xutux06Avatar border
TS
xutux06
Jalur Puncak Akan Diperlebar Mulai September, Ribuan PKL Direlokasi

Kemacetan Puncak, Bogor. (Foto: Dok. Polres Bogor)


Jalur Puncak, Bogor siapa tak kenal. Lokasi sepelemparan batu dari Jakarta ini menjadi tempat warga Jabodetabek melepas penat dengan menikmati udara pegunungan.

Tapi walau jaraknya cukup dekat dari Jakarta, untuk menuju ke sana, mesti melalui kemacetan panjang, utamanya di akhir pekan dan bisa berjam-jam.

Setelah bertahun-tahun masyarakat mengeluh akan lalu lintas di Puncak, Kementerian PU PR memberikan respons. Jalur Puncak akan diperlebar, rencananya mulai September tahun ini.

Baca Juga :




Kemacetan Jalur Puncak. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)


"Betul, desain sedang dibuat," kata Dirjen Bina Marga Arie Setiadi yang dikonfirmasi kumparan (kumparan.com), Selasa (8/8).

Menurut Arie, rencananya, pelebaran jalan ini akan memanfaatkan lahan di kiri kanan jalur Puncak yang sudah ada. Selama ini, jalur itu dimanfaatkan pedagang kaki lima.

"Termasuk penataan pedagang dan parkir di bahu jalan. Kita mulai dari Gadog hingga Puncak dulu," beber Arie.

Sedang menurut Kepala Bapeda Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah, rencananya mulai September yang akan datang proyek pelebaran jalan akan dimulai.

"Ini yang digunakan daerah milik jalan," terang Syarifah.


Kondisi jalur Puncak (Foto: Dok. Polres Bogor)


Mulai bulan ini, daerah milik jalan yang sudah berpuluh tahun digunakan PKL akan kembali diambil alih. Satpol PP Kabupaten Bogor mencatat ada 1.243 pedagang kaki lima di kawasan Puncak.

"Kami siapkan kawasan di Gunung Mas, di sana kan akan dibangun rest area, ada lima hektar. Kami kerjasama dengan pihak pengelola Gunung Mas untuk menampung PKL ini," urai dia.

Selain itu juga, Pemkab Bogor meminta bantuan dari pengelola restoran dan hotel yang ada di kawasan Puncak untuk membantu menangani para PKL ini, dengan menampung mereka.

"Ya bagian dari CSR," tutur Syarifah.

Selama ini, kemacetan di Puncak antara lain disebabkan mobil yang berhenti di bahu jalan karena membeli dagangan PKL, atau juga orang yang lalu lalang, serta parkir. Nantinya semua akan ditertibkan.

"Kami mohon dukungan masyarakat, karena kalau tidak ditertibkan mau sampai kapan Puncak seperti ini. One way itu kan solusi akhir tahun 80-an ketika macet di Puncak terjadi. Sekarang dicoba dengan pelebaran jalan," tutup dia.

Sumber: https://kumparan.com/indra-subagja/j...pkl-direlokasi
0
3.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.