Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mudhopilAvatar border
TS
mudhopil
Ayah 'penyerang' Cambrils tuding keterlibatan seorang ulama


Ayah dari dua tersangka pelaku serangan mobil di Cambrils, Spanyol, menuding seorang ulama yang sedang buron yang membuat kedua putranya menjadi radikal.

Hecham Igasi mengatakan kepada BBC bahwa ulama Abdel Baqui es Satti yang bertanggung jawab atas radikalisme Mohamed dan Omar Hychami.

Keduanya termasuk dalam lima tersangka penyerang mobil yang ditembak mati oleh polisi setelah menabrak kawasan pejalan kaki di Cambrils, wilayah wisata tepi laut sekitar 110 km di barat daya Barcelona.

Seorang tewas dalam serangan itu sementara enam lainnya cedera, termasuk seorang polisi.

Serangan tersebut terjadi sekitar delapan jam setelah serangan di kawasan wisata terkenal Las Ramblas di Barcelona, Kamis (17/08) pukul 16.50 waktu setempat.

Seorang sopir mengendarai mobil barang dengan kecepatan tinggi sambil menyetir zig-zag untuk menabrak para pejalan kaki sebanyak mungkin sehingga menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai 100 lebih lainnya.

Polisi masih mencari seorang pria yang diduga merupakan sopir mobil barang di Barcelona. Walau tidak menyebut namanya namun diyakini dipastikan pria itu adalah Younes Abouyaaqoub, yang berusia 21 tahun dan lahir di Maroko.

Delapan dari tersangka yang terkait dengan serangan di Barcelona dan Cambrils berasal dari kota Ripoll, tempat ulama Abdel Baqui es Satti berkotbah.

Ulama itu disebut meninggalkan masjid di Ripoll pada bulan Juni untuk sebuah perjalanan panjang ke Maroko namun seorang teman di tempat tinggalnya mengatakan melihatnya di Ripoll pada Selasa (15/08).

Kepala Kepolisian Katalunya, Josep Lluis Trapero, menjelaskan kepada para wartawan bahwa sel para penyerang terdiri dari 12 orang dan sudah merencanakan serangkaian serangan selama enam bulan belakangan.

Serangan di Barcelana dan Cambrils terjadi setelah ledakan yang mengancurkan sebuah rumah di Alcanar, di sebelah selatan Barcelona, dan di rumah tersebut terdapat sejumlah botol gas propane dan butan.
Polisi mengatakan ada hubungan antara ledakan di rumah tesebut dengan serangan di Barceloba dan Cambrils.

"Kami mulai melihat dengan jelas bahwa (rumah di Alcanar) adalah tempat mereka merencanakan bahan peledak untuk satu serangan atau lebih di Barcelona," jelas Trapero.

"Kami tidak dalam posisi untuk mengatakan hal yang menyebabkan radikalisasi dari orang-orang ini."

Dia tidak menutup kemungkinan bahwa tesangka yang masih buron sudah melintasi perbatasan ke Prancis walau 'tidak ada informasi khusus tentang itu'.

http://www.bbc.com/indonesia/dunia-40994193



Salah satu donatur di masjid ripoll

emoticon-Traveller
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.