Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Chandra.LiangAvatar border
TS
Chandra.Liang
Welcome To Entrepreneur Corner !
Welcome to Entrepreneur Corner !


“Siapa yang sudah menjadi Entrepreneur ?” tanya seorang praktisi bisnis di seminarnya. Lalu sekitar 50% peserta seminar yang hadir mengangkat tangannya, dan dilanjut dengan tambahan pertanyaan lagi dari si pembicara ke salah satu peserta yang mengangkat tangannya, “Bisnis di bidang apa Mas ?”. “Ada beberapa Pak, saya berjualan pulsa, tiket pesawat, dan kadang saya jual tanah punya kolega2 saya”, jawab peserta tersebut.

Cuplikan di atas mengambarkan beberapa seminar yang pernah saya ikuti. Pertanyaan tersebut sering dilayangkan, dan jawaban tersebut cukup sering terdengar di awal seminar, khususnya di seminar2 yang kebanyakan pesertanya anak muda.
Lalu apakah salah bila seseorang berjualan pulsa, tiket pesawat, dan jadi calo tanah ? Tidak, sama sekali tidak. Itu merupakan pekerjaan yang halal. Namun, benarkah sang peserta tersebut benar2 layak disebut seorang entrepreneur ? Saya rasa belum.
Entrepreneur, definisinya berbeda dengan pedagang. Entrepreneur sudah pasti memiliki sebuah kegiatan dagang di dalam bisnisnya. Namun pedagang, belum tentu memiliki semangat dan jiwa entrepreneurship. Banyak orang salah kaprah tentang entrepreneurship, dengan “tidak bekerja di sebuah perusahaan”, orang2 seperti ini dengan lantang mengatakan “I’m an entrepreneur”.

Beberapa peribahasa bahkan memperparahnya, salah satunya adalah “Daripada menjadi ekor naga, lebih baik menjadi kepala tikus”. Ya, ada benarnya, lebih baik memang menjadi kepala tikus, BILA tikus tersebut bisa berkembang suatu saat menjadi naga atau harimau. Bila tikus tersebut hanya tetap menjadi tikus selamanya, ya lebih baik jadi ekor naga toh, at least masih terbang di atas walau hanya jadi ekor..ha ha ha

Intinya yang mau saya sampaikan adalah, jangan terlalu bangga atau sombong dulu dengan jabatan “entrepreneur”, karena di luar sana masih banyak pekerjaan non entrepreneur yang juga membuat seseorang menjadi sukses. Namun bila Anda sudah bisa menjadi Entrepreneur yang sukses, tentunya Anda boleh berbangga…he he he.

Lalu, sebenernya apaan sich Entrepreneurship itu ? Walau definisi pastinya masih simpang siur, namun sebuah buku karya Adi Putra Widjaya dan Aries Wiranata yang berjudul GarudaPreneur, mendefinisikannya dengan sangat baik : “Entrepreneurship is living a few years of your life like most people won’t, so that you can spend the rest of your life like most people can’t”

Yess, exactly. Saya sangat setuju dengan definisi tersebut. Entrepreneurship adalah tentang bagaimana kita menjalani hidup (di awal2 membangun bisnis) dengan kerja keras dan penuh perjuangan (yang dimana kebanyakan orang tidak mau melakukan hal tersebut), lalu setelah beberapa tahun kita bisa menikmati hidup dan menikmati jalannya bisnis tersebut (yang dimana kebanyakan orang akan tidak bisa mendapatkan hal itu).

Dan kalau Anda menjadi penjual pulsa, calo tiket, atau calo tanah, apakah Anda bisa menikmati hidup Anda layaknya Entrepreneur sukses yang bisnisnya telah menjadi aset berharga ? Tentunya tidak, kan ?

Ok, tanpa berpanjang2 lagi, welcome to Entrepreneur Corner ! Buat yang belum/sudah jadi Entrepreneur, di sinilah kita bakal sama2 berdiskusi bagaimana sebaiknya menjadi seorang Entrepreneur yang profesional dan sukses. Mari kita saling mengasah diri dan belajar bersama. So, feel free to discuss in this Subforum.



Kind Regards,
Chandra Liang


Spoiler for UPDATE !! My New Threads:



Spoiler for My Other Threads Before i became Contributor:


And this is my biography so far

Chandra Liang
CEO Esprecielo Group



Quote:




emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh Chandra.Liang 18-07-2016 04:23
adnanami
[B]aRon[G]
hikarinosenshi
hikarinosenshi dan 7 lainnya memberi reputasi
8
223.1K
1.3K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.