ladystoneheartAvatar border
TS
ladystoneheart
"Winter Is Coming" House Stark dalam Game Of Thrones


Winter is here gan! Berhubung Game of Thrones memasuki season ketujuh tepatnya episode 3, ane mau ngejelasin House favorit ane "House Stark". Bagi yang belum nonton sama sekali ane saranin jangan baca thread ini karena "The night is dark and full SPOILER".
emoticon-Jempol

Siapin kopi gan, karena thread ini agak panjang
emoticon-Cendol Gan


House Stark



House Stark memiliki simbol kepala Direwolf pada lambang keluarga mereka yang diambil dari hewan buas yaitu serigala besar yang habitatnya hampir punah didaerah utara. Memiliki motto "Winter is Coming" selaras dengan wilayah yang mereka tempati terletak pada bagian utara Westeros yang sangat luas. Sebagian wilayah ini selalu ditutupi salju dan selalu menjadi wilayah pertama yang akan mengalami musim dingin yang parah dibandingan wilayah lain didaratan Westeros. Keluarga Stark berdiam di Kastil Winterfell. Nenek moyang Keluarga Stark merupakan orang-orang pertama yang menginjakan kaki ditanah Westeros lebih dari 10.000 tahun yang lalu dan berasimilasi dengan penduduk pribumi. Sama seperti nenek moyang mereka terdahulu keluarga Stark masih menyembah "The Old Gods" dimana direpresentasikan dengan sebatang pohon didalam Kastil Winterfell.




The Old Gods



Keluarga Stark lah yang menjadi fokus perhatian dalam cerita ini. Dibangun oleh Lord Rickard Stark, yang memiliki garis keturunan yaitu : Brandon Stark, Eddard "Ned" Stark, Lyanna Stark dan Benjen Stark. Jauh sebelum itu Torrhen Stark (nenek moyang Lord Rickard Stark) beserta pasukannya berbaris ke selatan menghadapi invasi bangsa Targaryen yang dipimpin oleh Aegon I Targaryen atas tanah Westeros. Namun melihat naga-naga yang kekar serta begitu banyak mati, alih-alih mau memerangi, dia menyadari bahwa peperangan akan sia-sia jika diteruskan. Torrhen Stark akhirnya bertekuk lutut kepada Aegon I Targaryen tanpa perlawanan. Atas pengakuannya itu Aegon I Targaryen memberikan dia "Lord of Paramount and Warden of The North". Orang-orang Stark percaya bahwa Torrhen Stark menyelamatkan ribuan nyawa pada waktu itu.




Lord Torrhen Stark berlutut pada Aegon I Targaryen demi keselamatan rakyatnya



Penaklukan Westeros oleh Aegon I Targaryen




Dikisahkan Anak King Aerys II Targaryen, Prince Rhaegar Targaryen menculik Lyanna Stark yang merupakan tunangan Robert Baratheon tanpa alasan yang jelas dan menyembunyikannya jauh di wilayah Dorne. Keluarga Stark tidak terima kejadian ini, termasuk Brandon Stark ketika itu sedang melakukan perjalanan ke Riverrun untuk mau menikahi Catelyn Tully, malah berbelok arah ke King's Landing untuk menuntut keadilan dan hukuman atas perbuatan Prince Rhaegar kepada King Aerys II.
Diluar dugaan, King Aerys II malah menahan Brandon dan menuduh dia sedang melakukan makar kepada keluarga kerajaan. Dan meminta Lord of Winterfell, Rickard Stark untuk datang ke King's Landing untuk pertanggung jawaban atas perbuatan anaknya seperti yang dituduhkan. Bukan keputusan yang adil yang mereka terima, King Aerys II malah membunuh mereka berdua. Hal inilah yang menjadi pemicu terjadinya pemberontakan yang dinamakan "Robert's Rebellion". Dimana Robert Baratheon, Ned Stark dan Jon Arryn dibantu keluarga dari House Tully menghancurkan keluarga Targaryen. Lyanna Stark pun ikut menjadi korban dalam peperangan ini. Duka mendalam bagi keluarga House Stark juga bagi Robert Baratheon. Pada saat berkobarnya peperangan tersebut Ned Stark menikahi putri dari Hoster Tully yaitu Catelyn Tully yang dulunya adalah tunangan saudaranya almarhum Brandon Stark suatu bentuk aliansi dengan keluarga House Tully.




