andoloAvatar border
TS
andolo
HATI2 BERJUALAN DI LAZADA!! SELLER TRUE STORY.
Yak sesuai judul agan-agan dan aganwati. Ini ane mau berbagi kisah aja supaya agan dan aganwati khususnya yang merupakan seller Lazada harus berhati-hati agar tidak terjadi kejadian seperti saya.

Sebelum mulai ane jelasin dulu sistem untuk seller Lazada (biar yang belum pernah jualan pada tau)

Jadi di Lazada setiap seller diberi waktu sekitar 2 hari (tidak terhitung hari libur) untuk memenuhi orderannya, jika tidak maka orderan akan tercancel secara otomatis dan seller DIKENAKAN DENDA sebesar Rp 100.000,-

dan di Lazada seller mempunyai beberapa pilihan jasa pengiriman, yaitu :

JNE DROP OFF - > Proses tradisional agan kirim barang ke JNE (agan terima pesanan, bungkus, dan kirim ke JNE lalu input resi seperti biasa)

JNE MP -> Resi keluar dulua, pesanan di pickup oleh JNE pusat (Jika kita menggunakan JNE MP, maka kita tidak bisa menggunakan JNE DROP OFF)

GOJEK - > Pengiriman Gojek biasa pada umumnya

KETERANGAN : JNE DROP OFF dan JNE MP hanya bisa pilih salah satu. Seller TIDAK BISA mengganti sendiri, harus melalui CUSTOMER SERVICE khusus seller (Namanya patner support).




Nah jadi singkat cerita, ane di telpon pihak Lazada kalau tidak salah tanggal 12 Agustus 2017. Dalam teleponnya pihak Lazada menawarkan ane untuk merubah jasa pengiriman ane menjadi JNE MP. Kira-kira begini inti percakapannya :

A = Ane, L = Lazada

L : Halo, ini dengan seller bla bla bla?
A : Iya
L : Bla bla bla (intinya menawarkan apakah ane bersedia diubah jasa pengirimannya menjadi JNE MP)
A : Oooo. Kalau sudah menjadi JNE MP apakah saya bisa kembali menjadi JNE DROP OFF jika saya merasa tidak cocok?
L : Bisa, tinggal diinfokan saja ke tim patner support kami
A : Ok kalo gitu saya coba menggunakan JNE MP
L : Ok, nanti kami akan KIRIMKAN lagi KONFIRMASI EMAIL kepada anda yang berisi persetujuan untuk merubah jasa pengiriman.
A : Ok.

Singkat cerita, pada tanggal 14 Agustus 2017 pagi hari account ane masih JNE DROP OFF. Ya sudah ane proses aja seperti biasa kan, ane packing, kirim, dan ane dapet resi. Nah kebiasaan ane adalah isi resi saat malam hari setelah pulang kerja.

Nah, ketika ane mau isi resi. TIBA-TIBA Account ane BERUBAH JADI JNE MP TANPA ADANYA KONFIRMASI EMAIL dari pihak LAZADA!!

Wah otomatis ane bingung dong. Ane gak bisa input resi yang sudah ane kirim, karena jika menggunakan JNE MP resi akan tergenerate secara otomatis (RESINYA BEDA DENGAN RESI JNE BIASA)

Keesokan harinya ane kontek dong pihak patner support Lazada. Ini isi percakapannya ane copas langsung tanpa rekayasa :

Visitor : ane
Nama orang : CS (PATNER SUPPORT YANG SUPER MEMBANTU)

Chat transcript:
Visitor: Halo saya mau non aktifkan JNE MP gimana caranya
Visitor: Ini pesanan saya tidak bisa diproses karena saya sblmnya JNE drop off
Visitor: barangnya sudah saya kirimkan
Visitor: tapi tiba2 akun saya jadi JNE MP diubah sama pihak Lazada tanpa KONFIRMASI
Adlina: Hai Partner, selamat datang di layanan chat seller Lazada Indonesia. Ada yang bisa kami bantu ?
Adlina: baik partner apakah sebelumnya partner telah mengirimkan email kepada kami terkait permasalahan tersebut?
Visitor: Sudah
Visitor: tapi responnya lambat
Visitor: saya tidak bisa input no resi
Visitor: nanti rating sellernya turun lagi
Visitor: padahal bukan kesalahan pihak saya
Visitor: tolong deh di non aktifkan saja JNE MP nya
Visitor: sekalian juga GOJEK MP nya
Visitor: Halo
Visitor: gimana ya ini bisa atau tidak di non aktifkan
Adlina: baik partner mohon menunggu karena kami akan melakukan pengecekan terlebih dahulu
Visitor: ok

