News
Batal
KATEGORI
link has been copied
188
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59819662642eb6065c8b4567/fidelis-yang-tanam-ganja-untuk-obat-istrinya-dihukum-8-bulan-penjara
Masih ingat Fidelis Arie Suderwarto? Pria yang dijerat hukum karena kepemilikan ganja untuk menyembuhkan istrinya itu sudah menjalani sidang vonis.
Lapor Hansip
02-08-2017 16:07

Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara

Past Hot Thread
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
Pledoi Fidelis Arie Suderwarto (Foto: Shabrina Saraswati/kumparan)


Masih ingat Fidelis Arie Suderwarto? Pria yang dijerat hukum karena kepemilikan ganja untuk menyembuhkan istrinya itu sudah menjalani sidang vonis Pengadilan Negeri Sanggau, Kalimantan Barat.

Dalam putusannya, hakim tetap berkeyakinan Fidelis bersalah atas kepemilikan 39 batang ganja. Menurut hakim, Fidelis terbukti melanggar pasal 111 dan 116 UU nomor 35 tentang narkotika.

Fidelis pun diganjar hukuman penjara serta denda oleh majelis hakim. "Menjatuhkan pidana selama 8 bulan penjara serta denda 1 miliar dengan ketentuan apabila tidak membayar denda maka diganti dengan kurungan 1 bulan penjara," kata Hakim Achmad Irfir Rohman selaku Ketua Majelis Hakim saat membacakan amar putusan, Rabu (2/8).

Putusan hakim ini lebih tinggi dari tuntutan jaksa. Pada tuntutannya, jaksa meminta hakim menjatuhkan pidana selama 5 bulan penjara serta denda sebesar Rp 800 juta dengan subsidair satu bulan kurungan.

Baca Juga :




Nama Fidelis mencuat ketika dia ditangkap oleh BNNP Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat beberapa waktu lalu. Ia ditangkap karena memiliki 39 batang ganja.

Padahal Fidelis menggunakan ganja itu untuk pengobatan istrinya. Fidelis sendiri negatif saat diperiksa kasus narkoba.

Namun Fidelis tetap menjalani proses hukum. Hingga saat ini dia telah divonis bersalah oleh majelis hakim. Pihak Fidelis masih pikir-pikir atas putusan hakim tersebut.



Sumber: https://kumparan.com/taufik-rahadian...-bulan-penjara
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 10
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 13:26
Bagaimana jika saya katakan bahwa di negara maju, ganja mulai diperbolehkan dengan kontrol?

Medical Marijuana and Parkinson

Jika suatu saat hukum di Indonesia memperbolehkan penggunaan ganja, berarti anda semua dong sekarang yang bakal melawan hukum karena menghalangi seseorang untuk menggunakan ganja? Hukum itu berevolusi, dia bisa berubah tergantung keadaan. Hukum itu produk manusia. 150 tahun yang lalu, wanita di Indonesia dilarang untuk bersekolah dan bekerja. Mau hukum itu diterapkan di Indonesia hari ini? Beruntung kita punya Kartini yang tidak serta merta menerima hukum, tapi membuka wawasan dan ide, berjuang agar hukum tersebut berubah, agar wanita di Indonesia bisa punya kedudukan yang setara. Bagi yang bilang melanggar hukum adalah melanggar hukum apapun alasannya, semoga anda tidak pernah terjebak dalam situasi dimana anda harus melanggar hukum untuk menyelamatkan orang yang anda cintai, baru anda mengerti mengapa ada beberapa hukum yang sudah tidak sesuai dengan keadaan jaman dan harus disesuaikan. Hukum adalah produk manusia. Hukum tidak ditulis di atas batu. Dan pembuat hukum pun juga adalah manusia biasa yang bisa buat salah. Janganlah hukum ditempatkan lebih tinggi dari yang seharusnya. Hukum seharusnya ada untuk melayani manusia. Kalau hukum sudah tidak bisa melayani kebutuhan manusia (memenjarakan yang benar, melepaskan yang salah), sudah saatnya hukum juga harus direvisi. Kalau perlu penegak hukumnya juga harus direvisi. Sama seperti orang membuat anti virus, kalau program anti virus nya malah menghapusi program-program yang berguna, sementara virusnya dibiarkan liar leluasa, ya programnya yang harus direvisi, bukan malah programnya dibela mati-matian sebagai "tidak mungkin salah".