Mad King/ Aerys II Targaryen



Prince Rhaegar Targaryen



Battle of Trident, Robert Baratheon vs Rhaegar Targaryen



Setelah peperangan selesai yang dimenangkan oleh aliansi Robert Baratheon, kepemimpinan keluarga House Stark selanjut dipegang oleh Ned Stark sebagai The Lord Paramount of The North, dan begitu juga dengan Robert Baratheon dinobatkan menjadi Raja untuk The Seven Kingdoms dan menikahi putri keluarga House Lannister yaitu Cersei namun kesedihan terus meratapinya atas Lyanna Stark.




Robert Baratheon



Cersei Lannister



Pernikahan Robert Baratheon dengan Cersei Lannister sangat tidak disukai oleh Ned. Cara keluarga House Lannister serta pasukannya ketika perlawanan pemberontakan terhadap House Targaryen dengan cara merampok, menjarah & merudapaksa di King's Landing tidak bisa diterima termasuk merampok kemenangan mereka lewat perkimpoian ini sehingga memperburuk persahabatan antara Ned dengan Robert. Ned tidak mau ambil bagian dalam kekuasaan kerajaan seperti Jon Arryn yang menjadi Hand of The King, namun lebih memilih tetap di Winterfell.




Winterfell Castle



Kings Landing merupakan ibukota The Seven Kingsdom



Dikisah selanjutnya ketika Hand of The King, Jon Arryn meninggal. Robert kembali mendekati Ned dan memintanya untuk menjadi Hand of The King menggantikan Jon Arryn karena Robert merasa tidak ada satupun orang yang bisa dia percaya kecuali Ned, dan Ned tidak punya pilihan lain hingga menerima permintaan itu.
 

Pernikahan Lord Eddard "Ned" Stark dengan Lady Catelyn "Cat" Tully melahirkan anak-anak yaitu :
Robb Stark
Sansa Stark
Arya Strark
Bran Stark
Rickon Stark




Stark Family



Ditengah perkimpoian Ned dan Cat, ternyata Ned memiliki asmara lain dengan Wylla, seorang wanita wilayah utara. Hubungan ini, Ned memiliki seorang anak bernama Jon Snow. Walaupun Jon Snow adalah anak haram hasil hubungan gelap dengan Wylla. Ned tetap bertanggungjawab terhadap kehidupannya. Hingga merawat dan mendidik Jon Snow dikediaman Kastil Winterfell. Semua anggota keluarga Stark dapat menerima Jon Snow sebagai bagian dari keluarga Stark namun tidak bagi Cat. Cat begitu terpukul & hancur perasaannya dengan kehadiran Jon Snow. Namun walau bagaimanapun Cat tidak bisa berbuat banyak apalagi tidak menerima kehadiran Jon Snow. Dia hanya bisa memandang penuh kebencian atas pengkhianatan cintanya Ned ketika melihat Jon Snow. Kisah sebenarnya Jon adalah putra Rhaegar Targaryen dan Lyana Stark, tapi hal ini tidak diungkap sama sekali oleh Ned Stark karena demi keselamatan Jon sendiri. Karena ada darah naga (Targaryen) dalam tubuh Jon Snow.


