Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Media IndonesiaAvatar border
TS
Media Indonesia
Saracen Patok Harga Kampanye Hitam Rp72 juta



DALAM menjalankan aksisnya, kelompok SARACEN kerap mengajukan proposal kampanye politik via media sosial bertemakan isu SARA. Satu proposal bernilai seitar Rp72 juta yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa tersebut.



Adapun rincian dana proposal itu, SARACEN mematok harga Rp 15 juta untuk jasa pembuat website. Lalu untuk membuat Buzzer, Saracen memiliki 15 anggota yang akan diberikan upah selama sebulan sebanyak Rp 45 juta. 5 orang koordinator Rp 5 juta, dan Rp 7 juta untuk 2 orang wartawan.



Biaya tersebut belum termasuk honor bagi Ketua grup SARACEN yaitu JAS (32), yang bertugas untuk mengunggah postingan provokatif mengandung isu SARA. Dia meminta upah sebesar Rp 10 juta per bulannya.



Setelah proposal itu disetujui, Saracen akan menyiapkan materi yang bernuansa kebencian yang akan mereka viralkan melalui media sosial. Materi yang mereka siapkan antara lain seperti artikel maupun meme yang isinya menyuduktan suku, agama, maupun salah satu ras tertentu.



Media Indonesia pun sempat menanyakan langsung kepada JAS terkait proposal penawaran kampanye SARA via media sosial tersebut, namun JAS berkelit bahwa proposal itu dibuat hanya untuk kepentingan contoh perbandingan harga, bukan untuk jasa kampanye isu SARA.



"Yang eksekusi bukan Saracen, hanya sebatas membuat contoh anggaran," ungkap JAS.



Kepolisian telah menangkap pelaku yang diduga menyebarkan ujaran kebencian terkait SARA melalui media sosial grup Facebook Saracen. Mereka menjadikan informasi hoax, ujaran kebencian sebagai komoditas bisnis.



Dalam kasus ujaran kebencian ini, tiga pelaku yang telah ditangkap yakni JAS, 32; MFT, 43; dan SRN, 32. JAS selalu ketua dan bertugas merekrut anggota dengan melalui unggahan provokatif sesuai tren isu SARA yang berkembang. (OL-7)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...uta/2017-08-25

---

Kumpulan Berita Terkait :

- IS Kampanyekan Perang di Marawi

- Ronaldo Lampaui Messi Sebagai Pemain Terbaik Eropa

- Madrid di Grup Berat Bersama Dortmund dan Spurs

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Media Indonesia
Media IndonesiaKASKUS Official
30.6KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.