kredinaidAvatar border
TS
kredinaid
Apakah Meminjam Uang itu Beneran Bahaya?
Halo, Gan! Ane balik lagi nih. Gimana puasanya, gan?emoticon-Hai

Kali ini mau ngomongin soal pinjam meminjam uang, Gan. Kan banyak banget orang yang berpikir jika meminjam uang adalah sebuah perbuatan yang mampu memberikan masalah bagi diri sendiri. Termasuk juga agan kayaknya nih emoticon-Malu



Namun, sedikit orang yang mengerti bahwa sebenarnya, dalam meminjam uang pun ada beberapa hal yang harus diketahui, supaya kegiatan meminjam uang tidak memberikan masalah, tapi justru malah memberikan manfaat.

Quote:




Bisa kok, Gan. Selama kegiatan meminjam uang yang dilakukan ini bertujuan untuk pengembangan usaha, penambahan modal atau biaya pendidikan. Jika tujuan dalam meminjam uang adalah ini, maka bisa disebut sebagai investasi. Karena jauh sebelum meminjam uang kan kita udah tau apa yang butuhin (mengembangkan usaha, tambah modal, biaya pendidikan, memulai usaha) dan pastinya, kita pun sudah memiliki rencana agar uang yang kita pinjam bisa dikembalikan tepat waktu dan dengan jumlah sesuai yang dijanjikan.



Quote:


Boros atau perilaku tidak hemat seringkali membawa kita pada keadaan di mana uang terlanjur habis, tapi gajian masih lama. Ujung-ujungnya yang kita lakukan adalah meminjam uang. Kepada siapa? Biasanya kepada teman, sanak saudara, bisa juga ke bank atau kartu kredit.

Pake kartu kredit juga termasuk ngutang tuh, Gan. Cuma kadang kita aja yang gak nyadar, hehehe.

Meminjam uang dengan alasan-alasan inilah yang seringnya memberikan masalah untuk kita. Karena, kita tidak tahu apakah mampu membayarnya saat gajian, karena disaat yang sama, kebutuhan kita pun juga banyak. Bayar cicilan, cicilan rumah, cicilan hape, cicilan motor, belom lagi kudu kasih orangtua dan laen-laen. Akhirnya cicilan hutang menjadi menumpuk atau tidak terbayarkan. Ini yang akhirnya menjadi masalah dan berbahaya untuk diri kita.



Quote:


Pastinya adalah belajar untuk menjadi lebih hemat. Mulai menyisihkan uang untuk disimpan, dan juga mengurangi pengeluaran-pengeluaran tidak penting, demi memiliki uang yang cukup dan menghindari meminjam uang untuk keperluan diri sendiri.

Dan kalo harus melakukan pinjaman uang, pastikan itu untuk kebutuhan yang begitu mendesak dan tidak terduga, seperti sakit, kecelakaan, atau ada pengeluaran dadakan lainnya. Peminjaman uang pun bisa dilakukan jika hal tersebut demi mengembangkan usaha, memulai usaha dan/atau sebagai dana pendidikan, Gan.

Karena berbeda dengan meminjam uang untuk kebutuhan pribadi, melakukan pinjaman uang untuk usaha lebih memiliki kejelasan, baik dari segi pengembalian maupun pemanfaatan dana tersebut. Bener gak, Gan?



Kali aja agan juga ada yang pengen mengembangkan usaha dan membutuhkan bantuan dana, boleh deh cek ke sini.
0
3.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.