Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nsjm.csAvatar border
TS
nsjm.cs
Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri
Potensi Diri Untuk Membangun Negeri

Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri


A. Mengenal Potensi Diri Loe
Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri

Potensi diri merupakan kemapuan , kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud yang dimiki setiap manusia (dikutip dari Wikipedia.org). Berdasarkan pengertian dari potensi diri tersebut dapat dipahami bahwa didalam setiap diri sesorang terdapat suatu kemampuan dan kekuatan yang dapat dijadikan untuk meningkatkan kwalitas diri dengan baik.
B.Menganalisa diri lo sendiri
Potensi diri seseorang berbeda – beda tergantung dari minat seseorang, berikut adalah beberapa cara yang digunakan untuk mengetahui atau mempelajari bagaimana mengenali potensi diri:
Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri


1. Siapa diri anda ? who am I ?
Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri

Lihat pribadi dan temukan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, tulis semua kelebihan dari diri anda tanya kepada orang lain bahwa anda itu bagaimana dalam berkomunikasi ? sadari minat dan bakat yang dimiliki janganlah membuat tiruan dari diri orang lain terhadap diri sendiri.
2. Melakukan riset potensi diri
Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri

Melakukan riset tentang diri sendiri sangatlah penting karena potensi diri terletak pada diri sendiri. Perhatikan hal-hal baik dan kebiasaan buruk yang diri kita lakukan sehari-hari. Buatlah daftar hal yang dapat diasah untuk mengetahui potensi diri. Seperti hobi bermain musik, eksperimen dengan hal-hal yang unik dan lain – lain.
3. Menentukan visi misi / tujuan hidup
Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri

Setelah melakukan pendekatan terhadap diri sendiri dan riset potensi diri maka dapat diambil benang merah untuk menentukan visi misi atau tujuan hidup. Untuk mengetahui tujuan hidup kita perlu membuat daftar tujuan hidup yang realistis sebelumnya. Misalnya membuat daftar tujuan hidup seperti cita-cita. Buatlah daftar lebih dari satu cita-cita kemudihan lakukan filter terhadap daftar yang telah dibuat. Jadikan tujuan hidup untuk meningkatkan semangat dalam diri pribadi. Dan perlu diingat adalah jangan pernah ragu-ragu dengan tujuan hidup yang sudah dipilih. Karna dengan yakin dan usaha untuk mencapai nya semuanya akan tercapai.
4. Mengelompokkan potensi diri sesuai dengan diri sendiri.

Setelah mentukan daftar pilihan tujuan hidup yang telah dibuat, yang perlu diperhatikan adalah mengelompokkan bagian mana yang paling diiinginkan untuk tujuan hidup. Kelompokkan berdasarkan hasil yang dibuat dan filter lagi untuk menemukan potensi diri yang paling tepat untuk dapat diasah menjadi tujuan hidup
5. Membuat daftar goal setting / target pencapaian.

Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri

Setelah menemukan tujuan hidup maka langkah yang terpenting adalah pembuatan daftar goal setting. Dengan dara membuat daftar target pencapaian dan yakin akan target yang dicapai. Buatlah target yang realistis dan jadikan itu sebagai penyemangat dalam meniti hidup. Buatlah daftar tujuan pencapaian dengan menuliskan pada kertas karena jika diingat saja tidak cukup. Buat dengan detail dari APA TARGET yang ingin dicapai , KAPAN TARGET ingin dicapai dan konsisten dengan target yang telah dibuat.

C. Cara Mengembangkan Diri

Hai Mahasiswa Baru ! Kenali Potensi Diri

Berdasarkan hasil dari menganalisi diri pada point diatas maka perlu untuk evaluasi setiap target yang dibuat dan mencoba menjalaninya. Untuk meningkatkan potensi diri dan mengembangkan kwalitas diri maka diperlukan beberpa hal yaitu :
1. Olah potensi yang dimiliki dengan cara bergabung dengan komunitas yang satu visi misi dan bersih dari nilai negatif yang ditimbulkan oleh komunitas. Carilah komunitas yang bisa membangun karakter, membantu tukar pikiran berdasarkan keahlihan yang dimilki dan berhati – hatilah dalam mencari komunitas karena banyak komunitas yang berbanding terbalik dari yang kita inginkan.
2. Mencoba hal baru untuk mengembangkan diri pribadi dalam mengolah potensi. Selalu membuat hal yang baru dan dapat digunakan untuk mengasah kwalitas diri missal nya dalam bidang musik , cobalah membuat sebuah ritme atau musik yang unik yang dapat dikembangkan menjadi hal yang indah ketika didengar.
3. Usahakan sering membaca karena ilmu itu tidak hanya terdapat pada pengalaman saja tapi juga terdapat pada teori buku.
4. Buanglah sifat egois dan terbuka untuk orang lain.

0
4.2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.