Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TomcatterAvatar border
TS
Tomcatter
[SHARE] MT Recruitment PT Asuransi Raksa Pratikara
Ane mau sharing tentang proses rekrutment Management Trainee di perusahaan general insurace PT Asuransi Raksa Pratikara (Asuransi Raksa), ane share karena prosesnya unik banget dan seru emoticon-Big Grin

Pertama well ini perusahaan general insurance 10 besar di Indo, dan 5 besar dalam insurance motor, dengan produk unggulannya tersendiri, info lebih lanjut bisa kunjungi [URL="www.araksa.com "]www.araksa.com [/URL]atau raksaonline.com

Jadi ane FG tahun 2014 dengan pengalaman kerja 0, singkatnya setelah melamar posisi MT di perusahaan ini via online, beberapa hari kemudian ane dapat sms panggilan Test tahap pertama yaitu Psikotest.

Proses atau tahapan rekrutmen MT di Asuransi Raksa terdapat 4 tahap, masing2 tahap akan ane jelaskan.

TAHAP 1 (PSIKOTEST)

Pada tahap ini peserta yang hadir sekitar 20 orang, kami diinstruksikan berkumpul di kantor Araksa di Wisma BSG, Jl. Abdul Muis no. 40 Lt. 3, JakPus, pukul 08.30

Setelah sampai dikantor Araksa kami diterima resepsionis dan diminta mengisi absen serta formulir registrasi calon karyawan. setelah itu pukul 09.00 psikotest dimulai. ternyata psikotest ini makan waktu hingga sore hari, karena ada beberapa tahapan test:

  1. Logic Test : 120 Menit
  2. English Grammar : 60 Menit
  3. English Essay : 90 Menit
  4. Accuracy Test : 30 Menit
  5. Personality Test : 30 Menit
  6. Calculation Test : 30 Menit


Sehingga total psikotest selama sekitar 7 jam, semua soal2 psikotest dalam bahasa inggris dan dalam satuan non-metrik (US), bisa dibilang cukup sulit, tidak seperti Psikotest umumnya yang ada menggambar, atau vauli test atau krapellin test.

Ada break makan siang dan dzuhur pada jam 12 siang, sekitar 1 jam, makan dan minum disediakan oleh HRD.

TAHAP 2 (INTERVIEW HRD)

Hasil test tahap 1 diumumkan sehari kemudian, dan test tahap 2 pada minggu berikutnya.

Inti pada test tahap 2 ini adalah Interview HRD, menggunakan english dan bahasa. Interview lebih kepada bagaimana kesiapan kita bergabung di perusahaan dan penjelasan ttg budaya perusahaan, program MT, benefit dan lain2.

Namun sambil menunggu giliran panggilan Interview, kami ditempatkan disebuah ruang berbentuk kelas dan diminta mengerjakan soal2 review dari bahan bacaan seputar Case asuransi, dan juga soa-soal lain seputar kepribadian, Disela2 test juga terdapat sesi sharing dari senior MT angkatan sebelumnya. tahap ini juga terdapat break makan siang, sambil break kita mendapat sharing program MT dan seputar suasana perusahaan dari senior.

oh ya ada juga sesi dimana kita diberi lembar daftar nomor polisi mobil milik perusahaan yang ada di area parkir gedung dan kita diminta untukmencatat jenis dan ciri2nya pake waktu juga emoticon-Ngakak (S)

Setelah sesi interview selesai, sekitar sore hari pukul 16.00, HRD mengumumkan siapa saja nama peserta yang dapat lanjut ketahap berikutnya, disini ada beberapa peserta yang dinyatakan gugur.

Sementara peserta yang lolos diberi test tambahan, kami diperkenalkan dg staff marketing oleh HRD dan kemudian dibagikan paket brosur produk perusahaan 10 paket/orang. ternyata dari kantor kami dibawa ke satu kawasan komersial dan kami diminta menyebarkan brosur2 tersebut kepada target potensial, disatu kawasan komersial, dalam waktu 10 menit. tp tenang kata HRDnya tugas kita nanti bukan kaya gitu ko emoticon-Ngakak (S) cuma buat test aja... emoticon-Malu (S)

setelah test berakhir kami kembali ke kantor untuk review bersama staff marketing dan kemudian pulang.

