Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ladystoneheartAvatar border
TS
ladystoneheart
Great House dalam Game of Thrones




Valar Morghulis gan!! Sambil menunggu episode akhir diseason 7 ini, ane mau sedikit cerita tentang beberapa Great House dalam Tv series yg paling populer didunia "Game of Thrones".
Siapin kopi dulu bre, karena thread cukup panjang. ☕
Ane saranin yg belum nonton jangan baca karena penuh "SPOILER" 😂



House Targaryen




Targaryen berasal dari peradaban kuno Valyria. Membawa naga dari benua belahan timur dan menetap di Pulau Dragonstone. Sampai saat bencana alam yang dikenal dengan The Doom of Valyria menghancurkan tempat tinggal mereka dan membunuh sebagian besar naga-naga yang ada didunia. Dan suatu ketika Aegon I Targaryen mempunyai ambisi untuk menyatukan 7 kerajaan ditanah Westeros dibawah kerajaannya. Aegon I Targaryen bersama adik sekaligus istrinya (Incest) Visenya dan Rhaenys beserta 3 ekor naga dan sejumlah pasukan kecil menginvasi tanah Westeros dan menaklukan The Seven Kingdoms. Dan keluarga Targaryen menduduki "The Iron Throne" hampir 300 tahun lamanya dengan pusat pemerintahan di King's Landing namun kastil di Dragonstone tetap sebagai tempat pewaris House mereka. Motto mereka "Fire and Blood" dengan simbol keluarga mereka naga merah berkepala 3. 
Keturunan Targaryen memiliki ciri-ciri fisik dan genetik umumnya memiliki rambut warna putih-perak, dan sebagian kebal terhadap api atau panas maupun suhu yang tinggi. Basis kekuatan House Targaryen hancur berawal dari kebengisan The Mad King Aerys II (Raja Gila) menduduki Iron Throne dan anaknya Rhaegar Targaryen yang menculik adik Eddard Stark yaitu Lyanna Stark karena tergila gila akan kecantikan Lyanna. Hal ini memicu pemberontakan besar yang dipimpin oleh Robert Baratheon dimana Robert memiliki hubungan asmara dengan Lyanna Stark dibantu oleh Jon Arryn dan Ned Stark kakak Lyanna. Pada akhirnya King Aerys II dan Rhaegar Targaryen tewas dalam pemberontakan itu, termasuk Lyanna. Dua orang anak King Aerys yang lain yaitu Viserys dan Daenerys diselamatkan oleh para loyalis Targaryen ke kota Pentos di pulau Essos. Saat sudah dewasa Viserys mulai membangun kekuatan untuk menaklukan westeros dengan cara menikahkan (sebenarnya dijual) adik kandungnya Daenerys dengan kepala suku bar-bar Dothraki, yaitu Khal Drogo yang konon memiliki 40.000 pasukan berkuda. Tapi sayang ambisi Viserys punah setelah dibunuh Khal Drogo karena Viserys mencoba membunuh Daenerys dan mengambil alih pasukannya. Ketika Khal Drogo mati karena diracun penyihir, Daenerys ikut masuk kekobaran api saat upacara pemakaman Khal Drogo dengan membawa 3 fosil telur naga (yg dihadiahkan Illyrio Mopatys saat pesta pernikahannya). Tapi diluar dugaan, Daenerys tidak terbakar sedikit pun dalam kobaran api hingga 3 telur tersebut menetas.
Pada akhirnya Daenerys dengan ketiga Naganya menjadi kunci kebangkitan dari House Targaryen. Sekarang Daenerys sudah sampai di Dragonstone tempat kelahirannya setelah membebaskan budak-budak di Essos. Dan sempat menjadi ratu memerintah disana. Daenerys mempunyai pasukan Insullied 8000 orang, Dothraki 50000, dan 3 naga besar. Sedangkan pasukan Seconds Sons ditinggal di Slaver Bay (Sekarang diganti nama oleh Deanerys menjadi Bay of Dragons) demi menjaga perdamaian disana yang dikomandoi oleh Daario Naharis. Daenerys juga bersekutu dengan beberapa Great House di Westeros seperti House Greyjoy, House Tyrell, dan House Martell. Daenerys berencana menaklukan Westeros seperti yg dilakukan pendahulunya, Aegon Targaryen.
Kita tunggu aja nih cara Daenerys mengambil kembali Iron Throne. Konon setiap Targaryen lahir maka Dewa melempar coin baik atau buruk, semoga aja deh Daenerys mendapat yg baik agar menjadi Queen yang bijak. 😊