Keluarga Stark memiliki keluarga pengikut setia yang ada di wilayah utara, yaitu : 
House Bolton
House Cerwyn
House Hornwood
House Kastark
House Mormont
House Umber

Paling utara wilayah The North yang dikuasai oleh keluarga House Stark, ada "The Wall" yang merupakan tembok tinggi pemisah sekaligus gerbang penghubung antara Westeros dengan daratan bagian luar yang selalu ditutupi salju dihuni oleh bangsa bar-bar yaitu White Walker dan Wilding. The Wall selalu dijaga siang malam oleh para Ranger "The Night's Watch". Para Ranger ini merupakan orang buangan, penjahat atau orang hukuman yang mau mengabdi untuk menjaga The Wall dari serangan bangsa bar-bar dengan begitu semua dosa serta hukuman mereka dihapuskan. Namun bukannya tanpa konsekuensi menjadi seorang Ranger The Night's Watch. Mereka harus rela berselibat (tidak melakukan hubungan intim dengan wanita) juga tidak boleh keluar atau jadi disertir dari pos penjagaan mereka yaitu "Castle Black". Mereka hanya boleh keluar dari Castle Black ke arah utara hingga dibalik The Wall tanpa batas kecuali ke arah selatan. Siapa yang melanggar hukuman mati akan menanti mereka di Winterfell. Benjen Stark, saudara kecil Ned adalah seorang ranger pertama Night's Watch yang punya hak khusus bisa melakukan perjalanan kemana dia suka.





Sumpah Night's Watch bikin merinding gan.



The Wall



The Castle Black



Dalam kehidupan petualangnya, masing-masing anak Ned Stark selalu didampingi & dijaga oleh Direwolf yaitu serigala wilayah utara yang hampir punah yang mereka rawat dari kecil. Hingga mitos Robb Stark pun bisa berubah jadi serigala untuk memerangi musuh-musuh keluarga House Stark.
Dalam keluarga House Stark ada seorang anak dari House Greyjoy yang hidup, besar & tinggal bersama anak-anak Stark. Dia adalah Theon Greyjoy, anak Lord Balon Greyjoy yang disandera oleh Ned Stark atas pemberontakan Ayahnya sejak dia berusia 10 tahun. Namun Theon dibesarkan & dididik bukan seperti sandera atau musuh. Malah Theon dianggap layaknya sebagai anaknya sendiri oleh Ned. Theon lebih dekat dengan Robb dan sering bermasalah dengan Jon Snow. Namun pada kisah selanjutnya, Theon mengkhianati Keluarga Stark.




Wasteros Map



Lord Eddard "Ned" Stark dalam mengurus House Stark tidak sendirian, dia dibantu oleh :
Maester Luwin sebagai Healer & Counselor
Ser Rodrik Cassel sebagai Master at Arms
Jory Cassel sebagai Captain of The Guard
Septa Mordane sebagai Tutor
Old Nan sebagai Story Teller & Nurse
Hodor sebagai Servant.

Tambahan Gambarnya gan :





Eddard "Ned" Stark



Catelyn Stark (Tully)



Robb Stark



Sansa Stark



Arya Stark (tokoh favorit ane)



Brann Stark



Rickon Stark




Jon Snow



Benjen Stark



Lyana Stark



Theon Greyjoy




Hodor



Stark Direwolf



Sigil House Stark, Targaryen, dan Lannister




The Iron Throne




Thanks udah baca thread ane gan, bagi yang belum nonton, buruan nonton deh gan. Sumpah keren banget nih Series. Sekian penjelasan ane tentang House Stark, untuk penjelasan house lainnya sedang dalam proses gan. Dan inget gan "The North Remember".
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

"Valar Morghoulis"



Sumber Referensi:
- Novel A Song of Ice and Fire by GRRM Martin
- Google
- Wikipedia
- http://gameofthrones.wikia.com
- http://malesbanget.com/2013/09/seri-...-great-houses/
- http://tujuhkerajaan.blogspot.com/20...-westeros.html
Diubah oleh ladystoneheart 12-08-2017 13:34
goroseiblack
goroseiblack memberi reputasi
1
37.9K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.