Neoprint105Avatar border
TS
Neoprint105
Farah Diba Pahlevi, MaharatuTerakhir dunia
Assalamu alaikum wr wb, Salam Sejahtera untuk kita semua.



Dengan trit ini TS pingin memberi sedikit informasi mengenai Seorang Farah Diba Pahlavi dari Iran, Ia adalah seorang Maharatu terakhir yg ada di dunia. Untuk orang-orang yang pernah hidup di tahun 70an pasti mengenal sosok ini, kecantikan, kepintaran dan tingkah laku Farah Diba merupakan fenonema masyarakat Internasional saat itu, TS pun mengenal sosok ini dari orang tua TS. Kerajaan Iran beserta Shah (Raja) Reza Pahlavi sendiri tersingkir dengan masuknya Revolusi Islam yang di pimpin oleh Ayatullah Ruhollah Khomeini pada tahun 1979



Shahbanu (Empress) atau bahasa Indonesianya Maharatu/Kaisar wanita Farah Pahlavi (Diba) Lahir pada tanggal 14 Oktober 1938 di Teheran, anak satu satunya Perwira militer Kerajaan Iran Sohrab DIba. Ayah Farah Diba seorang lulusan Hukum Universitas Sorbornne Paris, juga lulusan sekolah militer perancis St. Cyr. Asal usul nama keluarga 'Diba' sendiri sebenarnya dari Azerbaijan dan dari kelompok masyarakat Ghotbi yang menempati garis pantai laut Kaspia.


Farah Diba memulai pendidikannya di Sekolah Itali di Teheran lalu pindah ke sekolah Perancis Jeanne D'Arc Teheran dan kemudian melanjutkan dengan beasiswa ke sekolah Arsitektur di Paris. Di Paris inilah ia bertemu bakal suaminya kemudian Shah(Maharaja) Reza Pahlavi dari Iran, yang sebagai seorang kepala negara melakukan kunjungan ke pelajar pelajar Iran di luar negri.


Farah Diba menikah dengan Shah Muhammad Reza Pahlavi pada tanggal 20 Desember 1959 pada usia 21 tahun. Pernikahan mereka sangat megah dan menarik sensasi internasional, Gaun pengantin sang ratu sendiri di rancang oleh Yves Saint Laurent dari Rumah Dior, dan ia mengenakan mahkota Noor-ol-Ain, terdiri dari lebih 300butir berlian dan emas putih seberat 2 kilogran.


Seperti banyak layaknya pendamping Raja. Sang Ratu Pahlavi Diba awalnya merupakan simbol dari sebuah kemaharajaan, Di mulai dari kunjungannya ke Perancis Pada Tahun 1961, sang Ratu Bertemu dengan Mentri Kebudayaan Perancis, dan memulai kerjasama budaya dan peninggalan sejarah dengan Pemerintah Perancis. Selain itu, Ratu juga aktif di dalam hal hal kegiatan sosial, terutama kesetaraan wanita, kesehatan dan bidang pendidikan. Dengan pengaruh suaminya ia berhasil membawa masyarakat tradisional Iran ke lebih modern meningkatkan taraf kesehatan dan berpendidikan. Dengan inisiatif nya, akhirnya Teheran mempunyai, museum seni modern Teheran dan mengembangkan Akademi teknik shiraz menjadi Pahlavi university yang sekarang bernama Universitas Shiraz, yang merupakan salah satu Universitas paling favorit di Iran sampai saat ini.


Karena keberhasilannya memajukan bebebarapa sektor penting di Iran, Ratu Farah Pahlavi di nobatkan menjadi Maharatu pada tahun 1967, mulai saat itu Ratu Farah Pahlavi bukan lagi hanya seorang pendamping Maharaja, tetapi juga seseorang yang mempunyai otoritas tertentu di Kerajaan Iran saat itu. Selama pernikahannya sengan Shah Reza Pahlavi, mereka di karuniai 4 orang putra dan putri;
Pangeran Reza Pahlavi (born 31 October 1960)
Putri Farahnaz Pahlavi (born 12 March 1963)
Pangeran Ali Reza Pahlavi (28 April 1966 – 4 January 2011)
Putri Leila Pahlavi (27 March 1970 – 10 June 2001)



Pada tahun 1978, terjadi revolusi di Iran yang ingin mengakhiri 2500 tahun kemaharajaan Iran, dan menggantikannya dengan Republik Islam(Syiah) Iran yg di pimpim oleh Ayatullah Rohullah Khomeini. Pada Tahun 1979, Keluarga Shah Reza Pahlevi dan keluarga mengasingkan diri ke Mesir dan pemerintahan Iran berubah menjadi Republik Islam(syiah) Iran mulai sejak itu. Shah Reza Pahlavi sendiri Wafat pada Tahun 1981 di Mesir, dan Shahbanu Reza Pahlavi masih hidup dan tinggal di Perancis.


Sebagai Tambahan; Iran Di sebut sebagai Kekaisaran merupakan warisan dari 2500 tahun kekaisaran persia hingga 1979. Berbeda dengan Inggris yang hanya mewarisi dengan Kerajaan (kingdom).

Spoiler for Foto Lainnya:


Sumber-sumber:
http://www.iranchamber.com/personali...farah_diba.php
http://www.aroundtheworldin800days.c...e-last-empress
https://en.wikipedia.org/wiki/Farah_Pahlavi
Diubah oleh Neoprint105 23-08-2017 05:16
3
50.4K
226
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.