Nah tiba-tiba chat ane terputus disini karena kelamaan tidak ada percakapan antara ane dan CS Lazada

Otomatis ane panggil lagi dong si CS Lazada yang legendaris itu. Ini isi percakapan lanjutannya (copas langsung dari email dari pihak Lazada)

Chat transcript:
Visitor: Halo
Visitor: Halo chatting saya terputus
Wulan: Hai Partner, selamat datang di layanan chat seller Lazada Indonesia. Ada yang bisa kami bantu ?
Visitor: halo saya mau meng non aktifkan JNE MP
Visitor: ada barang yang sudah saya kirim menggunakan JNE drop off
Visitor: ketika mau memasukkan resi tiba-tiba account saya diganti jadi JNE MP
Visitor: jadi saya tidak bisa memasukkan resi
Wulan: mohon maaf atas ketidaknyamanannya
Wulan: bisa diinformmasikan nomor ordernya agar kami bantu pengecekan
Visitor: 3742138272
Visitor: 3915497272
Visitor: 3431987272
Visitor: 3974187272
Visitor: 3275998272
Visitor: 3434227272
Visitor: 3667545272
Visitor: 3532377272
Visitor: 3243757272
Wulan: untuk semua order di atas sudah dikirimkan dengan JNE drop off ya ?
Visitor: 3285155272
Visitor: sudah lah
Visitor: ini juga saya kirim sebelum JNE MP aktif
Visitor: udah deh lazada tolong di balikin aja jadi JNE drop off
Visitor: saya MOHON aja deh minta tolong dibalikin aja
Wulan: baik partner, kami akan bantu untuk nomor order di atas terlebih dahulu
Wulan: bisa diinformasikan nomor resi nya dari JNE reguler untuk masing masing order
Visitor: 3275998272 011180119826717
Visitor: 3974187272
Visitor: 011180120380317
Visitor: 3915497272 011180120446517
Visitor: 3742138272 011180120735517
Visitor: 3532377272 011180121147517
Visitor: 3243757272 011180121216117
Visitor: 3434227272 011180121698817
Visitor: 3267255272 011180121709517
Visitor: 3431987272 011180121711117
Visitor: 3667545272 011180121845017
Visitor: udah
Visitor: sekalian minta tolong dengan SANGAT di non aktifkan aja JNE MP dan GOJEK MP
Wulan: Untuk gojek nya jga ingin di non-aktifkan ya ?
Wulan: bisa diinformasikan alasan partner mengapa ingin menon-aktifkan fitur Gojek ?
Visitor: iya ini juga ada yang bermasalah
Visitor: order gojek order no 3726792272
Visitor: barang sudah diterima customer dan di sistem masih dalam status siap untuk dikirim
Visitor: GOJEKnya juga jarang banget dateng kalau sudah dibuat no resi
Wulan: mohon maaf atas ketidaknyamanannya untuk nomor order 3726792272 dengan Gojek, apakah partner masih menyimpa bukti hand ove ke pihak Gojek ?
Visitor: tidak simpan mba
Visitor: Ini waktu itu sistem gojek lagi error
Visitor: Saya sudah kasih barangnya ke GOJEK tapi dari pihak GOJEK drivernya terus berdatangan mengambil barang yang sama berkali kali

Tiba-tiba ane disconnect lagi karena tidak ada respon dari pihak LAZADA.


Sekedar info tambahan ane ingin non aktifkan GOJEK LAZADA karena ribet banget. Jadi di Lazada GOJEK itu jika kita tekan tombol pickup dan GOJEKnya tidak mau pickup maka pesanan kita tidak akan di pickup sampai customer akhirnya KOMPLAIN. Dari 5 orderan GOJEK, hanya 1 orderan yang ane berhasil proses. Itu juga error kemarin dan masih nyangkut orderannya sampai sekarang dianggap belum di pickup karena pada waktu itu sistem GOJEK error (barang sudah diambil namun driver tetap berdatangan untuk mengambil barang yang sama berkali-kali)

Dan sekedar info. LAZADA tidak menghimbau seller untuk MEMBUAT BUKTI HANDOVER ke pihak GOJEK.

