Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

085289695230Avatar border
TS
085289695230
Pohon-pohon raksasa di dunia, Salah satunya di indonesia
Tumbuhan merupakan penyokong kehidupan manusia, semua aspek kehidupan di kelola oleh tumbuhan. Mulai dari energi matahari hingga semua partikel disekitarnya dimanfaatkan untuk terus tumbuh menyediakan sumber energi bagi mahluk lainya. Hal ini membuktikan bahwa tumbuhan merupakan Kingdom yang sangat penting di bumi kita tercinta ini.

Bentuk tumbuhan pun berbeda-beda sesuai dengan linkungan sekitarnya. Ada yang bisa mengapung di air, mengelantung di tumbuhan lain dan ada pula yang ukuranya sangat besar. Nah biasanya tumbuhan yang memiliki ukuran yang besar merupakan tumbuhan dari kelompok pepohonan, hal ini dikarenakan pepohonan memilki struktur kambium dan sel batu yang keras untuk menompang masanya yang besar(dikotil).


Namun ada beberepa jenis tumbuhan/pohon yang ukuranya melebihi perkiraan manusia, kenapa bisa seperti itu? simak penjelasanya dibawah ini.

Berikut pohon-pohon raksasa yang ukuranya sangat besar


1.Sequoiadendron giganteum


Mungkin nama pohon ini tidak asing di telinga kalian lantaran sering dimuat di buku pelajaran biologi sma. Namun perlu diketahui bahwa pohon ini merupakan salah satu pohon terbesar di planet ini sahabat UCers sekalian. Sequoia tertinggi di dunia saat ini(Hyperion Tree) ukuranya mencapai 115 meter, bandingkan dengan mahluk terbesar di dunia yang masih hidup yaitu paus biru yang hanya berukuran maksimal 33 meter. Bahkan lebih mencengangkan lagi umurnya dapat mencapai 3000 tahun, cukup untuk melihat perkembangan peradaban manusia secara lengkap bukan?

2. General Sherman


Kalau yang tadi diukur tingginya maka General sherman tidak akan menyamai ukuran sequia tadi. Namun jika dihitung volume total dari sebuah pohon maka General sherman merupapakan pohon terberat di dunia ini. General sherman bukan hanya pohon terbesar di dunia yang masih hidup, namun juga organisme hidup terbesar di muka Bumi. Umurnya 2.100 tahun, berat 1.250 ton, tinggi 83 meter, dan diameter pohonnya mencapai 31 meter.



3. Fitzroya cupressoides




Alerce (https://www.savetheredwoods.org/blog...-the-equator/)


Jika tadi ada pohon terbesar dan terpanjang maka pohon bernama alerce ini merupakan tumbuhan dengan umur terpanjang di dunia. Mereka dapat tumbuh dan berkembang hingga umur 5000 tahun. Sungguh waktu yang sangat panjang yang dapat dijalani sebatang pohon ini.



4.Arbol del Tule




https://www.flickr.com/photos/jaco/


Nah kalau tadi diukur menurut tinggi dan volume maka pohon yang satu ini merupakan pohon dengan diameter yang paling besar sahabat UCers sekalian. Diameternya mencapai 11,62 meter loh, dan usianya termasuk tua yaitu 1400 tahun.



5. Pohon ulin terbesar(Indonesia)




http://berita.dreamers.id/article/45...a-di-indonesia


Indonesia merupakan negara megabiodversiti atau dengan kata lain merupakan gudangnya beragam mahluk hidup. Maka tak heran jika ditemukanya pohon ulin terbesar di dunia ini di indonesia atau tepatnya di kalimantan timur. Ukuranya mencapai ketinggian lebih dari 20 meter dan berdiameter sekitar 2,47 meter. Sebenarnya pohon ini pada awalnya berukuran tinggi mencapai 30 meter namun dikarenakan peristiwa sambaran petir menyebabkan pucuknya hilang. Usianya mencapai 1000 tahun lebih berdasarkan tes karbon(tes waktu paruh karbon yang ada di partikel pohon tersebut)



Sekian pos kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan para sahabat UCers sekalian.



sumber referensi : https://www.treehugger.com/natural-s...-sequoias.html

0
20.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.