Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

proudtobekafirAvatar border
TS
proudtobekafir
Alasan Albert Einstein Menolak Menjadi Presiden Israel



Sewaktu Einstein ditawari menjadi presiden Israel, dengan tegas dia menolak, bahkan ketika utusan khusus pemerintah Israel datang kepadanya. Baginya jabatan bukanlah yang utama, pengabdian kepada kebenaran lah yang jauh lebih utama. Padahal dia bisa menjabat presiden tanpa perlu kampanye ataupun keluar uang, bahkan dia dibebaskan melakukan apapun yang dia suka termasuk tetap menggeluti fisika.

Dan dalam rangka pengabdian kepada kebenaran itulah Einstein juga menolak berdirinya negara Israel, bagi dia negara dalam lingkup nasionalisme adalah kebodohan belaka. Nasionalisme adalah penyakit kemanusiaan, Einstein konsisten dengan pendapatnya bahwa semua manusia itu sama, dan untuk itu yang perlu dibuat bukanlah negara baru tapi Perserikatan Bumi, dimana semua manusia berada dibawah perserikatan, dengan hak dan kewajiban yang sama.

Einstein tahu dengan pasti, bahwa bumi dengan manusianya bukanlah sesuatu yang istimewa di semesta ini, jadi keributan politik di bumi adalah lelucon belaka. Dia juga menolak tegas komunisme dimana hanya segelintir elit menjadi diktator atas kaum proletar. Di saat yang sama dia juga menolak kapitalisme dimana eksploitasi atas manusia terjadi sedemikian rupa. Einstein menginginkan sosialisme dimana hak-hak yang kurang beruntung dan terpinggirkan diperhatikan, namun di saat yang sama hak-hak individu untuk berbicara dan mengemukakan pendapatnya juga dijunjung tinggi.

Tentu Einstein dicela oleh banyak orang, dari para kapitalis sampai komunis, dari Jerman sampai orang Yahudi teman-temannya sendiri. Tapi bagi dia , di atas segalanya adalah pengabdian kepada kebenaran. Jika kebenaran yang terbukti telah dipunyai, maka resiko apapun akan bisa dihadapi. Tentu kebenarannya Einstein adalah kebenaran sains, dimana dia menganggap agama hanyalah pola pikir kekanak-kanakan manusia.

Kini kita sudah melihat bahwa sosialisme demokratis adalah jalan terbaik politik, walaupun mayoritas masih belum sadar akan pentingnya perserikatan bumi dan belum meninggalkan kepercayaan semu agama dan fundamentalisme atheisme. Dan kebenaran terbukti, dengan fondasi sains yang kokoh, adalah kebenaran yang sejati, dan pijakan manusia dalam konstelasi kemanusiaannya.

Einstein adalah salah satu contoh manusia pemberani, melawan keinginan dirinya sendiri, tetap berpijak pada ilmu semesta yang diterapkan di bumi. Segala jabatan dan kekayaan dia tampik, demi meluruskan niat kemanusiaan untuk menjadikan bumi sebagai tempat tinggal bersama, untuk seluruh manusia, demi seluruh manusia, dan kalau perlu untuk semua makhluk semesta.



GUE SIH GAK BAKALAN NOLAK KALAU DIMINTA JADI PRESIDEN INDONESIA

Diubah oleh proudtobekafir 04-08-2017 04:59
0
15.6K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.