Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

puanazzzbunkAvatar border
TS
puanazzzbunk
Saksikan Gerhana Matahari Total Langsung, Donald Trump Dicemooh
Saksikan Gerhana Matahari Total Langsung, Donald Trump Dicemooh

Saksikan Gerhana Matahari Total Langsung, Donald Trump Dicemooh

TEMPO.CO, Washington—Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadi cemoohan publik maupun media karena menyaksikan fenonema langka gerhana matahari total secara langsung tanpa kacamata pelindung.

Seperti dilansir CNN, Selasa 22 Agustus 2017, Trump menyaksikan fenomena alam itu bersama istrinya Melania Trump dan anak bungsunnya, Barron di Gedung Putih.

Meskipun para pakar telah mengingatkan warga Amerika Serikat bahwa menyaksikan gerhana matahari total tanpa kacamata pelindung dapat membutakan mata mereka, Trump sebagai orang nomor satu di Amerika itu ngeyel.
Baca: Begini Gaya Ivanka Trump Saksikan Gerhana Matahari Total

Trump tertangkap kamera menyaksikan gerhana matahari total tanpa kaca mata sebanyak tiga kali. “Pada pukul 14.39 (waktu Washington), Presiden menunjuk langit. Seluruh staf Gedung Putih yang berkumpul di Balkon Ruang Biru pun berteriak ‘Jangan lihat’,” demikian laporan wartawan Guardian, Ben Jacobs.

Trump akhirnya mengenakan kacamata pelindung setelah diperintahkan sang istri.

Tak ayal, aksi nekat Trump ini menjadi bahan cemooh seluruh negeri. Bahkan fotonya menyaksikan gerhana matahari total tanpa kacamata menjadi sampul depan harian New York Daily News dengan headline: “Tidak Terlalu Silau.”

Pengguna akun @DisavowTrump16 menulis, “Saat Presiden berpikir semua berita palsu, sehingga ia menyaksikan gerhana matahari total secara langsung.” #SolarEclipse2017

Gerhana matahari total di Amerika Serikat seperti yang disaksikan Donald Trump, terlihat langsung di 14 negara bagian, mulai dari Oregon hingga South Carolina. Wilayah Oregon akan menjadi wilayah dengan durasi gerhana matahari terlama yakni 4 menit 20 detik.

CNN | THE TELEGRAPH | SITA PLANASARI AQUADINI

sumber

Aksi Trump Menatap Langsung Gerhana Matahari

TEMPO.CO, Washington DC - Hanya ada satu aturan terkait gerhana matahari total, yaitu jangan menatap langsung matahari saat gerhana berlangsung.
Namun, peringatan itu tampaknya diabaikan Presiden AS Donald Trump. Di sisi South Portico Gedung Putih, Trump terlihat secara langsung menatap matahari, bahkan di puncak gerhana matahari, tanpa kacamata pelindung apa pun, sebagaimana dilaporkan CNN, Senin 21 Agustus 2017.

“Sekitar pukul 02:39, Presiden awalnya menggerakkan tangan ke kerumunan di bawah dan menunjuk ke langit. Saat ia melakukan hal itu, salah satu asisten Gedung Putih yang berdiri di bawah Blue Room Balcony berteriak 'jangan lihat’," tulis wartawan Guardian Ben Jacobs melaporkan aksi Trump tersebut.
Trump akhirnya menurut, mengenakan kacamata pelindung, seperti yang dilakukan oleh ibu negara Melania Trump dan anak laki-laki mereka, Barron.

"Retina akan menerjemahkan cahaya menjadi impuls listrik yang dimengerti oleh otak, tapi satu hal yang tidak dapat diterjemahkan ke otak Anda adalah rasa sakit. Jadi bahkan jika Anda sangat gembira tentang gerhana dan berpikir melihat sekilas ke matahari sebelum benar-benar bersembunyi di balik bulan adalah hal yang layak, padahal tidak,” tulis wartawan CNN Ashley Strickland.
“Tidak ada pemicu internal yang akan memberitahu Anda bahwa Anda telah melihat matahari terlalu lama. Setiap pengamatan adalah terlalu lama,” tambah Strickland.

Bahaya melihat langsung matahari tanpa pelindung mata juga disampaikan Neil Bressler, dosen ophthalmologi dari John Hopkins University. "Menatap langsung matahari selama beberapa detik tanpa pelindung mata pada saat apapun, bisa menyebabkan kerusakan pada pusat retina," kata Bressler.

Bressler mengatakan, hal itu berlaku juga untuk gerhana matahari parsial, atau bahkan ketika tidak ada gerhana.

Bahkan jumlah paparan gerhana matahari yang sangat sedikit dapat menyebatkan penglihatan kabur atau kebutaan sementara. Masalahnya adalah Anda tidak akan tahu apakah itu berlangsung sementara.
LIVESCIENCE | CNN | ERWIN Z

sumber

Donald Trump Lihat Gerhana Matahari Tanpa Kacamata Jadi Olokan Netizen

Saksikan Gerhana Matahari Total Langsung, Donald Trump Dicemooh

Washington, DC - Menatap matahari langsung dengan mata telanjang saat terjadi gerhana matahari bisa menyebabkan kerusakan mata bahkan kebutaan. Tapi Presiden Amerika Serikat Donald Trump, tampaknya tidak terlalu mempedulikan itu.

Senin (21/8/2017), Donald Trump bersama Melania Trump dan Barron Trump bersama-sama menyaksikan fenomena gerhana matahari di balkon Gedung Putih, Washington, DC, Amerika Serikat. Pria 70 tahun ini muncul ke balkon untuk melihat gerhana matahari.

Tanpa kacamata, Donald Trump tampak mendongakkan matanya ke atas. Ia pun harus diingatkan orang lain karena tindakannya itu.
Donald Trump Lihat Gerhana Matahari Tanpa Kacamata Jadi Olokan NetizenFoto: Reuters
"Jangan lihat! (dengan mata telanjang -red)," teriak seorang ajudan Trump, seperti dikutip dari NY Daily News.

Setelah diperingatkan, Donald Trump akhirnya memakai kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari. Setelahnya, ia tampak mengacungkan jempol.

Tindakan Donald Trump yang mengabaikan keselamatannya sendiri itu dikritik publik dan sejumlah media. Sebagai orang nomor satu di negara adidaya tersebut, Donald Trump dinilai telah melakukan tindakan ceroboh dan mencontohkan sesuatu yang kurang baik serta berbahaya. Bahkan ia harus diingatkan orang lain karena tindakannya itu.

Netizen di social media pun turut mengolok-olok Donald Trump, karena tidak mempedulikan peringatan para ilmuwan dan dokter mata akan bahaya gerhana matahari.

"Trump finally setting up a real blind trust #Eclipse," komentar netizen di Twitter.

"Does the moon have a permit to do that?" #Trump #eclipse," tulis netizen lainnya.

Saat menyaksikan gerhana matahari, memang diharuskan menggunakan kacamata hitam khusus. Kacamata hitam biasa tidak cukup kuat untuk melindungi paparan sinar dari gerhana matahari.

Melihatnya dengan mata telanjang atau tanpa perlindungan bisa berakibat fatal hingga yang paling parah menyebabkan kebutaan. (hst/hst)

sumber
Diubah oleh puanazzzbunk 22-08-2017 04:56
sebelahblog
anasabila
nona212
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
21K
184
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.