• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menelusuri Jejak Khilafah dan Penerapan Syariah Islam di Indonesia

arancciaAvatar border
TS
aranccia
Menelusuri Jejak Khilafah dan Penerapan Syariah Islam di Indonesia

ASSALAMUALAIKUM AGAN DAN SISTA SEMUA emoticon-Shakehand2
Balik lagi dengan TS yg selalu memberikan Info yang menarik dan tentunya yg tidak kebanyakan agan dan sista tahu.
Quote:



Tidak banyak kaum Muslimin, khususnya di Indonesia, yang tahu bahwa pada bulan Maret kemarin, 88 tahun yang lalu menurut perhitungan Masehi dan 91 tahun menurut perhitungan Hijriah, tepatnya tanggal 3 Maret 1924, Khilafah Islam yang berkedudukan di Istanbul (Turki) diruntuhkan oleh kekuatan penjajah Inggris melalui kaki tangannya, Mustafa Kemal Attaturk. Sepantasnya kaum Muslim prihatin-sebagaimana jutaan umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yang sedih luar biasa saat itu-menyaksikan institusi politik Islam global itu diruntuhkan.

Ya, kita pantas prihatin dan bersedih karena ada beberapa alasan:

Pertama, Khilafah adalah institusi politik yang telah di-nubuwwah-kan oleh Rasul saw. sejak 14 abad yang lalu:.

“Dulu Bani Israil selalu dipimpin dan dipelihara urusannya oleh para nabi. Setiap nabi meninggal, nabi lain menggantikannya. Sesungguhnya tidak ada nabi sesudahku. Akan tetapi, nanti akan ada banyak khalifah.” (HR al-Bukhari dan Muslim)

Kedua, Khilafahlah yang lebih dari 13 abad mengayomi dan mempersatukan kaum Muslim sedunia, dengan seluruh kemajuan peradabannya, kejayaan institusinya dan kemakmuran warga negaranya. Bahkan kaum Muslim Indonesia pun pernah merasakan perhatian dan kepedulian Khilafah Islam; sesuatu yang tidak banyak diketahui oleh kaum Muslim sendiri di negeri ini.

Namun demikian, tulisan berikut tidak dimaksudkan untuk “meratapi” keruntuhan Khilafah Islam. Tulisan ini lebih ditujukan agar kita tidak mudah melupakan begitu saja sejarah kita sendiri sebagai umat Islam, khususnya di Indonesia, yang diakui atau tidak, banyak diwarnai oleh warna Islam. Kita sebagai bangsa yg cerdas tidak boleh memandang sebelah mata sejarah kita sendiri. Begitu juga yang dikutip dalam salah satu pidatonya Bung Karno yang berjudul "Jangan sekali kali melupakan sejarah (JAS MERAH)

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:


Quote:

Quote:


Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:

Quote:

Sekian trit dari TS semoga nambah ilmu dan wawasan untuk kita semua. untuk referensi sumbernya udah ane tandain ya buat lebih di cari infonya valid atau kaganya. Jangan mengetahui sejarah dari sebelah mata yg selalu ditutup tutupi oleh pihak yang tidak menyukai akan kebenaran emoticon-I Love Indonesia

KASKUSER YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN JEJAKemoticon-Shakehand2
JANGAN LUPA RATE YA GAN SISemoticon-Rate 5 Star
SYUKUR SYUKUR DIKASIH CENDOL emoticon-Toast
Diubah oleh aranccia 27-08-2017 19:56
0
11.1K
70
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.6KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.