Daenerys Targaryen



Aerys II Targaryen(Madking)



Rhaegar Targaryen



Viserys Targaryen































House Baratheon



Didirikan oleh Orys Baratheon, seorang Panglima Besar King Aegon I Targaryen. Orys sendiri sebenarnya adalah saudara tiri Aegon I Targaryen sang penakluk. Dia mengalahkan Argilac "The Last of The Strom Kings" yang sombong juga menduduki Kastil Strom's End dan menahan putri Argilac yaitu Argalia dan menjadikannya istri. Atas prestasinya itu King Aegon I Targaryen memberikan dia Lord of Strom's End sekaligus pendiri dari keluarga House Baratheon. Kira-kira 300 tahun kemudian keturunan dari klan ini yaitu Lord Robert Baratheon memberontak terhadap King Aerys II Targaryen yang dikenal dengan "Robert's Rebellion".
Robert Baratheon bersama Ned Stark dibantu oleh House Arryn dan House Tully mengalahkan pasukan Targaryen dipertempuran Trident. Sementara itu keluarga House Lannister yang ada di King's Landing yaitu Jaime Lannister yang pada saat itu merupakan King's Guard (Pelindung Raja) justru malah membelot lalu membunuh rajanya sendiri The Mad King Aerys II Targaryen, dengan menusukkan pedangnya ke punggungnya. Hal ini terpaksa dilakukan oleh Jaime karena Madking memerintahkan akan membakar Kingslanding.
Karena Lord Robert Baratheon merupakan pimpinan pasukan pemberontakan dan juga diklaim merupakan darah terbaik untuk meduduki "The Iron Throne" menjadi raja di King's Landing. Sejak saat itu simbol keluarga House Baratheon yaitu seekor rusa berdiri dengan warna latar emas ditambahkan mahkota sebagai pernyataan dinasti baru telah lahir yang menduduki "The Iron Throne" memerintah semua lord yang ada di tanah Westeros dengan motto "Ours is The Fury". Sekarang seluruh House Baratheon punah. Pertama Robert mati karena serangan babi hutan saat berburu, hal ini dikarenakan Cersei sengaja meracuni anggur yang dibawa Robert. Kedua Renly Baratheon mati karena black magic Redwoman atas perintah Stannis Baratheon. Ketiga Stannis mati dieksekusi Briane of Tarth (yang dulu pernah menjadi Kings Guard Renly) setelah kalah telak saat pertempuran melawan House Bolton di Winterfell. Yang tersisa hanyalah Gendry anak haram Robert yang bekerja sebagai blacksmith di Kingslanding, sekarang dia berada di beyond the wall membantu Jon Snow nenyelesaikan sebuah misi.