TAHAP III (INTERVIEW DIREKSI/USER)

Tahap 3 juga hanya jeda seminggu dari tahap 2, di tahap 3 ini kita sebelumnya di sms/beritahu untuk membawa baju dan sepatu olahraga (buat apa? nanti dulu emoticon-Big Grin), inti acara disini sebenarnya ada di interview user. seperti biasa sambil menunggu giliran kami di 'kelas' diberi tugas bedah buku tentang manajemen. dan beberapa soal lain seperti kritik-saran atau kesan pesan dan lainnya ane agak lupa emoticon-Hammer2;

Interview oleh 2 orang direksi, lebih ditanya ke personality dan pribadi serta prestasi dan pencapaian kita sih, interviewnya santai... emoticon-Big Grin sambil duduk di sofa, haha, trus break lunch lagi.

nah interview kelar agak sore, baru deh disini lagi uniknya, kita disuruh ganti pakaian dan sepatu olaharaga, ternyata disuruh lari naik-turun tangga 30x emoticon-Hammer, yang disebut Stress Test emoticon-Nohope, mana diruangan ber-AC, seret tenggorokan emoticon-Cape d... (S)

selesai itu, istirahat sambil dikasih minum n snack. kembali kumpul di kelas dan satu2 dipanggil HRD disatu ruangan, cuma untuk ditanya capek engga? dan mau lanjut apa engga katanya masih ada test itungan lagi emoticon-Hammer, ane bilang aja lanjut drpda reschedule emoticon-Big Grin dan ternyata cuma spik doang, ga ada test lagi emoticon-Ngakak (S)

TAHAP IV/AKHIR (SIDANG DIREKSI-KOMISARIS/CEO)

Dari tahap III ke IV ini jeda hampir sebulan, 3 minggu lah. pada hari H kita diminta datang pukul 08.00

ketiga pagi ane datang dan ketemuan teman2 peserta lain kita masih diminta menunggu kesiapan ruangan dan jajaran direksi serta CEO, sambil menunggu kami disuguhkan snack dan coffe/tea drink.

Pukul 09.00 acara dimulai bentuknya seperti sidang panel cerdas cermat, peserta berdiri berjajar setengah lingkaran didepan jajaran direksi dan satu CEO serta staff lain yang jadi juri penilai, peserta diberi properti papan untuk penunjuk (angkat tangan) berisi nama dan asal univ/jurusan serta ditempelin foto masa kecil kita dibelakangnya emoticon-Ngakak (S) (yang diminta saat pengumuman pasca test tahap 3)

jadi ada beberapa sesi pertanyaan seputar isu2 aktual politik,nasional,internasional dsb formatnya diminta 3 orang peserta penjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh seorang direksi/ceo/staf, ada sesi kita yang diminta melemparkan isu/pertanyaan dan ditanggapi oleh 2 rekan peserta lain. dan salah satu sesi dalam BAHASA INGGRIS. Serta sesi pertanyaan seputar budaya perusahaan yang berasal dari buku modul company profile yang diberikan saat akhir tahap 3.

menjelang jeda makan siang, kita dijamu makan prasmanan bersama semua direksi dan staf. mantap gan emoticon-Big Grin

Setelah itu lanjut acara sekitar pukul 1 atau 2 gt, untuk sesi lanjutan berupa presentasi produk perusahaan dari HRD, dan kami peserta diminta membuat satu produk asuransi yang belum dimiliki perusahaan dan mempresentasikannya didepan direksi dan CEO, kami diberi waktu 30 menit, dan presentasi yang paling baik diberi hadiah Rp. 500rb uang udah ditaro didepan meja presentasi emoticon-Ngakak (S), temen ane menang dan dapat hadiahnya emoticon-Big Grin

Selesai tahap 4, kita dibrief HRD akan pemberitahuan kelulusan akan diinfokan via tlp 2 hari kemudian, dan ada Acceptance Day emoticon-Big Grin

ACCEPTANCE DAY

Disini peserta yang lulus tahappan rekrutmen MT (tinggal 9 orang) dipanggil untuk offering sallary dari HRD, penjelasan benefit dan program MT secara lbh mendetail. kemudian pengenalan kantor (jelajah kantor) dan disusul seremoni welcoming MT angkatan kami lagi2 dihadiri direksi,CEO,komisaris,GM, senior MT dan staff lain. disini Diberikan penghargaan kepada seluruh peserta MT yang diterima berupa sertifikat peringkat, dimana yang mendapat peringkat 1 dari seluruh tahapan proses MT mendapat hadiah sebesar 1 juta!!! emoticon-Cendol (S)

kemudian acara dilanjutkan dengan gala dinner disalah satu resto di hotel bintang 5 di jakarta yang berupa ramah tamah dengan seluruh direksi hingga staf, acara baru selesai jam 11 malem gan!! emoticon-Ngakak (S), tapi disediakan voucher taxi buat tiap peserta pulang dari TKP emoticon-Big Grin

=======================================================

Sekian sharingnya sebenernya masih banyak lagi yang perlu dishare seperti budaya perusahaan yang unik juga, seperti sistem meritokrasi murni dalam jabatan staff, jadi ga memandang usia diri dan usia kerja seseorang, kalo dia perform bagus, bisa naik jabatan kapanpun, dan semuda apapun.

Proses MTnya sendiri 3 minggu in-classs dan 4 bulan On Job Training dengan berbagai ujian dan program pembinaan pasca jam kerja (khusus bagi MT)

MT juga mendapatkan mentor yang dapat diminta, siapapun orangnya, apakah itu direksi, manager even CEO untuk mendampingi MT selama masa training...
Diubah oleh Tomcatter 22-05-2014 14:09
0
58.4K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.