• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM THE HOBBIT TRILOGY DI NEW ZEALAND

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM THE HOBBIT TRILOGY DI NEW ZEALAND
Siapa yang tak kenal film fenomenal karya Peter Jackson, The Hobbit Trilogy. Sekalipun kamu tidak suka dengan film ini, tapi setidaknya kamu tahu adanya film ini dan keunikannya. Ya, dunia kecil atau kurcaci paling melekat dari film adaptasi novel karya JRR Tolkien ini.

Sukses The Hobbit tidak hanya berhasil memikat dari alur cerita, tetapi juga dari setting lokasinya. Penonton seolah diajak masuk ke dunia imajinasi yang menarik mata, dan pada akhirnya lokasi pembuatan film ini juga menjadi buruan orang selepas kesuksesan filmnya. Tidak hanya di lokasi asli, bahkan di Bandung saja ada tiruan rumah-rumah The Hobbit ini.

Nama New Zealand memang semakin tenar saja setelah Trilogy The Hobbit rilis termasuk juga karena sekuel sebelumnya The Lord of The Rings. Lokasi setting film ini justru tidak mati setelah shooting selesai, kekuatan atmosfer dunia tengah (middle-earth) -sebutan untuk dunia tempat The Hobbit ini berada- yang disajikan New Zealand memang bak negeri dongeng yang tidak bisa ditemui di negara lain.

Lokasi pembuatan film ini sendiri tersebar di beberapa daerah baik di North Island ataupun South Island. Namun yang paling terkenal ialah daerah Matama karena disanalah perbukitan dan rumah The Hobbit di setting.


1. Hobbiton Movie Set, Matamata, North Island
Tentu ini adalah lokasi yang paling diburu wisatawan pecinta The Hobbit ataupun The Lord of The Rings. Setting dunia tengah atau middle-earth yang digambarkan dalam novel direalisasikan salah satunya di sebuah area penggembalaan ternak seluas sekitar 500 hektar di Kota Matamata ini. Matamata sendiri berada di Region Waikato, sekitar 60 km Timur Kota Hamilton dan 160 km Tenggara Kota Auckland.


Hobbiton Movie Set di Matamata via hobbitontours.com

Terdapat agen wisata khusus Hobbiton Movie Set ini di Matamata ini. Kalian bisa memilih beberapa paket termasuk dari mana kalian akan dijemput. Pertama ialah penjemputan di The Shire’s Rest, 501 Buckland Rd, Hinuera dimana jemputan akan datang setiap 30 menit dari jam 8:30 pagi hingga 3:30 sore. Kedua ialah dijemput di The Matamata i-site, 45 Broadway, Matamata. Mobil jemputan tiba sejak jam 9:30 pagi hingga terakhir jam 2:45 siang. Pilihan pertama dan kedua ini dipatok tarif NZD 79 untuk dewasa dan NZD 39,5 untuk anak 9-12 tahun, serta gratis untuk anak dibawah 9 tahun. Terakhir ialah jika kamu hendak di jemput di Rotorua, tepatnya akan dijemput di The Hobbiton Movie Set Store, 1235 Fenton St, Rotorua. Jemutan akan tiba di jam 8:00 dan 8:20 pagi serta 1:00 dan 1:20 siang. Tiket pilihan ketiga ini dipatok NZD 114 dewasa dan NZD 74,5 untuk anak 9-16 tahun, serta untuk anak dibawah 9 tahun cukup membayar biaya transport saja sebesar NZD 35. Jangan lupa untuk melakukan reservasi dahulu secara online atau menghubungi nomor (07) 888-1505 setidaknya 12 jam sebelumnya.


Karakter gandalf di Hobbiton via warner bros

Di Hobbiton Matamata ini memang menjadi lokasi yang sangat menarik untuk dijelajahi dari mulai lanskap bukit-bukit dan hamparan rumputnya, beg-end alias rumah bilbo tentu saja, dan termasuk interior di dalam rumahnya yang masih asli seperti di film. Jadi, dijamin ada banyak spot berfoto yang menarik disana.


Evening Banquet Tour via newzealand.com

Mau lebih spesial seolah kamu tengah masuk ke setting film? Kamu bisa memilih paket ‘Evening Banquet Feast’. Paket ini hanya tersedia 2 kali seminggu yaitu di hari Rabu dan Minggu malam. Di Musim panas, mungkin saja diadakan di hari Senin, Selasa, dan Kamis malam saat ada momen tertentu. Sesuai namanya, kita akan diajak menikmati jamuan makan malam di rumah hobbit dengan suasana persis di filmnya. Paket ini mematok harga mulai dari NZD 190 untuk dewasa, NZD 150 untuk anak 9-16 tahun, NZD 100 untuk anak 5-8 tahun, dan gratis untuk balita.


