Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trimbel6288Avatar border
TS
trimbel6288
Apa, Siapa Dan Dimana Diego Garcia?
Apa, Siapa Dan Dimana Diego Garcia?

Jika kita mendengar namanya Diego Garcia yang pertama terbesit dalam benak kita adalah nama orang. Tapi yang kita bahas ini adalah karang atol dan pulau terbesar di Kepulauan Chagos.

Awalnya pulau Diego Garcia dimiliki oleh Spanyol dan bernama Don Garcia. Setelah dimiliki Inggris berganti nama menjadi Diego Garcia. Dan hingga saat ini Diego Garcia merupakan salah satu pulau milik Inggris yang berada di Samudra Hindia.

Apa, Siapa Dan Dimana Diego Garcia?

Pada 30 Desember 1966, Inggris dan Amerika Serikat menyetujui sebuah perjanjian dimana Amerika Serikat bisa menggunakan pulau ini sampai tahun 2016 dan selanjutnya diperpanjang hingga tahun 2036.

Amerika Serikat kemudian memanfaatkan pulau Diego Garcia sebagai pangkalan militer. Seperti yang kita tahu bahwa pangkalan militer Amerika Serikat tak hanya di Pentagon tapi juga ada beberapa diluar negeri.

Apa, Siapa Dan Dimana Diego Garcia?

Letak geografis Diego Garcia yang terletak di tengah- tengah Samudra Hindia ini sangat menguntungkan bagi Amerika Serikat untuk melancarkan kegiatan militernya. Walaupun jauh berada di tengah samudra dan jauh dari kegiatan publik tapi mendukung keamanan dan kerahasian militernya. Hanya prajurit pilihan yang kuat baik fisik maupun mental ditempatkan di pulau ini.

Disamping itu pulau Diego Garcia juga tertutup untuk publik baik untuk kegiatan nelayan maupun eksploitasi minyak dan gas bumi. Bahkan menutup teritori perairan hingga 6 km dari garis pantai bagi akses publik. Hanya pesawat dan kapal yang memiliki izin yang boleh memasuki kawasan tersebut.

Apa, Siapa Dan Dimana Diego Garcia?


sumur : www.wikipedia.com/diego_garcia

0
5.7K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.