Ok, lanjut lagi. Ane panggil lagi aja. Ini dia copas chat ane real:

Chat transcript:
Visitor: halo
Wulan: Hai Partner, selamat datang di layanan chat seller Lazada Indonesia. Ada yang bisa kami bantu ?
Wulan: Hai Partner, selamat datang di layanan chat seller Lazada Indonesia. Ada yang bisa kami bantu ?
Visitor: halo saya yang tadi
Visitor: disconnect mba
Wulan: mohon maaf partner, menunggu lama
Visitor: tolong deh dibantu untuk balik ke account JNE drop off aja
Wulan: baikpartner, akan kami bantu konfirmasikan ke pihak terkait ya
Visitor: secepatnya mbak. Pesanannya tidak bisa saya proses nih
Wulan: baik partner
Wulan: mohon menunggu konfirmasi kami kembali melalui email
Visitor: waduh pesanan baru yang hari ini gimana dong
Visitor: nunggu konfirmasi dari pihak Lazada mah bisa sampai tua
Visitor: kemarin aja account JNE MP saya diaktifkan tanpa konfirmasi. Padahal ketika di telpon katanya akan dikirim email konfirmasi
Visitor: Kalau pesanan GOJEK yang error kemarin gimana jadinya mba?
Visitor: halo?
Visitor: halo
Wulan: mohon maaf apakah maksud partner ingin menon-aktifkan fitur Gojek ?
Visitor: GOJEK dan JNE MP mba
Visitor: dan orderan GOJEK yang 3726792272 gimana jadinya
Wulan: untuk ubah status nomor order 3726792272 juga akan kami bantu ubah statusnya partner
Wulan: kami akan menghubungi partner kembali melalui email
Visitor: ok
Visitor: Kalau orderan yang sudah saya kirim melalui JNE drop off gimana
Visitor: saya kan tidak bisa memasukkan resi
Visitor: dan orderan yang datang hari ini. Saya harus proses dengan JNE MP atau gimana?
Wulan: jika ada order maka kami sarankan untuk memprosesnya terlebih dahulu dengan JNE MP
Visitor: untuk orderan yang sudah saya kirim pakai JNE drop off?
Visitor: halo
Visitor: halo
Visitor: halo
Wulan: untuk saat ini kami sarankan untukmenggunakna JNE MP terlebih dahulu
Visitor: lah nanti kurir JNEnya datang lagi dong ambil barang tersebut??
Visitor: padahal barangnya sudah saya kirim pakai JNE DROP OFF
Visitor: halo
Wulan: partner ingin mengirimkan dengan JNE drop off saja ya ? (MALAH TANYA BEGINI, BINGUNG INI ORANG NGERTI APA GAK)
Visitor: iya
Visitor: Ya kan barangnya sudah saya kirim dengan JNE drop OFF
Visitor: yang kemarin
Visitor: maksud saya adalah barang yang SUDAH SAYA KIRIM pada tanggal 14 AGUSTUS kemarin gimana. Kan saya TIDAK BISA MEMASUKKAN RESI karena sekarang account saya diganti menjadi JNE MP oleh pihak Lazada secara tiba-tiba, Jadi saya harus gimana?
Visitor: ngerti gak mba maksudnya?
Wulan: baik jika seperti itu mohon menginformasikan nomor order yang telah dikirimkan dengan JNE reguler beserta resinya (GILAAAAAA)
Visitor: yah tadi kan sudah saya kirimin mba 1 per 1
Wulan: baik, sudah dikirimkan di chat sebelumnya ya
Wulan: kami akan bantu menindaklanjutinya ke pihak terkait ya partner
mohon menunggu konfirmasi kami melalui email

Visitor: IYA
Visitor: jadi saya tidak usah proses?
Visitor: Nanti batal otomatis tdk pesanannya?
Visitor: karena sudah 2 hari tertunda statusnya
Wulan: Terimakasih telah menggunakan layanan chat partner support Lazada Indonesia. Semoga hari Partner menyenangkan dan Selamat Berjualan ! emoticon-Smilie (GILAA TIBA-TIBA DIBALES KAYAK GINI AJA DAN DI DISCONNECT SEPIHAK OLEH CS LAZADA. SUCKS ABIS!!)


Nah pada hari itu ane bingung dong masih belum dapat kejelasan bagaiman memproses orderan yang sudah ane kirimkan dengan JNE DROP OFF. Akhirnya ane diemin aja dengan berharap jasa pengiriman ane kembali menjadi DROP OFF pada esok harinya.

Tapi tiba-tiba. Eng ing eng. Pada tanggal 16 Agustus 2017. Salah satu orderan customer ane TER CANCEL secara otomatis oleh LAZADA.

