• Beranda
  • ...
  • Health
  • Radang Amandel Terbukti Disebabkan oleh 5 Makanan Ini

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Radang Amandel Terbukti Disebabkan oleh 5 Makanan Ini


Anda tentunya sudah sangat familiar dengan penyakit radang amandel. Ya, kondisi kesehatan yang dikenal juga sebagai tonsilitis di dunia medis ini umumnya dipicu oleh meradangnya amandel, atau tonsil, akibat paparan bakteri ataupun virus.

Ternyata, selain karena bakteri dan virus, radang amandel juga bisa dipicu oleh beberapa hal, lho! Salah satunya adalah karena konsumsi 5 jenis makanan berikut ini:


1. Makanan pedas



Jenis makanan pertama yang dapat memicu peradangan amandel adalah makanan yang terlampau pedas, seperti rujak dan petis. Alasannya tidak lain karena makanan bercita rasa pedas dapat merangsang produksi asam lambung. Jika sudah begitu, asam lambung akan perlahan naik hingga ke tenggorokan, sehingga mengiritasi tonsil. Karenanya, tidak heran jika kemudian tonsil atau amandel mengalami peradangan.


2. Makanan panas atau dingin



Kondisi iklim di sekitar memang seringkali membuat Agan menginginkan konsumsi makanan tertentu. Contoh, saat udara panas, semangkuk es campur akan terasa sangat menggoda. Begitupun saat musim hujan, secangkir wedang panas pasti banyak menjadi buruan.

Namun, bagi yang memiliki riwayat radang amandel, ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan maupun minuman panas yang terlampau panas maupun dingin. Kenapa? Karena paparan suhu yang ekstrem ternyata dapat memicu peradangan pada amandel.


3. Gorengan



Menyukai gorengan, seperti bakwan dan tahu isi? Sah-saja, asalkan Agan selalu memperhatikan jumlah konsumsinya. Apalagi jika terbukti memiliki amandel yang rawan mengalami peradangan, maka ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan yang diproses dengan cara digoreng. Alasannya karena minyak pada gorengan terbukti dapat mengiritasi amandel sehingga memicu peradangan. Jika sudah begitu, Agan akan lebih rawan mengalami komplikasi dari peradangan amandel itu sendiri, seperti susah menelan hingga demam.


4. Makanan asam



Tahukah Agan, bahwa makanan berasa masam ternyata dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal sehingga memicu peradangan pada amandel? Karena alasan inilah, umumnya dokter akan menyarankan Agan untuk menghindari konsumsi beberapa jenis bahan pangan, seperti mangga muda atau nanas, agar amandel tidak meradang.


5. Makanan asin & berpenyedap rasa



Bagi Agan yang sering mengalami peradangan amandel sejak masih kecil; tentu seiring mendapatkan teguran dari orangtua agar tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin dan berpenyedap rasa, seperti keripik dan snack. Ternyata, ini bukan cuma isapan jempol semata, lho!

Alasannya tidak lain karena kandungan MSG serta garam yang terlampau tinggi pada makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada amandel. Terlebih lagi bagi anak-anak, risiko peradangan akan semakin besar karena pada rentang usia tersebutlah amandel sedang dalam masa aktifnya.


Itu tadi 5 jenis makanan yang baiknya dihindari agar Agan terhindar dari radang amandel. Semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
35.1K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.