Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Mendengar Suara Bising dari Dalam Kepala? Mungkin Anda Mengidap Tinnitus

kakarekeunAvatar border
TS
kakarekeun
Mendengar Suara Bising dari Dalam Kepala? Mungkin Anda Mengidap Tinnitus
Kondisi tubuh yang kurang tidur sudah tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi bila suara-suara mengganggu yang berasal dari kepala terus membuat diri Anda terjaga semalaman. Teman saya tersebut mengira bahwa suara bising di dalam telinga tersebut disebabkan oleh suara musik rock yang ia tonton di berbagai acara konser saat ia masih muda. Mungkin saja dia benar.



Para ahli kesehatan juga tidak tahu dengan pasti apa yang menyebabkan masalah kesehatan semacam ini. Kasus semacam ini disebut Tinnitus; seringnya mendengar suara-suara yang keras dan berisik ditengarai menjadi penyebab dari masalah ini. Selain itu, hal lain yang sering menjadi penyebab adalah adanya kerusakan pada sel-sel di dalam telinga. Sementara itu, beberapa penyebab lainnya adalah adanya masalah pada peredaran darah, penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya, cedera pada kepala dan leher, kotoran telinga yang menumpuk, dan juga beberapa jenis pengobatan tertentu.

Mereka yang mengalami Tinnitus tidak selalu mendengar suara deringan di dalam telinga. Suara yang mereka dengar bisa berupa suara mencicit, mendengung, mendesah, atau berbagai suara mengganggu lainnya. Suara-suara tersebut benar-benar merupakan ilusi si penderita karena tidak ada seorang lain pun yang bisa mendengarnya. Suara tersebut kadang terdengar konstan atau bisa juga terjadi sebentar-sebentar. Bagaimanapun itu, tentunya tidak pernah terdengar menyenangkan bagi orang yang mengalaminya.

Tinnitus merupakan masalah yang cukup kerap terjadi. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini selain beberapa strategi untuk menyembuhkannya dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Penyembuhan Jangka Pendek
Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.
Kafein dapat meningkatkan tekanan darah yang bisa membuat suara-suara hearing-aidtersebut terdengar lebih keras.
Penggunaan Masker khusus yang memiliki fungsi sama dengan alat bantu dengar. Masker tersebut akan menciptakan suara yang lebih lembut sehingga suara Tinnitus tidak terlalu terdengar.
Menggunakan alat bantu dengar bagi mereka yang mengalami masalah pendengaran dan juga Tinnitus. Alat bantu dengar akan meningkatkan suara dari luar sehingga menguragi suara ilusi yang ada di dalam.
Mengkonsumsi produk yang bisa membantu membersihkan tumpukan kotoran telinga.

Penyembuhan Jangka Panjang
Penyembuhan ini dapat dilakukan dengan melindungi telinga dari suara bising, karena kebisingan bisa memperparah gejala Tinnitus. Mereka yang mengalami Tinnitus dan stres yang berlebihan harus mengatasi rasa stres tersebut melalui konseling atau cara lainnya. Mereka yang mengalami depresi dan juga Tinnitus sebaiknya menjalani pengobatan. Selain itu, apabila Tinnitus yang dialami merupakan gejala penyakit lainnya, pengobatan yang tepat untuk penyakit tersebut mungkin akan sangat membantu.

Sumber
Diubah oleh kakarekeun 12-01-2017 05:21
0
10K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.