Caught in Providence: Tough Year
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 14:45
Quote:Original Posted By arvinthief


"mencari kebenaran materiil" itu apaan yak, ane gak paham gan emoticon-Big Grin


kebenaran materiil adalah kebenaran yg terungkap dlm persidangan…

Makanya pengadilan tindak pidana harus mencari kebenaran materiil, bukan semata kebenaran formil.

Si Filatelis itu secara formil bersalah, karena menanam ganja yg dilarang oleh UU, tapi ternyata menanam ganja itu bukan sbg mens rea atau niat jahat utk dikonsumsi dan atau diperjualbelikan, melainkan demi utk mengobati istrinya, dan kebenaran itu terungkap di persidangan melalui bukti2 yg ada dan keterangan saksi2.

Jadi sangat jelas sekali pengadilan tidk menemukan mens rea dari Filatelis menanam ganja itu… emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 15:47
oke fix, jadi pada intinya, hukum fleksibel gitu ya? Bisa nggak salah hanya karena suatu hal? Kalau begitu percuma adanya UU kalau hukum aja bisa di tolerir. Pasti akan banyak terpidana ganja yang protes jika fidel di bebaskan menggunakan untuk pengobatan istrinya sementara mereka juga menggunakan ganja yang bisa saja berdalih. Itu tanaman awalnya untuk pengobatan beberapa teman tapi kemudian bla bla bla bla... polisi jadi galau karena atuannya nggak konsisten. Masyarakat?? jadi nggak percaya sama hukum. Dari sini udah jelas, hati nurani siapa yang mati. Keadilan di permainkan.

Bahkan Rasul pun akan memotong tangan anaknya jika bersalah.
Diubah oleh xermic
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 16:59
Kenapa sih disini pada phobia sama ganja?
Padahal jika dosis nya pas, ganja itu baik buat pengobatan, tekstil dll..
Penggunaan ganja itu hampir seperti alkohol..
Buat obat sangat bermanfaat..
Asal jangan buat nge fly aja ckck
Diubah oleh deathmen
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 17:09
"Demi keadilan berdasarkan ke-Tuhan-an Yang Maha Esa...."

Bukan demi kepastian hukum...

Makanya keadilan yang harus didahulukan.
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 17:15
Quote:Original Posted By xermic
oke fix, jadi pada intinya, hukum fleksibel gitu ya? Bisa nggak salah hanya karena suatu hal? Kalau begitu percuma adanya UU kalau hukum aja bisa di tolerir. Pasti akan banyak terpidana ganja yang protes jika fidel di bebaskan menggunakan untuk pengobatan istrinya sementara mereka juga menggunakan ganja yang bisa saja berdalih. Itu tanaman awalnya untuk pengobatan beberapa teman tapi kemudian bla bla bla bla... polisi jadi galau karena atuannya nggak konsisten. Masyarakat?? jadi nggak percaya sama hukum. Dari sini udah jelas, hati nurani siapa yang mati. Keadilan di permainkan.

Bahkan Rasul pun akan memotong tangan anaknya jika bersalah.

Oke, kalo begitu apabila kau dirampok dgn kekerasan misalnya, kemudian terjadi pergumulan dan secara gak sengaja kau berhasil membunuh siperampok, apakah gak masalah kau dihukum karena membunuh dlm KUHP itu adalah tindak pidana??? emoticon-Big Grin
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 17:25
Quote:Original Posted By turbotwin2020
"Demi keadilan berdasarkan ke-Tuhan-an Yang Maha Esa...."

Bukan demi kepastian hukum...

Makanya keadilan yang harus didahulukan.