The Green Dragon Inn via newzealand.com

Jika tidak sempat, bisa pula mampir ke The Green Dragon Inn, lokasi tepat menikmati hidangan khas. Di rumah hobbit dengan interior yang menarik, kamu bisa memesan beberapa menu makanan ringgan dengan tarif terjangkau mulai dari NZD 4 hingga NZD 10.

Jika kamu terlanjur jatuh cinta dengan suasana pedesaan di Matamata, tak ada salahnya juga menginap di Farmstay. Dengan penginapan yang nyaman dan langsung bernuansa pedesaan khas New Zealand, Farmstay yang disediakan tersebar dibeberapa lokasi dan bisa dipilih sesuai keinginan dan ketersediaan tentunya. Tarifnya sendiri mulai dari NZD 168 perorang untuk twin share, NZD 215 untuk single, NZD 96 untuk anak 2-11 tahun, dan NZD 62 untuk bayi. Harga ini sudah termasuk 3 paket makam malam, wine, sarapan, dan tur di pedesaan setempat.


2. Hairy Feet Waitomo, Piopio, Waikato, North Island
Masih di Pulau Utara, sekitar 120 km arah Barat Daya, lokasi yang juga pernah menjadi setting ialah di dekat Piopio, tepatnya di 1411 Mangaotaki Road, RD 1. Seting di lokasi ini bisa kalian lihat di The Hobbit pertama, ‘An Unexpexted Journey’ dalam beberapa scene seperti saat Gandalf mempercayakan Sting pada Bilbo, Serangan Gundabad Wargs dan Orcs, datangnya Radagast, dan lainnya. Tak salah memang Mangaotaki dijadikan salah satu lokasi shooting karena tebing batu kapur yang besar menjulang ditengah hamparan rumput berbukit terlihat sangat dramatis selain tentu saja eksotis.


Salah satu lokasi di Mangaotaki Rocks via hairyfeetwaitomo.co.nz

Sama seperti di matamata, lokasi yang dikenal dengan nama ‘Hairy Feet Waitamo’ ini juga punya paket wisata dari agen tur tersendiri. Terjadwal 2 kali tur dalam sehari yang dilayani yaitu di jam 10 pagi dan 1 siang dengan durasi sekitar 90 menit. Tarif untuk bisa menjejaki setiap lokasi scene dalam film The Hobbit ini ialah sebesar NZD 50 untuk dewasa dan NZD 25 untuk anak dibawah 14 tahun. Jangan lupa, sebelum melakukan tur, kalian harus mendaftar terlebih dahulu di website resmi mereka hairyfeetwaitamo.co.nz.


3. Ruapehu, Manawatu-Wanganui, North Island

Ruapehu Tracking, photo by Paul Abbit via newzealand.com

Di daerah Ruapehu yang berjarak sekitar 200 km dari Waikato ini juga banyak lokasi yang dijadikan latar film The Hobbit. Gunung Ruapehu di Taman Nasional Tongariro contohnya. Di lokasi ski populer yang dikenal dengan sebutan Turoa Ski Area, seri ‘The Hobbit : The Desolation of Smaug’ mengambil lokasi shooting disana. Ada juga di daerah Ohakune tepatnya di Sungai Mangawhero dan air terjun Mangwhero di film pertama ‘An Unexpected Journey’.

Kembali berbicara soal Turoa Ski Area, ini merupakan lokasi ski terkenal yang berada di lereng gunung. Selain itu, disini juga cocok untuk kegiatan sepeda gunung, dan tentunya lintas alam karena sudah tersedia jalur khusus pejalan kaki yang dikenal dengan Tongariro Crossing.


4. Wellington, North Island

Kaitoke Regional Park, photo by Juergen Schlte via newzaealand.com

Ibukota negara juga tak lepas dari lokasi shooting film The Hobbit. Tentunya bukan di pusat kota melainkan di daerah sekitarnya yaitu Taman Regional Kaitoke yang berjarak sekitar 40 km dari Wellington. Kaitoke memiliki karaktern alam berupa hutan hujan dan sungai yang berair jernih bak kristal. Menyusuri area ini juga sangat nyaman karena sudah ada jalur khusus pejalan kaki. Tak hanya pepohonan hutan dan sungai, Kaitoke juga menjadi habitat bagi aneka satwa terutama burun-burung langka seperti parkit jambul kuning dan elang.


5. Queenstown, South Island
Beralih ke Pulau Selatan yang juga banyak menjadi latar tempat. Queenstown yang memang menjadi destinasi wisata utama Selandia Baru ternyata juga dipilih menjadi lokasi middle-earth.