Robert Baratheon



Stannis Baratheon



Renly Baratheon



Gendry



























House Lannister




Didirikan oleh Loren Lannister.
Lannister merupakan keturunan para petualang andal yang menginvasi Westeros lebih dari 6.000 tahun yang lalu dan menetap di Kastil Casterly Rock. Nenek moyang Keluarga Lannister berasal dari orang-orang cerdas, sangat lihai dalam tipudaya dan licik.
Saat penaklukan Aegon I Targaryen atas tanah Westeros nenek moyang Lannister The Last King of The Rock yaitu Loren Lannister dan The Last King of The Reach, Mern Garderner bergabung dan menerjunkan 60.000 orang pasukan untuk melawan Aegon I Targaryen. Mereka dikalahkan oleh naga-naga Targaryen dalam pertempuran yang dikenal dengan sebutan "Field of Fire". Sejak saat itu keluarga Lannister mengabdi kepada keluarga Targaryen berlanjut pengabdiannya kepada keluarga Baratheon. Aib yang melekat pada keluarga ini adalah hubungan Incest antara Jaime Lannister dengan Cersei Lannister yang sebenarnya mereka adalah saudara kembar-tidak identik. Dan keberadaan Joffrey Baratheon serta adik-adiknya yang diduga hasil hubungan terlarang ini. Disamping itu aib lain yang menjadi beban bagi keluarga Lannister adalah kelahiran Tyrion Lannister yang terlahir kerdil / cebol. Walaupun bertubuh kerdil, seorang Tyrion memiliki pemikiran & kelihaian dalam tipu muslihat yang tidak bisa diremehkan bahkan menggungguli saudara yang lain dan Tyrion memiliki hati yang tidak bengis seperti ayahnya Tywin Lannister. "Hear Me Roar" merupakan motto dari keluarga ini. Motto lain yang tidak resmi "A Lannister always pays his debts" ("Seorang Lannister selalu membayar hutang-hutangnya") yang digunakan jauh lebih sering dan sebagian besar dalam konteks negatif. Lagu "Rain of Castemere" terinspirasi dari House ini, ketika Tywin muda membantai habis secara sadis pemberontak bannermennya yaitu House Reyne. Inti lagu ini sesuai dengan motto House Targaryen "Hear Me Roar".
Sekarang Cersei menjadi Queen di Seven Kingsdom setelah ketiga anaknya mati secara tragis. Jaime Lannister menjadi komandan perang House Lannister. Dan Tyrion akan dieksekusi mati karena dituduh membunuh King Joffrey, tapi berhasil melarikan diri setelah dibantu kakaknya Jaime dan Varys. Sebelum melarikan diri dia juga sempat membunuh ayahnya sendiri Tywin Lannister. Setelah sampai di Essos disanalah dia bertemu Queen Daenerys dan dipercaya menjadi Hand of The Queen karena nasihat dan rencana briliannya.



Tywin Lannister



Cersei Lannister



Jaime Lannister



Tyrion Lannister






















House Tyrell





Didirikan oleh Harlen Tyrell, seorang Kepala Pelayan dari keluarga kuno House Gardener (punah dibantai Aegon Targaryen). Selama berabad-abad keluarga Tyrell melayani dan kadang-kadang menikah dengan keluarga House Gardener. Ketika penaklukan Targaryen, Raja Mern IX dibunuh oleh Aegon I Targaryen, keluarga House Gardener dieliminasi dari tanah Westeros. Harlen Tyrell, kepala pelayan keluarga House Gardener Harlen Tyrell menyerahkan kastil Highgarden dan Kerajaan The Reach kepada Aegon I. Dengan begitu Harlen Tyrell diberikan hadiah menjadi Lord of Highgarden and Lord Paramount of the Reach.
Simbol keluarga House Tyrell diwakili oleh keindahan bunga mawar, dengan motto "Growing Strong". Keindahan simbol keluarga House Tyrell menyembunyikan fakta memiliki duri yang tajam. Karakter mereka sangat pragmatis sekali antara berprilaku menjunjung kehormatan seperti keluarga Stark, tapi juga sangat licik dan kejam layaknya keluarga Lannister.
Ketika terjadi Robert's Rebellion, keluarga House Tyrell tetap setia kepada Targaryen. House Tyrell berpikir Robert Baratheon hanyalah seorang pemberontak yang tidak mungkin bisa menang. Namun setelah kematian The Mad King Aerys II, mereka bersumpah setia kepada King Robert Baratheon. Saat ini House Tyrell dipimpin oleh Lord Mace Tyrell & Lady Olenna Tyrell. Walau sekarang House Tyrell sudah punah karena cucu dari Lady Olena yaitu Margaery, Loras Tyrell, dan anaknya Lord Mace Tyrell dibumi hanguskan oleh Cersei Lannister saat mengikuti persidangan di Sept of Baelor. Sedangkan Lady Olena sendiri disuruh minum racun oleh Jaime Lannister setelah Highgarden dihancurkan oleh pasukan Lannister. Lady Olena dianggap pemberontak karena memihak Daenerys untuk balas dendam terhadap Cersei Lannister karena telah membunuh cucu serta anaknya. Kematian paling berkelas menurut ane. Karena sebelum meminum racun tersebut dia mengaku kalau dia yg telah membunuh King Joffrey, anak pertama Cersei dan Jaime yg diangkat menjadi raja setelah kematian Robert Baratheon. 😎



