Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pixeljunkieAvatar border
TS
pixeljunkie
Sukajan Jaket ala Jepang


Jaket yang sebenarnya mengambil model bomber jacket ini nampak makin populer beberapa musim terakhir. Bukan barang baru, karena sesuai dengan namanya, souvenir jacket, aslinya jaket yang juga dikenal dengan istilah sukajan ini awalnya merupakan oleh-oleh dari Jepang. Di runway fashion sendiri, souvenir jacket mulai mencuri perhatian pada paparan koleksi Spring Summer 2016, dan mulai dibuat versi mahalnya oleh brand seperti Louis Vuitton dan Valentino. Selebriti seperti Drake, Harry Styles, sampai Kanye West sudah menjadi fans trend jaket satu ini.

Sukajan muncul di akhir perang dunia ke-2, di mana tentara-tentara Amerika menjahitkan tulisan-tulisan, gambar-gambar tradisional Jepang, seperti harimau, naga, bunga sakura, lokasi tertentu, bahkan Geisha sebenarnya sebagai pengingat untuk masa tugas di Jepang. Jaket ini dibuat, bahkan dipesan sebagai oleh-oleh untuk dibawa para tentara Amerika ini ke kampung halaman, seusai perang. Keberadaan Amerika di Jepang memang sangat berpengaruh pada perkembangan budaya Jepang itu sendiri. Nggak sedikit, tentara Amerika yang akhirnya menikah dengan perempuan Jepang dan menetap, tak kembali ke Amerika.




Desainnya sering kontras antara bagian lengan dan badan, terbuat dari rayon dan sutra, atau satin di bagian lengan. Modelnya sendiri banyak yang bilang serupa dengan jaket baseball klasik, tapi nggak sedikit yang mirip dengan bomber jacket. Melihat popularitas jaket ini sekarang, kita bisa makin yakin bahwa trend itu memang berputar. Now, it’s cool again.



Kalau berduit, silakan memburu rancangan Louis Vuitton sampai Saint Laurent dari koleksi Spring Summer 2016 mereka untuk jaket sukajan high fashion. Tak punya duit, selalu ada versi murahnya yang cukup gampang ditemukan. Brand high street seperti ZARA pun sudah merilis versi mereka sendiri, yang juga laris manis. Kalau sedang berkunjung ke beberapa negara di Asia Tenggara, jangan lengah, biasanya kita bisa menemukan sukajan versi murah yang biasanya sih… nggak pernah jelek. Karena desainnya sebenarnya cukup mirip satu sama lain.




Bagaimana cara memadukannya?

Cukup mudah. Karena jaket ini sudah ramai, padankan dengan bawahan atau kemeja yang lebih netral atau kalem. Jeans hitam atau abu-abu, dengan kemeja atau tee shirt putih, sepatu boots dan sneakers. You’re set.

Sumber: Men Style Indonesia
Diubah oleh pixeljunkie 15-02-2017 07:48
0
14.8K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashion
FashionKASKUS Official
16KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.