Earnslaw Burn via Heliworks Queenstown Helicopters

Tempat eksotis pertama ialah Earnslaw Burn. Tebing batu dengan es yang mencair bak air mancur yang keluar diantara bebatuan adalah pemandangan yang akan kalian lihat di lokasi ini. Pemandangan yang mengajak kita masuk ke dimensi lain bagai di dunia khayal. Earnslaw Burn menjadi setting untuk scene Bilbo dan rombongan yang meneruskan pencarian mereka meninggalkan Rivendell.

Kamu juga bisa melihat keunikan alam Earnslaw Burn dan seolah menapak tilas The Hobbit dengan melakukan lintas alam. Jalur Earnslaw Burn Track yang dimulai dari Glenorchy sangat cocok dipilih dengan variasi lintasan yang beragam. Karenanya juga kalian harus tetap berhati-hati apalagi jika tengah atau sehabis hujan, beberapa spot cukup sulit dilalui.

Kalau kamu ingin sesuatu yang mewah dan tak biasa, cobalah menyewa helikopter yang memang dikhususkan untuk wisata. Dengan minimal 2 orang penumpang dan biaya NZD 920 perorang, kalian akan diajak mengudara hingga 1000 meter dan menikmati keindahan kawasan Earnslaw dari udara. Tentunya kalian juga akan diajak mendarat di 2 lokasi utama yaitu Earnslaw Burn dan Gunung Nicholas, dengan durasi total petualangan hingga 75 menit.


Beorn’s House via warner bros pictures

Di Queenstown juga menjadi setting untuk Rumah Beorn. Berjalanlah ke Jalan Queenstown – Glenorchy atau dikenal juga dengan sebutan Paradise Road, disanalah kalian bisa melihat pemandangan lanskap yang memukau dengan pegunungan yang menjulang dan berkontur dramatis. Hamparan rumput menjadi pelengkap menarik dan menjadikan wilayah ini terlihat jauh lebih eksotis.


6. Sungai Pelorus, Marlborough, South Island
Dalam seri The Hobbit : The Desolation of Smaug, ada adegan dimana para kurcaci berada di dalam bejana besar atau gentong dan hanyut di arus sungai. Sungai Pelorus-lah yang menjadi lokasi pengambilan gambar ini. Memang uniknya Sungai Pelorus yang berarus tenang ini ialah dari tebing-tebing batu tepat di sisinya.


Scene di Sungai Pelorus via warner bros pictures

Kamu juga bisa merasakan hanyut di sungai ini seperti para kurcaci tersebut, tapi tidak dengan gentong tentu saja. Kamu bisa ikut dalam wisata kayak atau dinamai Pelorus Eco Kayaks. Ya, kamu akan menyusuri beberapa km dan lekuk demi lekuk aliran sungai kecil berair super jernih tersebut dengan menggunakan kayak. Karena ini tidak seperti arung jeram yang menguji adrenalin, maka kayak bisa diikuti siapa saja tanpa perlu pengalaman khusus atau keberanian ekstra. Kamu akan diajak susur sungai dengan total waktu hingga 4,5 jam dimana tur dimulai jam 9 pagi tiap harinya. Lokasi kumpul sendiri ialah di Bluemoon Lodge Havelock dan operator kayak akan menjemput dengan bus dan membawa kita ke lokasi start, begitupan di akhir petualangan, mereka akan kembali mengantarkan kita ke Havelock. Tarif yang harus kamu keluarkan untuk sensasi kayak ini ialah sekitar NZD 175 untuk dewasa dan NZD 155 untuk anak dibawah 16 tahun.


7. Twizel, Canterbury, South Island

Alam di Twizel via backpackerguide.nz

Twizel menjadi kota yang dikenal bagi pecinta alam karena menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Gunung Cook. Alamnya yang berkontur membuat Twizel sangat cocok untuk ragam kegiatan alam seperti mendaki gunung, lintas alam, sepeda, ski, menunggang kuda, dan berkayak. Ciri alam Twizel ialah hamparan rumput coklat yang mengisi perbukitannya dan nampak semakin kontras jika berdampingan dengan danau yang berair biru cerah.

Dalam The Hobbit : An Unexpected Journey, Hazel menjadi setting untuk adegan Orcs dan Wargs. Lokasi nya bisa dituju di State Highway 8. Hamparan rumput gersang, tebaran beberapa batuan besar, dengan pepohonan hijau yang jarang-jarang nampak sangat memukau ditambah dengan barisan pegunungan dengan karakter yang beragam, dari yang juga berwarna coklat hingga beberapa yang tertutup salju.

LANJUTAN




0
17.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.