Olena Tyrell



Mace Tyrell



Margaery Tyrell



Loras Tyrell





House Arryn




Menurut legenda keluarga House ini didirikan oleh Ser Artys Arryn, Ksatria bersayap. Dia terbang diatas punggung Elang Raksasa, mendarat dipuncak Gunung Vale dan mengalahkan The Griffin King, The Last of The First Men Mountain Kings. Setelah itu mengambil alih Kastil Eyrie dan menjadi The First King of Mountain and Vale. 
Keturunannya terus memerintah sebagai raja hingga penaklukan Targaryen oleh Aegon I Targaryen. Dan kemudian menjadi The Lords Paramount of The Vale and Wardens of The East atas nama The Iron Throne.
Simbol keluarga House ini adalah bulan sabit putih dengan seekor elang yang terbang dilangit biru. Motto mereka "As High As Honor". 
Jon Arryn adalah kepala keluarga House sekarang. Dia adalah bangsawan (nobleman) yang dihormati. Ned Stark & Robert Baratheon adalah anak didiknya. Jon Arryn adalah orang pertama yang mengibarkan bendera perang untuk melawan kezaliman King Aerys II Targaryen dan diikuti oleh Robert dan Ned Stark. Setelah kemenangan yang diraih dalam pemberontakan "Robert Rebellion" tersebut, Robert Baratheon menjadi Raja lalu menunjuk Jon Arryn sebagai tangan kanan raja. Namun tidak lama berselang Jon Arryn meninggal dunia, penyebabnya adalah penyelidikan Jon Arryn atas legitimasi anak-anak Queen Cersei Lannister yang ternyata bukan dari darah King Robert Baratheon melainkah hasil dari hubungan sedarah. Tapi kisah sebenarnya yang membunuh Jon Arryn adalah istrinya sendiri Lysa Tully setelah dimanipulasi oleh Littlefinger. Setelah menikah dengan Littlefinger yg merupakan cinta pertamanya, akhirnya Lysa Tully meninggal dibunuh oleh suaminya sendiri yaitu Littlefinger demi menguasai The Vale. Sekarang The Vale diperintah oleh Robyn Arryn sebagai "boneka" Littlefinger.




Lysa Arryn (Tully)



Robin Arryn






















House Tully




House Tully adalah orang-orang Riverland yang berasal dari penjelajah perkasa Sungai Trident. Keluarga ini memiliki Kastil Riverrun. Sebuah istana di pertemuan Sungai Merah Fork dari Trident dengan Tumblestone. 
Didirikan oleh Edmun Tully, pada masa Aegon I Targaryen menginvasi Westeros. Edmun memberikan support kepada Targaryen dengan memberontak kepada The King of Isle of The Riverlands, Haren Black. Dan pada saat Aegon I menduduki "The Iron Throne" dia menghadiahkan Edmun sebagai Lord Paramount of The Riverlands. Lord House Tully saat ini adalah Hoster Tully, yang bermaksud mengawinkan putrinya Catelyn Tully dengan Brandon Stark, saudara Ned Stark. Namun karena Brandon Stark tewas dibunuh oleh King Aerys II, perkimpoian itu dilanjutkan kepada Ned disaat terjadinya peristiwa Robert's Rebellion. Dan juga mengawinkan putri yang kedua Lysa Tully dengan Jon Arryn sebagai bentuk aliansi. Anak laki-laki terkecil Hoster adalah Edmure Tully. "Family, Duty, Honor" adalah motto House ini. Saat ini yang masih hidup adalah si bungsu Edmure Tully tapi dalam tahanan Lannister.




Edmure Tully



Black Fish













Sumber Referensi:
- Novel A Song of Ice and Fire by GRRM Martin
- Google
- Wikipedia
- http://gameofthrones.wikia.com
- http://malesbanget.com/2013/09/seri-...-great-houses/
- http://tujuhkerajaan.blogspot.com/20...-westeros.html
Diubah oleh ladystoneheart 20-08-2017 07:50
0
12.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.