Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
Tidak Merdeka Tanpa Mereka
Apa sih yang pertama muncul di kepala pas dengar kata Pahlawan?

Beberapa dari Agan dan Sista mungkin langsung menyebut dua Proklamator Kemerdekaan Indonesia yaitu Bung Karno dan Bung Hatta.


(Foto: Wikipedia.)

Mungkin ada juga yang langsung teringat nama-nama Bandar Udara di berbagai daerah di Indonesia yang memang diambil dari nama pahlawan seperti Adisutjiptodi Yogyakarta (dari Pahlawan Nasional Agustinus Adisoetjipto), atau Djuanda (dari Pahlawan Nasional Djoeanda Kartawidjaja).


(Foto: Wikipedia.)

Malah mungkin yang pertama terlintas di kepala adalah mereka yang sudah eksis dijadikan nama jalan seperti Jenderal Sudirman atau Gatot Subroto.


(Foto: cepamagz.com.)

Nama-nama di atas emang udah nggak asing lagi di telinga kita nih GanSis. Apalagi buat millennials (yang lahir antara tahun 1977 - 1995), pasti deh paling nggak pernah baca di setiap buku pelajaran IPS/Sejarah pas SD sampai SMA dulu. Karena emang nama-nama ini sering banget muncul bareng sama beberapa Pahlawan Nasional Perempuan kayak Cut Nyak Dien, Cut Meutia dan RA Kartini.


(Foto: iyaa.com)

Tapi Agan/Sista pernah denger nggak nama Silas Papare, Opu Daeng Risadju, atau Tjilik Riwut? Atau pernah tahu nggak sih peran mereka buat kemerdekaan Indonesia yang tahun ini memasuki usia 72 tahun?

Trus, GanSis tahu nggak siapa tokoh pejuang kemerdekaan yang pertama kali dikasih gelar Pahlawan Nasional? Atau sejarah perjuangan mereka yang nama-namanya sekarang selalu dilewati setiap kemacetan Ibukota?

emoticon-Bingung emoticon-sudahkuduga

Nah, supaya suasana Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 ini makin seru dan meriah, KASKUS akan ngasih sederet nama pahlawan yang juga berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah. Mereka juga diberi gelar Pahlawan Nasional lho, tapi namanya mungkin nggak terlalu populer di kuping millennials seperti Agan dan Sista.

Nantikan konten spesial dari KASKUS di bulan Agustus 2017 ini:



Quote:


emoticon-I Love Indonesia

Diubah oleh KASKUS.Editor 22-08-2017 06:08
0
20.1K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.