fulbrightAvatar border
TS
fulbright
Indonesia Kutuk Rencana Serangan Rudal Korut ke AS
Jakarta - Indonesia mengutuk keras rencana Korea Utara menyerang Guam, wilayah Amerika Serikat di Pasifik, dengan rudal. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan Indonesia sejak dulu mengutuk percobaan nuklir Korut.

"Indonesia sudah sejak lama mengutuk dengan keras percobaan nuklir Korea Utara karena Indonesia selalu mengutamakan perdamaian, perdamaian, dan perdamaian," kata Wiranto saat berceramah kepada 185 peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) di kantor Lembaga Ketahanan Nasional, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (11/8/2017).

Wiranto menyebut uji coba nuklir Korea Utara menjadi salah satu pokok bahasan penting isu keamanan di kawasan ASEAN. Hal ini menjadi perhatian khusus pertemuan sejumlah menteri luar negeri dalam KTT ASEAN di Manila. Presiden Filipina Rodrigo Duterte memandang uji coba nuklir Korut dapat memicu perang nuklir yang membahayakan seluruh negara.

"Pidato Presiden Duterte menarik dalam menghadapi ini. Saya ingat kata-kata itu, ini menyangkut nasib kita, saya bicara ini karena mungkin tahun depan kita nggak bisa bicara lagi mengapa, karena percobaan nuklir Korea Utara, kalau dia picu perang nuklir, kita mati semua," ujarnya.

Sejumlah anggota KTT ASEAN menekan Korut agar menghentikan program rudal dan nuklirnya serta mematuhi resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Wiranto menyebut Durterte mengajak seluruh negara di ASEAN ikut berperan mencegah uji coba nuklir Korut.

"Dia (Duterte) mengajak negara ASEAN kita sama-sama mencegah percobaan nuklir yang membahayakan kita semua. Dia (Korea Utara) serang Amerika Serikat nggak apa-apa, tapi kalau Amerika balas, kita semua mati di sini, joke-joke yang cukup menarik, cukup cerdas," imbuhnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-35...al-korut-ke-as

United States of America emoticon-army
0
3.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.