Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

spnstmediaAvatar border
TS
spnstmedia
Work At Height is Not a Game. You Bet Your Life!
Halo, agan dan sista sekalian. Kali ini TS akan bahas mengenai bekerja di ketinggian. Sesuai dengan judulnya Work at Height is Not a Game You Bet Your Life! kita akan kupas tuntas semua yang berkaitan dengan bekerja di ketinggian.



WORK AT HEIGHT


Bekerja di Ketinggian merupakan jenis pekerjaan yang seperti kalimatnya berarti menempatkan pekerja di suatu area beberapa meter di atas tanah. Metode untuk bekerja di ketinggian ada macam-macam gan-sis seperti: menggunakan perancah, tangga, gondola dan sistem akses tali (Rope Access Systems).

Banyaknya pelatihan untuk bidang, dan sudah sering dikampanyekan juga oleh KEMENAKER RI, hanya saja memang mayoritas pekerja Indonesia itu terlalu "sakti" jadi malas untuk pakai perlegkapan safety seperti harness yang paling umum/lanyard karena dianggap mengganggu mobilitas mereka. Buktinya bisa dilihat nih dari foto-foto berikut ini:

Spoiler for bukti:


Sering lihat kan betapa nekatnya orang-orang tersebut? Padahal harga harness gak seberapa loh dibanding nyawa mereka. Meskipun menyediakan peralatan safety sudah tanggung jawab pengelola tapi tidak ada salahnya loh bagi pekerja yang menanyakan hak mereka untuk diberikan arahan tentang kselamatan kerja, training bekerja di ketinggian, disediakan peralatan pelindung diri sebelum pekerja bekerja.

Simak penjelasan mengenai Pencegahan, Penyelamatan untuk Pekerja yang bekerja di ketinggian pada poster di bawah ini: (Kalo gambar gak kebuka klik di Link aja, gan/sis)
Spoiler for :


Ada 3 jenis sistem yang biasa digunakan untuk melindungi pekerja yang bekerja di ketinggian.
1. Work Positioning: Sistem komponen yang melekat pada tali vertical safety line dan mencakup penggunaan haness full body, pengendali turunan dan lanyards yang digunakan untuk mendukung atau menangguhkan pekerja pada posisi kerja.


2. Work Restraint : Sistem ini biasa digunakan untuk menahan pekerja aar tidak melewati "batas aman" selama bekerja. Pekerja menggunakan full body harness yang dikaitkan dengan harness dan sistem horisontal safety line.


3. Rope Access : Adalah bentuk dari work positioning, yang pada awalnya dikembangkan dari teknik yang digunakan dalam pendakian dan pengapungan, yang menerapkan rope work praktis untuk memungkinkan pekerja mengakses lokasi yang sulit dijangkau tanpa menggunakan scaffolding, cradler dll.


Intinya semua metode bekerja di ketinggian tersebut pasti dipakai pada aplikasi di ketinggian. Dan semua metode itu butuh peralatan terstandar karena selain fungsinya membantu pekerja bekerja di ketinggian juga sebagai alat bantu safety. Semoga para pekerja kita, para manager yang menaungi pekerjaan di ketinggian dibukakan hatinya untuk mau mengedukasi dan memberikan PPD yang standar bagi pekerjanya. Karena bekerja di ketinggian itu bukan permainan. Nyama Pekerja jadi Taruhan!!

UPDATE VIDEO : Thanks Agan 442tactician

Quote:

emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut

sumur
Sumur
google/image
google/search

Salam Safety!
Diubah oleh spnstmedia 11-08-2017 03:07
0
25.4K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.