sebelasebelasAvatar border
TS
sebelasebelas
Kalah dg Traveloka, Tiket.com diakuisisi Blibli
tirto.id - Saat Tiket.com lahir di Indonesia pada Agustus 2011, Traveloka belum ada. Bisa dibilang, Tiket.com menjadi satu-satunya online travel agent (OTA) saat itu. Ia tak punya pesaing. Apalagi ketika pada 2013, Tiket.com menjadi satu-satunya mitra PT Kereta Api Indonesia. Nama Tiket.com semakin dikenal. 

Setahun kemudian, Derianto Kusuma dan Ferry Unardi—dua warga Indonesia yang sebelumnya bekerja di Sillicon Valley, Amerika, mendirikan Traveloka. Pada mulanya, Traveloka diciptakan untuk membandingkan harga berbagai penerbangan dari sejumlah maskapai berbeda. Jadi, ia hanya menjadi situs pembanding saja. 

Traveloka berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat sejak pertengahan 2013. Saat itu, ia mulai menjadi pesaing pendahulunya, Tiket.com. Tetapi layanan yang disediakan pesaingnya lebih banyak. Saat itu, Tiket.com sudah menjual tiket kereta api. 

Setahun kemudian, Juli 2014, Traveloka masuk ke bisnis reservasi hotel. Kini, Traveloka juga menyediakan tiket kereta api hingga pulsa dan paket data dari berbagai penyedia layanan telekomunikasi di sejumlah negara. 

Bisnis Tiket.com juga tak terbatas pada tiket pesawat dan kereta api saja, ia juga merambah hotel, sewa mobil, hingga tiket untuk berbagai acara, wisata, dan festival di Indonesia. 

Akan tetapi, Traveloka mendapat lebih banyak perhatian dari konsumen. Ketika keduanya membuat aplikasi, konsumen yang mengunduh Traveloka sepuluh kali lebih banyak dari Tiket.com. Menurut informasi di Play Store yang diakses pada Kamis, 15 Juni, aplikasi Traveloka telah diunduh 10 juta kali. Sementara Tiket.com hanya diunduh satu juta kali. 

Dari segi rating aplikasi, Traveloka juga mendapat angka lebih tinggi, yakni 4,4. Sedangkan Tiket.com hanya mendapat rating4,2 dari para penggunanya. 

Disalip oleh pendatang baru, Tiket.com tak tinggal diam. Demi meningkatkan kapasitas bisnisnya, para pendiri dan pemegang saham Tiket.com setuju untuk menjual perusahaan itu ke salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Blibli.com. Proses akuisisi itu sudah berjalan sejak lima bulan lalu, tetapi penandatanganan baru dilakukan kedua belah pihak pada Senin, 12 Juni 2017. Blibli.com mengakuisisi 100 persen Tiket.com. Sayangnya, kedua pihak enggan menyebutkan nilai akuisisi itu. 


Pertanyaan: kenapa orang lebih milih traveloka?
rizaldi.sarpin
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1
14.2K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.