poseedAvatar border
TS
poseed
Air Seni alias Air Pipis yang Disulap Menjadi Beer
Agan dan Sista siapa sih yang nggak tau beer atau gansis suka meminumnya? Beer (bir) adalah minuman beralkohol yang berasal dari hasil fermentasi. Pasti udah pada taulah ya gansis..Biasanya bahan pembuatan bir dihasilkan dari fermentasi bahan berpati seperti biji malt, cereal, dan kemudian diberi aroma flavor hops, namun tanpa proses penyulingan setelah fermentasi. Akan tetapi bagaimana jika bir terbuat dari air seni alias air pipis?

Perusahaan bernama Norrenbro Bryghus asal Denmark adalah pencetus Pisner Beer yaitu bir yang terbuat dari air pipis manusia. Eits sans gansis bukan berarti air seni tersebut langsung dijadikan bir dan diminum ditempat itu juga, melainkan melalui proses “daur ulang”. Untuk membuat Pisner Beer, mereka membutuhkan 54.000 liter urin manusia dan air urin hanya berasal dari para pengunjung di Festival Musik Rosklide di Denmark dan terbasar di Eropa Utara tahun 2015.



Nah begini gansis proses pembuatan Pisner Beer, pertama dimulai dari mengubah jelai (barley) menjadi malt dengan menggunakan urin tersebut. Pada musim semi tahun 2016, proses tersebut menghasilkan 11 ton jelai malt, yang dapat menghasilkan sekitar 60.000 botol Pisner Beer. Yang tidak kalah penting adalah proses pengolahan ini menggunakan mesin dengan teknologi modern yang dapat mengubah urin menjadi air yang dapat diminum dan dijadikan pupuk dengan tenaga surya alias tenaga matahari.


Kabarnya Dewan Pertanian dan Makanan Denmark (The Danish Agriculture and Food Council) berkolaborasi dengan Norrenbro Bryghus sangat mendukung project Beercycling ini, karena dianggap sebagai salah satu bentuk pelestarian lingkungan. Proses pembuatan Pisner Beer telah dimulai pada akhir Maret, dan sudah bisa dinikmati pada pertengahan bulan Juni 2017 kemarin. Ada kemungkinan produk bir yang tidak biasa ini akan hadir pada industri kuliner di Denmark.

Terlepas soal hukum mengkonsumsi bir yang ada di Indonesia, kira-kira Agan atau Sista mau mencoba Pisner Beer yang terbuat dari air urin manusia ini nggak? Merasakan sensasi minum bir yang sudah tau bahan utamanya adalah air pipis emoticon-Hammer2

0
12.8K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.