gembrenxAvatar border
TS
gembrenx
Ini Tandanya Jika Sepatu Olahraga Ente Sudah Kadaluarsa!
Ngecek kadaluarsa makanan atau minuman mungkin jadi hal yang biasa ente-ente lakukan. Tapi seberapa rutin dan seberapa perduli Agan dengan waktu kadaluarsa sepatu yang Agan kenakan?

Sepertihalnya makanan yang makin lama bisa makin gak enak , sepatu pun punya waktu-waktu di mana kenyamanannya perlahan berkurang Gan. Ini biasanya bergantung pada seberapa lama Agan menggunakan sepatu tersebut atau seberapa jauh jarak yang sudah Agan tempuh dengan mengenakan sepatu tersebut.



Kenyaman sepatu berkurang mungkin bagi Agan bukan jadi perkara yang begitu penting. Tapi tau gak sih kalau kualitas kenyamanan sepatu bisa mempengaruhi efek jangka panjang kesehatan kaki Gan.

Ketika sepatu makin aus, pijakan kaki akan menjadi lebih datar dan mendatar. Ini menyebabkan stres pada kaki dan pergelangan kaki dan bisa bikin perubahan gaya berjalan sampai akhirnya meningkatkan risiko cedera Gan. Apalagi kalau itu sepatu olahraga yang sering Agan pakai. beuh harus diperhatikan ekstra tuh kapan masa kadaluarsanya Gan.

Trus kapan masa kadaluarsa sepatu olahraga?


Sepatu lari (running)



Kenyamanan optimal dari si sepatu lari dapat bertahan hingga jarak 725 km. Itu sekitar 6 bulan buat yang sering lari atau sekitar 11 tahun lebih untuk pelari moderat. Meski demikian Gan, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi kenyamanan sepatu lari. Biasanya pelari dengan tubuh yang lebih berat bisa merusak sepatu lebih cepat ketimbang mereka yang lebih ringan. Selain itu medan yang ditempuh juga berpenaruh. Agan yang berlari di permukaan lembut seperti treadmill atau rumput bisa menempuh jarak lebih jauh daripada mereka yang lari di semen atau trotoar. Agan juga bisa menggunakan insting agan untuk merasakan apakah sepatu running agan masih nyaman atau tidak. Lihat apakah bantalan sepatu tidak lagi baik, apakah sol sepatu menunjukkan tanda-tanda keausan , atau apakah bagian atas sepatu terlihat pecah atau tidak. Semua ini bisa jadi dasar pertimbangan AGan untuk mengganti sepatu baru.

Sepatu angkat beban (weightlifting)



Biasanya sepatu olahraga untuk angkat beban berumur sekitar 12 bulan Gan. Biasanya agan mungkin gak melihat ada kerusakan pada sol sepatu, tapi bagian atas sepatu biasanya akan kehilangan topangan. Sepatu jenis ini juga biasanya tidak mengalami kerusakan sedramatis sepatu lari atau latihan.

Sepatu latihan (training)



Untuk yang terbiasa ngegym misalnya 3 kali dalam seminggu, sepatu training biasanya bertahan kira kira 6 bulan. Tapi untuk yang hanya ngegym seminggu sekali sepatu jenis ini biasanya berumur 1 tahun. Tanda kadaluarsa sepatu jenis ini mirip dengan sepatu lari yakni pada bagian atas dan sol. Biasanya latihan-latihan seperti melompat dan melibatkan banyak gerakan lateral membuat lapisan pelindung pada alas jadi mudah pecah dan robek. Jika agan merasakan bagian sol tidak lagi stabil dan terasa sakit saat digunakan agak lama, itu tandanya agan mengganti sepatu baru. Akan lebih baik jika agan punya dua pasang sepatu untuk dipakai bergantian agar sepatu lebih tahan lama Gan.


Intinya sih Gan, kalau sepatunya nyaman, kaki juga bakalan senang Gan emoticon-Toast



sumber
0
23.3K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.