Ya, ane otomatis tanya lagi dong pada pihak Lazada. Nih isi percakapannya (real) :

Chat transcript:
Visitor: Halo ini kenapa orderan 3742138272 saya di cancel ya
SAYA SUDAH KIRIM BARANG TERSEBUT DENGAN JNE DROP OFF
LALU DENGAN TIBA-TIBA LAZADA MENGUBAH ACCOUNT SAYA JADI JNE MP
YA SAYA MANA BISA INPUT RESI LAGI
SEKARANG DI CANCEL
KEMARIN KOMPLAIN DI PATNER SUPPORT GAK DIKASI SOLUSI JUGA
Eva: Hai Partner, selamat datang di layanan chat seller Lazada Indonesia. Ada yang bisa kami bantu ?
Visitor: Halo ini kenapa orderan 3742138272 saya di cancel ya
Eva: Baik apakah benar dengan toko **** dan ID ***? (Nama toko dan ID ane sensor ya gan)
Visitor: iya
Visitor: gimana ya
Eva: Baik Partner setelah kami cek untuk pesanan dibatalkan belum di informasikan secara detail alasannya
Eva: pesanannya sudah dikirimkan?
Visitor: sudah bu
Visitor: dari kemarin sudah dikirimkan
Visitor: tapi tidak bisa saya input resi
Visitor: karena sistem Lazada tiba-tiba ubah account saya jadi JNE MP
Visitor: saya sudah komplain ke patner support kemarin. Tapi tidak diberi jawaban
Eva: baik partner terdapat email tiket pada kendala tersebut ?
Visitor: saya komplain melalui live chat
Visitor: #1061910
Visitor: gimana ya? saya sudah tanya berkali-kali tapi tidak diberi solusi sampai akhirnya pesanan saya dibatalkan gini secara sepihak
Eva: Setelah kami cek untuk email sudah kami balaskan partner
Visitor: iya betul sudah dibalaskan. Tapi tidak ada solusi
Visitor: saya bukan masalah dibalaskan bu
Visitor: dalam email kan saya tanya kalau pesanan saya yang sudah dikirim dengan JNE DROP OFF gimana? saya kan tidak bisa memasukan resi jika account saya jadi JNE MP
Eva: Baik Partner untuk pesanan yang sudah dikirimkan dengan JNE kami akan sampaikan kepada tim terkait kami , dan kami akan bantu untuk perubahan pengirimannya kembali
Visitor: iya. saya sudah sampaikan kemarin daftar order yang sudah saya kirimkan dengan
Visitor: JNE DROP OFF
Visitor: sekarang pesanan saya yang sudah di cancel gimana bu? Kan sudah saya kirimkan
Eva: Baik kami akan bantu informasikan kepada tim kami untuk pesanannya adalah 3742138272 benar ?
Visitor: iya
Eva: Apakah kami masih terhubung dengan partner?
Visitor: ya\
Visitor: tolong diproses aja mba beberapa orderyang sudah saya kirim dengan JNE drop off
Visitor: karena saya tidak bisa input resi
Visitor: halo
Visitor: halo
Visitor: mohon bantuannya mba.karena ini bukan kesalahan dari kita loh mba.
Visitor: sebelumnya pihak lazada tlp tanyain mengenai jne pick up.dan kita oke mau join ,mengenai kapan di setujui itu pihak lazada akan kabarin kita via email.sedangkan pada hari itu kita banyak orderan.dan tidak ada pemberitahuan masuk apapun tentang disetujui dan di mulai kapan jne pick up nya
Visitor: maka kita kirimkan paket hari itu seperti biasa,saat malam mau masukin resi tiba2 tidak bisa dan paket kita sudah dikirimkan ke tempat jne
Visitor: bahkan ada yang sudah sampai,ini harus gimana mba?
Visitor: mohon dibantu mba.kalau sy tidak proses , saya kena penalti.kalau sy proses dan kirimkan ,yah kejadiannya sperti skg.tidak biSA input resi dan bahkan dicancel dri pihak lazada
Visitor: mohon komplen kita di perhatikan yah mba.rugi saya menjual di lazada kalau begini
Eva: Baik kami akan bantu informasikan kepada tim kami
Eva: Terimakasih telah menggunakan layanan chat partner support Lazada Indonesia. Semoga hari Partner menyenangkan dan Selamat Berjualan !

Langsung di disconnect lagi oleh pihak LAZADA

Nah tidak lama di hari yang sama ane dapat email yang isinya (16 AGUSTUS 2017) :

Hi ***,

Terima kasih telah menghubungi Partner Support Center Lazada Indonesia.

