diprakarsai oleh PBB, memberikan bantuan makanan. Mungkin karena kelaparan, warga yang antri tidak sabar dan banyak yang melewati garis antrian. Wajarlah, kondisi seperti inilah yang TS maksud sebagai pembenaran. Karena rusaknya kota ini akibat bencana perang, maka penduduk setempat dilanda kelaparan. Udah ah, bahas kota Mosulini ga usah panjang lebar. Malah bikin sedih. Semoga kekacauan segera berakhir, dan badai lekas berlalu.


7. KONSER GRATIS JUSTIN RUSUH Di NORWEGIA
Jangan pikir yang gratis-gratis bikin ricuh cuma di tempat kita lho. Pada dasarnya, kata gratis emang ampuh. Bahkan negara sekelas Norwegia pun tak kalah mirisnya.

Berawal dari konser gratis Justin Bieber di sana, mengakibatkan lebih dari 78 orang terluka. Menurut saksi mata, sebut saja namanya Mawar, ketidakbecusan panitia mengantisipasi meludaknya penonton menjadi penyebabnya.

Yaelah si mbak, emang urusin orang puluhan ribu yang bringas gampang apa? Kenapa ga pada tertib biar suasananya ga rusuh.

Spoiler for Heiiii... Orang sono juga ga kalah norak...:


Spoiler for Nih cabe-cabean Norwegia...:


Kabarnya lagi, 19 cabe-cabean Norwegiaharus dibawa ke rumah sakit. Sedangkan 49 fans mengalami luka-luka karena berbagai faktor.
Tidak dijelaskan karena faktor apa. Ya, sebut aja faktor x. Jika x= π5, dan y=√9, maka x + y =?

Nah, itu dia gansis. Gara-gara gratis yang berakhir tragis. Siapa sih yang ga suka gratisan? Semua pasti setuju jika kata gratis, mujarab bikin orang jadi kalap.

Pesan moralnya, jika memang kita diberi kecukupan lebih dari suadara-saudara kita yang emang ekonominya kelas bawah, jika ada event gratis terutama menyangkut makanan, kasilah tempat buat mereka. Kali aja mereka belum pernah merasakan nikmatnya es krim berbalur coklat dan almond. Jika berani berkorban demi melihat orang bisa tersenyum bahagia, yakinlah, itu sebuah hal yang bisa membuat kita jadi manusia berharga. Bukan malah ikutan antri demi sebuah kata GRATIS.



Ohya, komen di sini gratis. Tapi yang tertib ya? Biar ga berakhir tragis pula.....



Have a nice weekend...
Salam skydavee...


ref¹)
ref²)
ref³)
ref⁴)
ref5
Diubah oleh skydavee 15-09-2017 23:14
0
55.9K
332
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.