Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Pesawat Buatan Anak Bangsa, N219 Sukses Terbang Perdana



Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Purwarupa pesawat N219 akhirnya terbang perdana dari landasan pacu Husein Sastranegara Bandung, Rabu (16/8/2017) pukul 09.13 WIB.

Pesawat karya anak bangsa ini terbang dengan mulus tanpa hambatan disaksikan tamu undangan serta ratusan karyawan PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Direktur Utama PTDI, Budi Santoso mengungkapkan rasa syukur bahwa purwarupa pesawat pertama N219 telah berhasil melakukan flight test pertama kalinya.

Sebelum tes terbang, purwarupa pesawat pertama N219 sudah melakukan serangkaian pengujian dimulai dari wing static test, landing gear drop test, functionla test engine off, medium speed taxi.
Quote:

"N219 juga sudah menjalani pengujian high speed taxi dan hopping yaitu pengujian berjalan dengan kecepatan tinggi di landasan dan mengangkat roda depan, kemudian mendarat lagi," katanya disela acara flight test Purwarupa Pesawat N219.

Pengujian hopping merupakan pengujian yang diibaratkan pesawat seperti melompat dengan mengangkat roda depan, kemudian mendarat lagi. Pengujian ini untuk memastikan sistem avionik, sistem hidrolik dan sistem permesinan telah siap dan berfungsi dengan baik untuk mendukung pesawat bisa terbang.

Serangkaian tes, analisa, dan improvementini tidak berhenti sampai first flight saja. Menurutnya, Purwarupa pesawat pertama N219 masih harus melalui tahap fatigue test, flight test development dan flight test certification yang membutuhkan 3000 cycle fatigue test dan 300 flight hours untuk mendapatkan Type Certificate di tahun 2018.

Type certificate adalah sertifikasi kelaikan udara, dari desain manufaktur pesawat.
Quote:

Sertifikat ini dikeluarkan oleh badan pengatur dalam hal ini yang berwenang di wilayah Indonesia adalah Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan.

Selanjutnya dimulailah tahapan serial production, sehingga pada tahun 2019 nanti, purwarupa pesawat pertama N219 sudah siap dan laik untuk memasuki pasar, dengan prioritas memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan harga yang kompetitif. (*)

Lihat Video:



Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...erbang-perdana

---

Baca Juga :

-Ini Penyebab Pesawat Mendarat Darurat di Sawah Daerah Ponorogo

- Angkatan Laut Australia Temukan Lokasi Jatuhnya Pesawat MV-22 Osprey Milik AS

- Bocah Ini Sangat Menggemaskan, Lakukan Tos Kepada Setiap Pemumpang Pesawat

0
12.6K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tribunnews.com
Tribunnews.comKASKUS Official
192.3KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.