Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jenglotasikAvatar border
TS
jenglotasik
Yusril Pandang Judicial Review UU Pemilu ke MK Berat


Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Izha Mahendra menyebut pengujian Undang-Undang (UU) Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) sangat berat. Ia menyebut sudah 4 kali UU itu diajukan di MK dan selalu ditolak.

"Kita sudah 4 kali ajukan pengujian UU ini di MK dan selalu ditolak. MK selalu mengatakan, meskipun seandainya UU itu dinilai buruk bukan kemudian berarti inkonstitusional," ujar Yusril dalam diskusi yang berlangsung di Kantornya, DPP PBB, Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017).

Yusril mengatakan, MK menyatakan tidak mungkin pihaknya membatalkan UU yang ditetapkan oleh lembaga yang berwenang secara sah. Oleh karena itu Yusril menyebut jalannya maju pada Pilpres 2019 bisa tertutup akibat syarat presidential threshold 20 persen tersebut.

"MK menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa membatalkan suatu UU yang merupakan kewenangan suatu lembaga pemerintah yang sah atau open legal policy. Kecuali secara nyata melanggar moralitas, rasionalitas dan ketidakadilan yang intolerable," tuturnya.

Padahal menurutnya ketiga hal tersebut bukanlah hal yang dapat diputuskan secara eksplisit. Karena itu ia menyimpulkan perjuangan menguji UU tersebut ke MK hampir sia-sia.

"Jadi sudah jelas dapat dipastikan pengujian UU ini akan ditolak oleh MK. Jadi ini berat. Apalagi ketiga hal itu tadi merupakan sesuatu yang tidak eksplisit dalam konteks konstitusi tapi lebih ke persoalan hukum. Jadi bagaimana kita mau debat di MK, jadi ini berat," katanya.

Yusril sebelumnya diketahui berniat maju pada Pilpres 2019 mendatang dengan dukungan PBB. Namun niatnya tersebut terhalang akibat UU Pemilu yang mensyaratkan calon presiden untuk diusung parpol yang memperoleh suara sah 20-25 persen di Pilpres sebelumnya.
(hld/nvl)



Gimane sih, jadi harepan, malah matahin semangat..........

emoticon-Traveller



https://news.detik.com/berita/d-3607...395.1502947831
0
1.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.