Yg masuk kepastian hukum adalah negara wajib memproses hukum siapapun yg melakukan kejahatan dan tdk membeda-bedakan siapa pelakunya, asal telah memenuhi syarat utk itu, kemudian pengadilanlah yg akan memutus se-adil2nya......
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 17:27
Quote:Original Posted By deathmen
Kenapa sih disini pada phobia sama ganja?
Padahal jika dosis nya pas, ganja itu baik buat pengobatan, tekstil dll..
Penggunaan ganja itu hampir seperti alkohol..
Buat obat sangat bermanfaat..
Asal jangan buat nge fly aja ckck

Yg dikuatirkan adalah terjadinya penyalahgunaan ganja..., emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 17:32
Quote:Original Posted By cosebel
Yang Pake ganja buat pengobatan ditangkap, yang nyebar racun di sana sini pake rokok dibilang hak asasi.
Saat industri rokok menguasai negeri


hahaha setuju ama agan ini, di dalam rokok yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang sekitarnya, sedangkan ini untuk pengobatan dengan tujuan baik malah di penjara, salah satu ironi di indonesia😅
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 17:34
Quote:Original Posted By doeltetappaten
Yg dikuatirkan adalah terjadinya penyalahgunaan ganja..., emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Makanya harus ada pengawasan..
Sekarang ijin menggunakan sekalipun dengan pengawasan aja ga boleh, itu tanda nya phobia..
Atau ane menyebutnya kriminalisasi ganja..
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 18:16
Anda pria hebat broo \m/
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 18:26
Masih blm klik dipikiran ane, kenapa om ini nanem ganja dikala pemerintah lagi galak² nya sabet² in narkotik...
tp disisi lain utk pengobatan istrinya, huhhhh
Bingung lahhhhh 😑😑😑😑
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 19:31
Hahaha banyak yg nyinyir ya ngarep ganja dilegalin, di indonesia mah ga mungkin dehh. Mungkin entar taon 2040 plus plus..
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 20:11
Kasihan lihat anak2 nya harus nya pemerintah lebih bijak lagi mengambil keputusan ini di gunakan untuk obat bkn untuk di salahgunakan
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 20:23
belum diperiksa secara lengkap udah dijatuhin hukuman,blg aja emang pengen ambil alih itu ganja, dasar orang munafik! belum pasti tentang kebenarannya udah digubris, laporan ke media berita palsu! pengen ambil alih ngomong aja bos, gausah pake ditangkep, toh jg dijual jg sama si penangkap, diedarin pula, kasian negri ini, makin miris
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 20:26
hukum di.indo tidak punya hati nurani...
Diubah oleh ontapesek
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 20:31
Tempat ane... ada yg nanam ganja dalam 2 pot bunga... emoticon-Angkat Beer
Pulisi mondar-mandir depan rumahnya..aman2 saja... emoticon-Angkat Beer
Dan ketika org yg nanam ganja tersebut mati, dua pot ganjanya ikut juga dikubur bersama dia... emoticon-Big Grin
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 20:32
Quote:Original Posted By doeltetappaten
Oke, kalo begitu apabila kau dirampok dgn kekerasan misalnya, kemudian terjadi pergumulan dan secara gak sengaja kau berhasil membunuh siperampok, apakah gak masalah kau dihukum karena membunuh dlm KUHP itu adalah tindak pidana??? emoticon-Big Grin


Lihat dulu dari segi kronologisnya, apakah di sengaja atau tidak? Situasi itu kan nggak sengaja, bukan kemauan kita untuk membunuh. Sementara kita lihat si fidel. Dia kan sengaja, catat ya, SENGAJA. Jadi sebenarnya dia sadar itu melanggar hukum tapi dia memaksakan diri untuk istrinya walaupun tahu resikonya. Masa orang yang dengan sadar dan sengaja melakukan pelanggaran di bebaskan dari hukum?

Taruhlah contoh, ada saudara anda yang mencuri lalu dia mengaku. Anda mengikhlaskannya karena alasannya baik, untuk pengobatan misalnya. Lalu tidak menutup kemungkinan dia akan mengulanginya lagi dan memberikan alasan yang sama karena dia tahu alasan itu bisa membebaskannya. Apa anda nggak rugi uang anda di curi berulang kali? Apa anda mau hukum seperti itu?
0 0
0
Fidelis yang Tanam Ganja untuk Obat Istrinya Dihukum 8 Bulan Penjara
03-08-2017 20:44
nyimak
0 0
0
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia