Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Agustus adalah Bulan yang Tepat untuk Memandang Langit, Ini Alasannya

travelaroundAvatar border
TS
travelaround
Agustus adalah Bulan yang Tepat untuk Memandang Langit, Ini Alasannya


Bulan Agustus tahun ini adalah bulan yang tepat buat Agan yang mau memandangi langit. Karena pada bulan ini, ada beberapa fenomena langit yang bisa terlihat dari bumi.

Bulan ini bakalan ada 2 gerhana yang terjadi. Pada 7 Agustus terjadi gerhana bulan sebagian yang bisa dilihat di Asia, Eropa, Afrika, dan Australia. Gerhana bulan terjadi saat bulan turun sebagian atau seluruhnya ke dalam bayangan bumi. Gerhana sebagian ini emang gak kelihatan mengesankan banget, tapi masih ada beberapa moment lain yang lebih keren.

Gerhana Matahari Total

Pada 21 Agustus Agan bisa melihat gerhana matahari total yang akan membuat langit menjadi gelap. Gerhana ini bisa dilihat di Amerika. Gerhana tersebut akan memotong jalur sejauh 70 mil dari Oregon ke Carolina Selatan, memotong sebagian besar Amerika Serikat yang bersebelahan, dan akan memberikan pemandangan menakjubkan bagi para tapi orang-orang beruntung yang berada di jalur totalitas gerhana akan memiliki kesempatan untuk melihat bulan benar-benar menghilangkan cahaya matahari selama beberapa menit.



NASA berpesan untuk Agan yang mau menyaksikan fenomena ini, jangan lupa siapkan kacamata gerhana ya, agar mata Agan tidak rusak.

Terakhir kali Amerika Serikat dihampiri gerhana matahari pada tahun 1979, makanya fenomena ini sangat ditunggu-tunggu.

Hujan meteor yang melimpah



Sebelum melihat gerhana matahari, kita akan disuguhi dengan hujan meteor, salah satu moment paling indah setiap tahunnya. Coba pantengin langit malam pada tanggal 12 Agustus (atau mulai tanggal 11 Agustus) untuk melihat hujan meteor. Sebelumnya coba berikan waktu untuk mata Agan selama 30 menit untuk menyesuaikan, dan coba cari tempat di mana Agan bisa melihat langit luas dan cerah.

Terutama jika Agan berada di area yang gelap dan jauh dari lampu-lampu kota, Agan bisa melihat sekitar 40-50 meteor per jam, kata space.com. Untuk melihat hujan meteor ini Agan gak perlu pakai teleskop atau alat khusus kok, yang penting carilah tempat yang gelap, lihat ke langit, lalu bersabar sampai langit menunjukkan keajaibannya.

Hujan meteor terjadi setiap tahunnya saat bumi melewati aliran puing-puing yang ditinggalkan oleh Komet Swift-Tuttle, yang melengkapi orbit matahari setiap 133 tahun sekali.

Nah, bisa nih gan jadi bahan ngajak si dia untuk romantis-romantisan liat langit. Cobain dah!


sumber
Diubah oleh travelaround 09-08-2017 09:48
nona212
nona212 memberi reputasi
1
17.6K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.