Untuk order

3243757272
3243757272
3267255272
3275998272
3431987272
3434227272
3532377272
3532377272
3667545272
3915497272
3974187272

Sudah kami update dengan RTS JNE sementara, lakan Partner melakukan revisi AWB pada link https://lazadacontent.formstack.com/...er_revision_id agar dapat segera kami proses lebih lanjut. Mohon konfirmasinya.

Salam hangat,
Partner Support Center Lazada Indonesia

(FAKE ABIS, ORDERAN ITU ANE ISI PAKAI RESI SEMENTARA JNE MP DAN SAMPAI SEKARANG RESINYA MASIH JNE MP MESKIPUN ANE UDAH ISI FORM REVISI RESI)

Nah lanjut cerita, email dari Lazada ane bales lagi dengan isi begini (16 AGUSTUS 2017) :

untuk order no

3742138272 yang sudah dibatalkan gimana ya? Saya kan tidak bisa input resi akhirnya batal secara otomatis


Dan pihak LAZADA membalas BEGINI (18 AGUSTUS 2017) :

Dear Partner,

Setelah kami lakukan pemeriksaan, order 3742138272 dibatalkan oleh sistem karena melebihi SLA 1x24 jam dan status order masih tertunda. Dan untuk order yang sudah dibatalkan tersebut Lazada tidak bertanggungjawab atas permintaan dummy order, penagihan ke pelanggan, permintaan bukti refund dan penggantian oleh Lazada.

Untuk menghindari hal serupa, kedepannya kami sarankan Partner untuk memproses pending order dan memasukkan nomor resi yang valid sesuai SLA yakni 1x24 jam. Jika Partner mengalami kendala dalam melakukan proses pemenuhan order, mohon informasikan kepada kami sebelum pukul 15:00 WIB setiap harinya.

Best regards,
Partner Support Center Lazada Indonesia


WHAT THE FU*K!!!!??? ITU BUKAN KESALAHAN GW LOH. ITU PIHAK LAZADA YANG UBAH-UBAH JASA PENGIRIMAN ANE TANPA KONFIRMASI!! KOK GW YANG DISALAHIN!??

Ya udah ane bales lagi dong emailnya yang isinya gini (18 Agustus 2017) :

iya tapi order tersebut kan dibatalkan bukan karena KESALAHAN SAYA.

Saya sudah jelaskan berkali kali. Orderan itu dibatalkan karena saya TIDAK BISA INPUT NO RESI karena account saya diubah menjadi JNE MP bossss secara tiba-tiba oleh BOS LAZADA!

Sedangkan saya sudah kirim dengan JNE DROP OFF!! RESINYA SUDAH ADA DI SAYA BOS!! KALAU TIDAK PERCAYA COBA CEK RESINYA DIKIRIM TANGGAL BERAPA

saya sudah jelasin ini berkali - kali tapi pihak Lazada tidak memberikan jawaban yang jelas. Yang ada malah menyalahkan pihak saya terus.



Dan pihak LAZADA mereply email ane dengan isi begini (18 Agustus 2017) :

Hi ***,

Terima kasih telah menghubungi Partner Support Center Lazada Indonesia.

Baik partner, mohon maaf atas ketidaknyamanannya partner, Jika ordernya telah terkirim silahkan hubungi customer untuk melakukan penagihan langsung.

Salam hangat,
Partner Support Center Lazada Indonesia


WHAT THE FU*K!?? GILAAA gak BERTANGGUNG JAWAB SAMA SEKALI!!!! MAEN ASAL LEMPAR GITU AJA DENGAN GAMPANGNYA!

------------------------------------------------------------

Yah begitulah agan2 dan aganwati kisah ane dengan PATNER SUPPORT LAZADA yang BENAR-BENAR SANGAT MEMBANTU MENYELESAIKAN MASALAH.

FOR INFO : ACCOUNT ANE SAMPAI HARI INI MASIH menggunakan pengiriman JNE MP & GOJEK, yang artinya TIDAK DIURUS sama sekali. ORDERAN lain yang sudah ane komplain juga sampai saat ini BELUM DIURUS sama sekali.

Semoga ini semua bisa menjadi pelajaran buat agan-agan khususnya yang berjualan di marketplace Lazada. Karena sistem Lazada sangat TIDAK PRO SELLER.

SELLER TIDAK BISA CONTACT CS BY PHONE, tapi kalau sebagai buyer kita BISA CONTACT CS LANGSUNG BY PHONE.

Jadi kalau ada masalah SELLER harus email (super slow respon) atau LIVE CHAT (agak slow respon juga).

SAMPAI SAAT ini ane masih simpan bukti percakapannya karena seluruh live chat di Lazada dikirim ke email kita.

0
37.6K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.