Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

noame7Avatar border
TS
noame7
[ASK] Minta saran dan nanya budget buat benerin 2 laptop toshiba bekas
Jadi, ane ada 2 laptop bekas nih gan, bekas nyokap sama bokap ane.

Laptop pertama, Toshiba Satellite Pro C640 (PSC2VL-001001)

Jadi, karena nyokap udh beli laptop baru sekitar 6 bulan lalu, laptop ini nggak dipake, dan cuma didiemin aja.

Kerusakan atau kekurangannya :
  1. Beberapa tombol keyboard ada yg nggak berfungsi, tombol "Ctrl" + "Alt" sebelah kiri, terus huruf "a" sama "x"
  2. RAM laptop ini cuma dipasangin 1 GB DDR3 (bawaan asalnya), yg menurut ane kurang banget padahal proci nya i3-2310m 64-bit, pake OS Win 7 Ultimate 64-bit, buat booting sampe bener2 masuk ke windows aja butuh 10 menit lebih. Nyokap beli laptop baru karena kesel laptop ini lemot banget, selain alasan keyboard yg rusak.

Lain-lain :
- Terus terang khusus laptop ini, ane ga nemu spesifikasinya dari toshiba, charger udah kecampur-campur karena lubangnya mirip sama charger laptop lain (nggak tau tegangan sama arus yg sesuainya berapa, paling nyesuain sama yg dijual). Cari driver pun sulit, harus cari dari web2 selain yg resmi toshiba, yg ane was2 jg tiap install ini aman apa nggak.
- Batere laptop nggak berfungsi (sebenernya 2 laptop ini baterainya sama2 udh rusak), jadi bingung juga mau dibawa ke servicenya, dan agak males jg, sekarang masih belum beli batere baru

Pertanyaan ane :
  1. Kalau keyboardnya itu kira2 bisa diservis? Karena rusaknya parsial gitu ane takutnya rusak ke dalem2nya jg. Kira-kira untuk ngebenerinnya abis berapa gan? Apa ada part yg mahal kah kalo benerin keyboard rusak? Kaya kalo misal dalemannya rusak gitu? Ane nggak minat buat benerin sendiri, mau pake jasa service aja. Ane domisili bandung kota
  2. Waktu ane buka, ada slot kosong buat nambahin RAM nya (mungkin sih ini juga). Jujur, ane ga ngerti buat masang RAM yg cocok, ini mau sekaligus di tempat service juga. Kalau misal ditambahin supaya jadi 4GB (ditambah 3GB) itu abis brp gan? Kalau ganti total jadi yang baru 4GB (cari yang bagusan) itu abis berapa?



Laptop kedua, Toshiba Satellite L645-S4038

Nah, kalo yang ini bekas bokap ane gan, kalo bisa dibilang, kondisinya lebih ancur dibanding yg pertama emoticon-Big Grin

Kerusakan atau kekurangannya :

  1. Layar LCD pecah (ini baru beberapa minggu lalu kayaknya, entah karena siapa, soalnya 2 bulan lalu ane sempet backup ke HDD ext, terus dikosongin sama reinstall windowsnya). Engsel sebelah kiri layar juga pecah (kalo ini udah dari lama banget), karena layarnya dibuka nggak bener sama bokap (nggak dibuka dari tengah, beda torsi kanan kiri). Sebelum layar LCDnya rusak, karena engsel yg pecah itu, tampilan layar jadi geser ke kiri bawah, sementara sebelah kanan ada bagian yg kosong dan item (mungkin masalah flexible cable)
  2. DVD drive rusak ga bisa read/write lagi, tapi masih bisa dibuka tutup, gara2 bokap punya kebiasaan "nanem" CD disana. Laptop barunya pun rusak jg dvd drivenya karena kebiasaan yg masih sama.

Pertanyaan ane :
  1. Itu kalau layar LCD apa bisa dibenerin sekaligus engselnya? Nambah biaya lagi kah selain biaya benerin LCD biasa? Terus kalau diservice kira-kira abis berapa gan (layar LCD 14inch)?
  2. Kalau service DVD drive abis berapa gan?


Spoiler for 4 foto LCD sama engsel:



Ane disini nanya supaya dapet taksiran berapa budget yg dibutuhin buat benerin.

Ane ga minat buang atau ke tukang loak atau dibiarin disimpen doang, ane udh punya laptop bagusan buat kuliah. Cuma ane ada inisiatif kecil aja, selain karena ini sampah elektronik, ya sayang jg kalo dibuang.

Dulu laptop bekas bokap ane pake 3-4 tahun lalu waktu semester ke 4-6 pas SMA (engsel layar udh keadaan pecah, sama baterai rusak, cuma dipake di rumah doang), ane pake karena ini dulunya lebih powerful dibanding PC ane dulu. Kenangan banget karena ini ane pake buat edit film pendek 1 jam buat tugas bahasa Inggris pas dulu (kuat dipaksa sampe panas2 buat pake AE, Premiere, Speedgrade, Audition, sama Encore CS6, dari edit sampe jadi emoticon-Big Grin)

Dari pengalaman ane pake, ya pastinya laptop ini masih cukup buat dipake anak sekolah. Adik ane yg masih SMA pake PC ane (cuma ane pake buat main doang tiap liburan semester, terakhir Titanfall 2 low resolution masih kuat emoticon-Big Grin), yg satu lagi masih SMP, kadang pinjem punya nyokap buat presentasi. Selain itu, rencananya ini laptop kalau ada saudara/sepupu butuh buat sekolah bisa dikasih pinjem



Mohon bantuannya ya mastah2 disini


Diubah oleh noame7 31-07-2017 14:54
0
2.5K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread9.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.