romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
5 Cara Bantu Kerabat Dekat Atasi Depresi


Di tengah isu soal pelarangan sepeda motor di dua ruas jalan utama Jakarta, kita masih belum move on dari masalah depresi yang sempat juga jadi pemicu banyaknya kasus bunuh diri belum lama ini.

Nah, perlu diketahui nih Gan Sis, bahwa kita juga bisa berperan lho dalam membantu kerabat yang merasakan depresi. Orang-orang yang sedang sulit menjalani hidupnya itu butuh teman yang bisa mendengarkan. Sesimpel mendengarkan bisa membantu mereka banget.

Lebih jauh lagi, berikut lima caranya dirangkum dari artikel detikHealth Kamis (24/8/2017):

1. Bantu berpaling dari masa lalu



Lihat apa yang menyebabkan kerabat kita mengalami depresi, Gan. Apakah karena masa lalunya? Nah, yang bisa kita lakukan adalah bikin mereka untuk lupa dengan masalah itu dan fokus menjalani masa kini.

Menurut Chief Science Officer, dr Andrew Shatté, hindari statement-statement yang bisa merendahkan mereka. Bantu mereka untuk berhubungan kembali dengan momen saat ini. Sesimpel misalnya kita bisa minta mereka untuk memejamkan mata, memerhatikan tubuh mereka atau apa yang terjadi di sekitar mereka. Merasakan telapak kaki menyentuh tanah, dan hal-hal sederhana yang bikin mereka menikmati hidup mereka saat ini.

2. Ajak mereka bergerak



Orang yang depresi butuh ketenangan. Salah satu caranya adalah mengatur napas, menarik napas dalam-dalam demi mengurangi rasa gelisah.

Bernapas mendalam bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang bisa menyeimbangkan saraf simpatik dan usahanya buat menenangkan tubuh. Ajak juga mereka berolahraga atau jalan-jalan supaya ada motivasi untuk keluar dari perasaan depresi.

3. Bantu mendapatkan perspektif baru



Nggak gampang memang berhadapan dengan mereka yang depresi. Karena biasanya mereka punya sudut pandang yang sempit dan nggak berkembang. Makanya itu susah untuk menghilangkan perasaan depresinya.

Arahkan mereka menuju perspektif baru. Ajak bicara, beri saran-saran yang positif, dan dorong mereka supaya mau bangkit dan berikan asupan pikiran-pikiran positif.

4. Tanyakan 'lalu mau apa habis ini?'




Nah, kalau mereka akhirnya berhasil menemukan perspektif baru, tanyakan ke mereka 'abis ini mau apa?'. Tujuannya supaya bisa merencanakan sesuatu yang baru di kemudian hari. Supaya siap menghadapi kemungkinan terburuk nantinya.

5. Berikan hal positif



Yang paling penting kita harus selalu memberikan mereka hal-hal positif dan pikiran-pikiran positif. Dengan begitu mereka bisa mengatasi dan menghilangkan rasa depresinya.

Sumber.
emoticon-Keep Posting Gan
0
11.2K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.